Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ariaggoAvatar border
TS
ariaggo
Pihak Malaysia Airlines akui kargo MH370 bawa baterai ion litium
Pihak Malaysia Airlines akui kargo MH370 bawa baterai ion litium


Merdeka.com - Pihak Malaysia Airlines kemarin mengakui penerbangan MH370 membawa baterai ion litium mudah terbakar di dalam kargo pesawat. Kenyataan ini kembali memicu spekulasi bahwa kebakaran mungkin menjadi penyebab hilangnya pesawat.

Pengakuan dibuat Direktur Eksekutif Malaysia Airlines, Ahmad Jauhari, itu datang empat hari setelah dia menyangkal pesawat MH370 membawa barang-barang berbahaya dan hampir dua pekan setelah pesawat itu hilang tanpa jejak, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Sabtu (22/3).

Dia mengatakan pihak berwenang telah menyelidiki kargo pesawat. Tapi tidak menganggap baterai itu sebagai barang berbahaya, meskipun menurut peraturan menyatakan barang seperti itu digolongkan berbahaya, sebab baterai tersebut telah dikemas sesuai peraturan keselamatan.

Pengakuan itu telah menimbukan kembali sorotan terkait teori menyebut Boeing 777 itu mungkin mengalami gangguan akibat kebakaran yang membuat para awak dan penumpangnya tidak sadar setelah menghirup asap beracun.

Baterai ion litium seperti yang digunakan dalam telepon seluler dan komputer jinjing, telah menjadi penyabab sejumlah kebakaran di beberapa pesawat dan bahkan telah membuat pesawat jatuh dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Administrasi Penerbangan Federal (FAA) yang bermarkas di Amerika Serikat, baterai ion litium yang dibawa ke dalam kargo atau bagasi telah bertanggung jawab atas lebih dari 140 insiden kecelakaan antara Maret 1991 sampai 17 Februari tahun ini. Ini seperti dilaporkan situs Malaysiakini.

Pesawat MH370 menghilang dari layar radar dua pekan lalu, setelah lepas landas dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

Billie Vincent, mantan kepala keamanan untuk Administrasi Penerbangan Federal (FAA), mengatakan pengungkapan itu kembali menegaskan keyakinannya bahwa kebakaran dimulai di bagian kargo, menghancurkan sistem komunikasi pesawat kemudian mengisi kabin dengan asap beracun.

Dia mengatakan insiden seperti itu telah membuat panik para penumpang dan mungkin telah memberikan pilot kesempatan mengalihkan pesawat untuk pendaratan darurat.

"Kami membawa beberapa baterai ion litium kecil, mereka bukan baterai besar dan barang itu pada dasarnya disetujui di bawah peraturan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) terkait barang-barang berbahaya," kata Ahmad Jauhari, saat menjawab pertanyaan di sebuah jumpa pers di Kuala Lumpur.

"'Mereka (baterai ion litium) bukan barang berbahaya, tetapi dalam istilah mereka, ini dinyatakan sebagai barang-barang berbahaya di bawah ICAO," lanjut dia.

Dia menegaskan pihaknya telah memeriksa beberapa kali untuk memastikan mereka telah mematuhi pedoman-pedoman.

"Maskapai melakukan itu sepanjang waktu, bukan hanya pada Malaysia Airlines. Barang seperti itu diterbangkan oleh banyak maskapai dalam kargo mereka, di mana didasarkan pada peraturan ICAO," jelas dia.

Ketika ditanya awal pekan ini apakah ada barang berbahaya di dalam kargo MH370, Jauhari mengatakan tidak ada. Dia menjelaskan MH370 memang membawa tiga sampai empat ton buah manggis.

Enam bulan sebelumnya, baterai litium terbakar di dalam pembersih udara salah satu penumpang pesawat.

Insiden itu membaut ICAO memperkenalkan aturan baru pada tahun lalu yang menyatakan setiap kargo dengan lebih dari dua baterai ion litium harus dikemas di bawah peraturan barang-barang berbahaya.

(mdk/fas)

Maka dari itu Malaysia menutup-nutupi data tentang MH370 dari dunia dan menuduh Indonesia bekonspirasi dg AS lah, yg jadi teroris lah. Semua itu dilakuakan untuk menutupi kebodohan/aibnya sendiri!! emoticon-Busa

Dasar negara tak tau diri!! dibantu malah nusuk dr belakang!!emoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marah
0
2.9K
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.