Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

reviswaraAvatar border
TS
reviswara
In Memoriam Alm. Benyamin Sueb (1939-1995)
No Repost!!!
In Memoriam Alm. Benyamin Sueb (1939-1995)

For :
In Memoriam Alm. Benyamin Sueb (1939-1995)

Nama Asli : Benyamin Sueb
Tanggal Lahir : 05 Maret 1939
Tempat Lahir : Jakarta, Indonesia
Kewarganegaraan : Indonesia
Warna Rambut : Hitam
Ayah : Sueb
Ibu : Aisyah
Saudara : Rohani (kakak perempuan), Moh. Noer (kakak laki-laki), Otto Suprapto (kakak laki-laki), Siti Rohaya (kakak perempuan), Moenadji (kakak laki-laki), Ruslan (kakak laki-laki), dan Saidi (kakak laki-laki)
Suami/Istri : Hj. Nonnie (1959 - 7-Jul-1979), Alfiah
Anak-anak : Beib Habbani, Bob Benito, Biem Triani, Beno Rahmat, Beni Pandawa, Bayi Nurhayati, Billy Sabila, Bianca Belladina, Belinda Syahadati
Populer Sejak : Menjadi anggota grup musik "Naga Mustika"


Celetukan "Muke lu jauh" , "kingkong lu lawan" , "Mat-di-kipe doang (Kurang ajar, brengsek, sialan,)" , "Hmm Tauseh Yee (Gausah ya)" , "Sabanhari (Setiap Hari)" pasti mengingatkan masyarakat indonesia mungkin diluar negeri juga mengenal sosok beliau, . Sejak kecil, Benyamin Sueb sudah merasakan kerasnya kehidupan. Bungsu delapan bersaudara pasangan Suaeb-Aisyah kehilangan bapaknya sejak umur dua tahun. Karena kondisi ekonomi keluarga yang tak menentu, si kocak Ben sejak umur tiga tahun diijinkan ngamen keliling kampung dan hasilnya buat biaya sekolah kakak-kakaknya. Benyamin sering ngamen ke tetangga menyanyikan lagu Sunda Ujang-Ujang Nur sambil bergoyang badan. Orang yang melihat aksinya menjadi tertawa lalu memberikannya recehan 5 sen dan sepotong kue sebagai "imbalan".

Penampilan Benyamin kecil memang sudah beda, sifatnya yang jahil namun humoris membuat Benyamin disenangi teman-temannya. Seniman yang lahir di Kemayoran, 5 Maret 1939 ini sudah terlihat bakatnya dari kecil.

Bakat seninya galepas dari sang kakek, dua engkong Benyamin yaitu Saiti, peniup klarinet dan Haji Ung, pemain Dulmuluk, sebuah teater rakyat - menurunkan darah seni itu dan Haji Ung (Jiung) yang juga pemain teater rakyat di zaman kolonial Belanda. Sewaktu kecil, bersama 7 kakak-kakaknya, Benyamin sempat membuat orkes kaleng.

Benyamin bersama saudara-saudaranya membuat alat-alat musik dari barang bekas. Rebab dari kotak obat, stem basnya dari kaleng drum minyak besi, keroncongnya dari kaleng biskuit. Dengan "alat musik" itu mereka sering membawakan lagu-lagu Belanda tempo dulu.

Kelompok musik kaleng rombeng yang dibentuk Benyamin saat berusia 6 tahun menjadi cikal bakal kiprah Benyamin di dunia seni. Dari tujuh saudara kandungnya, Rohani (kakak pertama), Moh Noer (kedua), Otto Suprapto (ketiga), Siti Rohaya (keempat), Moenadji (kelima), Ruslan (keenam), dan Saidi (ketujuh), tercatat hanya Benyamin yang memiliki nama besar sebagai seniman Betawi.

Benyamin memulai Sekolah Dasar (dulu disebut Sekolah Rakyat) Bendungan Jago sejak umur 7 tahun. Sifatnya yang periang, pemberani, kocak, pintar dan disiplin, ditambah suaranya yang bagus dan banyak teman, menjadikan Ben sering ditraktir teman-teman sekolahnya.

Baru setelah menikah dengan Noni pada 1959 (mereka bercerai 7 Juli 1979, tetapi rujuk kembali pada tahun itu juga), Benyamin kembali menekuni musik. Bersama teman-teman sekampung di Kemayoran, mereka membentuk Melodyan Boy. Benyamin nyanyi sambil memainkan bongo. Bersama bandnya ini pula, dua lagu Benyamin terkenang sampai sekarang, Si Jampang dan Nonton Bioskop.

Karya Lagunya yg menurut ane asik2
- Hujan Gerimis (Feat Ida Royani)
- Jande Kembang
- Dipatil Ikan Sembilang
- Nangke Lande
- Siti Marsitol
- Pilih Aje
- Main Panjat2an
- Digebukin
- Duit
- Kompor Meledug
- Masa Bodo
dan masih banyak lagi gan karya musiknya.

Hampir semua lagu dan film beliau asik2 gan buat didenger dan ditonton .
Supermiss buat sang maestro yg satu ini emoticon-Peluk

sekian dulu dari ane ya gan, kita semua pasti merindukan sosok yg seperti beliau, karna aktor sepertinya itu susah untuk sekarang ini, ga ada yg sepertinya banyolannya, ketawanye, ceplas ceplosnyeemoticon-Ngakak , secara beliau aktor serba bisa .
sekian dari ane ya gan maaf kalo threadnya kepanjangan soalnya kebawa suasana dan masih NewBee emoticon-Malumalu
mudah2an beliau tenang dialamnya, Amin ya Allah... emoticon-Mewekemoticon-Mewek
sekedar share mungkin ada diantara agan2 sekalian yg belum tau Benyamin Sueb.

kalo berkenan ane minta cendolnya ya guns ane auuuus ngoceh muluemoticon-Blue Guy Cendol (L) hehe
yg ngasih mudah2an dimudahkan rezekinya aminnn emoticon-Travelleremoticon-Traveller
0
5.9K
24
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.