Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vcorpliteAvatar border
TS
vcorplite
Amerika gak suka Ikan Mas dan Gurame, Indonesia?



Pada masa lampau orang Amerika membawa ikan Mas dan Gurame ke negerinya untuk dimanfaatkan sebagai pemakan ganggang. Pada awalnya ikan Gurame ditempatkan di perairan yang penuh limbah, guna membersihkan apa-apa dengan memakannya, namun Gurame tidak mau. Gurame pun berenang menjauhi limbah, dan pada musim hujan perairan meluap mengakibatkan Gurame menuju perairan bersih yang menyebabkan kehidupan mereka sejahtera dan subur bahagia.

Ikan Mas lebih kepada pemakan ganggang, dengan demikian dan tak disadari kedua ikan itu justru berkembang lebih cepat daripada ikan-ikan lokal. Beberapa puluh tahun berlalu hingga tahun 2014, ikan Mas dan Gurame justru dianggap sebagai hama. Bayangkan saja, di beberapa wilayah perairan Amerika, ketika kapal berlayar, ikan-ikan tersebut akan berloncatan dengan jumlah tak terkira. Menurut data National Geographic, setiap lima meter wilayah perairan, itu dihuni oleh tiga ribu ikan Gurame.



Sekarang ikan-ikan tersebut hidup di sungai Missisipi. Amerika bahkan menggelontorkan uang senilai lebih dari 200 triliun rupiah (sepertinya mengalahkan uang belanja negara kita) lebih hanya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sebagian kecil dari masyarakat Amerika menggunakan ikan-ikan tersebut untuk dikonsumsi, bahkan pemerintah di sana merekomendasikan demikian hingga mereka berkurang, bahkan punah. Sebagian besar justru enggan untuk mengkonsumsinya.

Solusi:

Lebih baik ikan-ikan tersebut ditangkap secara besar-besaran kemudian diekspor ke Indonesia. Penggelontoran uang lebih dari 200 triliun bisa dikecilkan hanya untuk biaya ekspor ikan-ikan tersebut. Atau Indonesia mengimpor ikan-ikan tersebut lalu dijual dengan harga murah kepada masyarakat dan para pedagang, restoran, rumah makan, warung makan. Manfaatnya, rumah makan atau restoran yang menjual ikan Gurame dan Mas impor bisa menetapkan harga murah, menghasilkan pembeli yang bertambah.

Apalagi jika negara kita mau mengolahnya menjadi sejenis Sarden kalengan, menjadi Gurame kalengan, ya bervariasi sesuai inovasi dan kreatifitas, bisa menambah penghasilan negara dan masyarakat. Indonesia kan paling pintar mengolah ikan Mas dan Gurame, Amerika saja belum tahu rahasia mengolah ikan tersebut menjadi makanan terlezat.
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 6 suara
Apakah solusi bagi hama ikan Gurame & Mas di Amerika?
Dieskpor ke Indonesia kemudian diolah olah di rumah makan
17%
Ditangkap besar-besaran kemudian dibuang ke TPA
0%
Dikonsumsi 3x sehari, jadi makanan wajib orang Amerika
0%
Ditangkap kemudian dihadiahkan secara matang ke warga Afrika
67%
Disetrum dengan aliran listrik 10 Mega Watt
17%
bon3n
bon3n memberi reputasi
1
8.4K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.