muzefaAvatar border
TS
muzefa
KANTOR ANE NGEJEBAK PENIPU MODUS BARU GAN! SERU!
Hallo, Gan! Ini thread pertama ane, tentang pengalaman Kantor ane yang mencoba ngejebak penipu bermodus baru, pantengin!

Jadi gan, ane dan temen-temen sekantor nyoba ngejebak penipu bermodus voucher gratis ini itu dengan ketentuan bayar senilai uang terlebih dahulu, dalam kasus ini kudu bayar Rp. 999.000 dulu, sebelumnya ane mau ingetin agan sekalian agar lebih waspada karena modus seperti ini lagi marak banget gan. Terutama untuk ente pengguna kartu kredit. Atau produk perbankan lainnya. Begini ceritanya gan.

Awal mula temen kantor ane (sebut saja Bang Den) dapet telpon gitu gan dari perusahaan yang ngakunya bergerak dibidang voucher, ane sebut aja ya nama perusahaannya biar agan sekalian waspada, namanya Tropic Executive Club, ini brosurnya gan:

Spoiler for BROSUR:


Jadi mereka ngakunya bisa kasih kita voucher gratis ini itu dari mulai menginap di hotel berbintang lah, catering lah, tiket pesawat lah dan segala tetek bengeknya. Agan kudu hati-hati kalau di telpon beginian soalnya biasanya udah pada pake sirep gan udah banyak banget temen Bang Den yang kena dan manut-manut aja disuruh ini itu sama itu penipu dari telpon, yang pada akhirnya itu membuat Bang Den berinisiatif untuk ngejebak nih sindikat saking maraknya. Mungkin bagi agan yang belum punya pengalaman apa-apa bakal percaya-percaya aja sama penipuan berkedok promo seperti ini, tapi tidak dengan kami gan, kami malah menyusun rencana buat ngejebak ini sindikat penipu. Ane certain dari awal ya gan, begini.
Maka mulanya ditelponlah Bang Den oleh teteh teteh marketing yang suaranya mendesah gitu gan, kemungkinan besar itu efek sirep tapi Alhamdulillah Bang Den gak kena sirep karena doi orangnya banyak pikiran gitu gan. “Selamat anda terpilih dari beribu-ribu orang untuk mendapatkan kesempatan menjadi member club executive kami yang bisa mendapat keuntungan voucher bertransaksi gratis di banyak franchise franchise yang telah bekerjasama dengan kami seperti hotel bintang 5, restaurant, maskapai penerbangan, dan masih banyak lagi, hanya dengan mendaftar biaya member senilai Rp. 999.000”, kurang lebih begitu kata tuh mba mba sirep. Dan Bang Den cuman bilang “Lah saya gak daftar apa-apa mba”, maka mba mba sirep pun berkelit, “Oh tidak Pak, ini atas referensi bank”, begitu dia berkilah, sepik sepik marketing gitu lah gan. Dan tetiba Bang Den inget temen-temennya yang pernah kena tipu macam begini, club club voucher fiktif gitu yang kalau kita jadi beli ya itu voucher sama sekali gak bisa digunain dimanapun, kaya full of bullshit gitu dan ilang deh duit lu Rp. 999.000. Maka Bang Den pun tidak menyianyiakan kesempatan emas untuk menjebak sindikat ini. “Oh gitu mba, jadi harus gimana?”, “Gini pak nanti akan kami kirim perwakilan kami untuk bertemu bapak, mengurus segala macammnya”, “Oh ketemuan gitu? Boleh-boleh tapi di kantor saya saja ya” Kata Bang Den sembari mengatur posisi agar bisa bertemu di tempat yang aman dan banyak backingan, yaitu kita temen temen kantornya sebagai backingan. Maka janjianlah Bang Den pada hari Jumat , 21 Maret 2014, masih anget gan bahkan masih jadi bahan guyonan di kantor ane hahaha.
Dan hari H penjebakan pun tiba, Bang Den janjian sama itu ‘perwakilan’ sekitar jam 3 siang dan kami temen kantornya di briefing dulu dan bagi-bagi tugas, gue ditugasin buat fotoin kendaraannya dan kempesin bannya biar gak bisa kabur lalu share cerita di kaskus biar masyarakat waspada, temen gue yang lain sebut saja Mas Iduy ditugasin untuk nemenin Bang Den pas ngobrol sama itu perwakilan biar gak kena sirep, sekalian candid dan ngerekam gitu gan. Yang lain ada yang ditugasin nyiapin satpam dan polisi, ada yang bantu nemenin dan interograsi dan jagain biar gak kabur gitu, pokoknya kita rapih banget lah gan, siap tempur. Dan sehabis sholat jumat, bersiap-siaplah kita gan. Jam 3 pun tiba dan tara! Perwakilannya datang gan, tampang dan potongannya sumpah gak meyakinkan banget, kita sebut saja tersangka 1 ini sebagai Dwi Bokis, ngakunya sih cuman kurir yang baru kerja di Tropic 2 bulan tapi ane gak percaya karena ane yakin emang doi udah diajarin sepiknya begitu biar kita gabisa banyak nanya dan nurut nurut aja. Ini Penampakannya.
Spoiler for DWI BOKIS:

Dia bawa alat gesek kartu kredit gan dan menurut info salah satu temen ane ini alat gesek kartu kredit pasti udah dimodifikasi jadi bisa ngescan nomor kita dan narik uang seenak jidat abis transaksi pake kartu kita, bahaya banget pokoknya jangan sampe agan gesek disini dan nanti ane ceritain betapa anehnya nih mesin pas kita coba pake kartu si tersangka. Pantengin aja, oke lanjut. Dan dia pun Cuma ngasih semacam katalog perusahaan yang bekerjasama sama ini Club Executive fiktif, ini penampakannya, keliatannya kece banget tapi bullshit semua gan sebelumnya Bang Den udah punya nih katalog dan ditelponin semua dan itu semua fiktif, gak ada yang bener satupun, ada yang nomernya gak aktif lah ada yang ownernya bilang “Kita tidak bekerjasama dengan perusahaan manapun, hati-hati penipuan pak” dan sebagainya, ini penampakannya:
Spoiler for KATALOG:

Sumpah gak ada yang bener satupun itu yang ada di katalog gan, hanya sepik belaka, full penipuan. Dan mulailah saat dia minta bertransaksi ya kita cecer “Mas ini saya sebenernya udah coba telponin semua, tapi kok fiktif semua ya?” Kata Bang Den mencoba bertanya, dan itu Dwi Bokis mengucapkan kalimat saktinya “Wah saya gak tahu, mas. Saya Cuma kurir”, “Loh terus saya harus gimana? Kok Gak meyakinkan?” Bang Den mulai ngotot, “Hubungi saja bagian marketing”, dan karena Bang Den udah mulai sewot maka ngamuk lah dia “Saya tahu, penipuan ini pasti, orang fiktif semua”, mulai rame nih gan dan si kurir kuriran cuman bisa tetep pake pembelaan “Saya cuman kurir, hubungi saja marketing”, dan akhirnya kita pun memutuskan untuk menyita alat geseknya gan biar bosnya langsung yang datang dan jelasin ke kita, sekalian mau kita tangkep gitu niatnya. Ini penampakan alat gesek setelah kita sita:
Spoiler for GESEK:

Dan itu kurir-kuriran akhirnya nelpon Bos nya atas permintaan kita karena kita paksa gitu gan, Bang Den pun nelpon itu bos dan udah hampir ngamuk level super saiyan 6 gan itu kurir sampe pias, ini penampakan Bang Den ngamuk:
Spoiler for NGAMUK:

Dan itu Bosnya malah ngancem mau nuntut kita gitu gan so so bener ya kita gak takut lalu Bang Den bilang “Tuntut aja Pak saya gak takut”, anjis keren banget pokoknya gan dan setelah ngomongin panjang lebar dan paksa memaksa akhirnya itu Bos bersedia datang karena kita ancam ini anak buahnya gak bisa pulang gitu, keren pokoknya. Dan mulailah kita panggil pak satpam komplek, dan di interograsi lah ini kurir palsu sama Pak Satpam komplek, mati kutu dia gan sampe gemeteran, ini penampakannya:
Spoiler for MATI KUTU:

Atas permintaan bang den, muka orang orang baiknya kita sensor biar agan sekalian cuman inget itu muka muka penipunya aja, oke gan? Oke dong! Lanjut!. Dan kita koreklah terus ini kurir walaupun tetep kekeuh “Saya cuman kurir gak tahu apa-apa” sambil menunggu Bosnya datang, maka gue selesaikanlah tugas gue untuk foto kendaraannya dan kempesin biar gabisa kabur, ini dia penampakannya gan:
Spoiler for MOTOR DEPAN:

Dan ini penampakan belakangnya gan.
Spoiler for MOTOR BELAKANG:

Bagi agan semua yang liat plat nomer ini silahkan mau dijailin kaya kasus penipu penipu lain yang sempet heboh di kaskus atau begimana terserah agan pokoknya bikin mereka kapok tujuh turunan aja gan jangan biarkan hidup tenang di dunia agar penipu di Indonesia dapat jera dan terberantas, asik. Oke lanjut dan Pak Satpam pun ternyata ada acara lain maka dia memanggil Polisi Reserse kenalannya gan, makin seru nih dan datang lah Pak Polisi reserse dan tidak lama kemudian datanglah si Bosnya dengan membawa orang yang ngakunya sih polisi juga tapi kita gak yakin polisi karena pas kita tanya markasnya dimana aja dia salah jawabnya kaya orang bayaran gitu gan masih sindikat penipunya kayaknya, sedangkan polisi kita asli dong orang reserse. Ini penampakannya, dari kiri ke kanan (Polisi Reserse – Bang Den – Bos Penipu (Jaya Bokis) – dan Polisi (Kayaknya) Gadungan)
Spoiler for RESERSE:

Dan maka kita cecerlah ini si Bos dengan berbagai pertanyaan yang bahkan anehnya ini si Bos gak konsisten nama perusahaannya gan awalnya dia bilang nama perusahannya Arwana Corp eh diralat jadi Tropic, bahkan alamat kantor sendiri pun gak apal gan kita tanya masa berubah rubah ya di Thamrin lah di Bambu Apus lah bullshit banget pokoknya dan dia gemeteran banget gan didepan kita bener bener pias dan mati kutu, dicecer abis abisan sama Pak Polisi, dan Polisi polisian dia juga mati gaya gan karena kita punya polisi asli, seru banget gan apalagi pas kita tanya kenapa berani cantumin produk fiktif dikatalognya dia gabisa jawab gan, kasian banget wkwkwk.
Dan dia berkilah itu katalog udah ada bagian khusus yang ngurusin dan dia gak tau menau, sepik banget gan kita cuman cecengiran aja, pokoknya udah terpojok banget gan dan kita pun pada akhirnya memutuskan untuk coba mesin geseknya dan sumpah ini aneh banget gan. Agan pernah belanja terus gesek gitu kan? Dan yang keluar di struk pasti nama toko tempat agan belanja kan? Nah setelah kita gesek pake kartu itu Jaya Bokis wow banget gan yang keluar bukan Tropic atau Arwana sekalipun, tapi malah.. TOKO BUTIK! WKWKWKWK gajelas banget gan dan mereka berkilah alat geseknya rusak lah dan segala macem segala bilang mau nuntut operator alat geseknya gan cape deh, yaudah karena udah jelas banget dan kita punya banyak bukti maka tinggal ditangkep aja gan namun tiba-tiba polisi reserse malah berkata “Yaudah saya cut aja, kita damai aja, mungkin Pak Den belum berminat untuk kali ini pada produk bapak, karena Bapak sendiri gabisa menerangkan dengan jelas perihal produknya, mungkin lain kali”, lah ane kaget banget ini kenapa polisi kita minta damai, amanlah sudah itu penipu dan dia malah minta maaf sama kita dengan muka pias dan gemeterannya, bang den cuman bilang “Lain kali juga saya gabakal beli produk situ”, anjis keren banget dan pamitlah itu trio penipu sehabis minta maaf atas presentasinya segala macem. Dan barulah sehabis mereka cabut si polisi ngejelasin kenapa itu penipu dilolosin gitu aja, alesannya tai banget: BANG DEN BELUM KENA TIPU DAN BELUM TERJADI TINDAK PENIPUAN YANG MERUGIKAN, tai banget gak tuh polkis? Ane rasa sih itu polkis males aja ngurusnya gan kaya bakal panjang gitu dan gak dapet apa-apa, ada yang bilang juga itu polkis udah di kodein si penipu kayaknya mau di kasih duit apa begimana sorry suudzon atau mungkin emang bener karena Bang Den belum ketipu ya gabisa ditangkep, sakit hati banget kita jadinya yaudah mereka lolos tapi tenang gan ini masih berlanjut, jadi setelah mereka cabut ane ikutin gitu dari belakang cari mobilnya diparkir dimana soalnya ane mau foto platnya dan ane kaget banget ketika mendapati kenyataan itu si kurir, si bos dan pak polkis sedang kongkow deket mobil, malah asik ngobrol kaya nenangin diri gitu, ane foto deh sambil ngumpet sorry rada burem soalnya ane lupa matin flash dan pas moto mereka pada nengok ke arah ane dan ane ngumpet deh kaya di film film, ini di gan penempakan mereka lagi pada ngobrol, ane foto dari balik etalase sambil ngumpet di warung langganan kantor:
Spoiler for CANDID:

Tai banget ternyata emang konspirasi dan itu ternyata bukan kurir masa iya kurir doang udah akrab banget sama bosnya sampe kongkow bareng dulu gitu, ane kesel banget liatnya gan, ane juga kecewa sama polkis indo yang gamau repot, eek banget gan yaudah setelah mereka engeh ane buntutin akhirnya mereka pada masuk ke mobil ada juga yang mompa ban motornya dulu wkwkwkw puas banget ane, kabur deh mereka dari pandangan ane tapi ane semper foto plat mobilnya gan, ini dia penampakannya:
Spoiler for MOBIL:

Kocak juga sih langsung kabur gitu pas ane gap-in gan, yaudah deh mereka lolos tapi kasus ini masih berlanjut gan karena temen Bang Den ada juga yang kena dan udah bayar buat member jadi kita tinggal kumpulin orang orang yang udah kena, bareng bareng lapor dan serahin bukti yang udah kita dapet, ini dia penampakan surat temen Bang Den yang udah kena tipu ini Tropic:

Spoiler for SURAT:


Maka doain kita aja gan atau kalau ada yang punya pengalaman serupa dengan Tropic bisa gabung sama kita biar kita bikin laporan bareng ke polkis soalnya tau sendiri polkis Indo cuman mau ngurus kalau kasus udah rame doang gan, atau bagi agan yang udah mau sekedar baca dan share cerita ini ane udah makasih banget pokoknya kita cuman pengen agan sekalian hati-hati dalam bertransaksi dan jangan pernah percaya sama iming iming ini itu apalagi yang sifatnya harus bayar sejumlah uang dulu, itu ane jamin 100% tipu gan, so hati-hati gan, harap di share agar masyarakat waspada, mohon bantuan dan doanya untuk membuat sindikat ini jera, saatnya manusia kaskus bergerak dan mencari itu plat lalu jailin abis-abisan seperti biasanya, nanti ane update untuk kelanjutan kisah ini gan, dan terima kasih!

AHLI SURGA
Quote:
Diubah oleh muzefa 24-03-2014 08:57
0
106.8K
756
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.