Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Broadcast Menyesatkan tentang Gunung Slamet bikin warga Purwokerto Panik

redsindoAvatar border
TS
redsindo
Broadcast Menyesatkan tentang Gunung Slamet bikin warga Purwokerto Panik
"BBM hoax soal Gunung Slamet meletus bikin warga Purwokerto panik.

Reporter : Chandra Iswinarno

Merdeka.com - Meningkatnya status Gunung Slamet menjadi waspada sejak Senin (10/3) malam lalu, membuat orang-orang tak bertanggung jawab mengirim broadcast BlackBerry Messenger (BBM) berisi kabar yang menyesatkan. BBM ini menyebar di Purwokerto, dan sempat warga panik.

"Banyak broadcast BBM yang menyesatkan dan tidak jelas sumbernya. Saya sering mendapat laporan seperti itu," ujar Kristiono (35), saat ditemui di tempat kerjanya, Selasa (12/3).

Diakuinya, banyak warga panik lantaran ada imbauan sesat yang menuliskan agar mereka bersiap mengungsi. "Broadcast seperti itu tidak sekali saja, tetapi berkali-kali. Akibatnya, banyak yang mengikuti saran tersebut," tuturnya.

Pengalaman serupa juga diakui Dedi (27) warga Baturraden. "Saya sempat bingung, karena malam Selasa kemarin ada broadcast sesat yang mengimbau supaya siap-siap mengungsi," tuturnya.

Sementara itu, dari pantauan di beberapa wilayah kawasan lereng Gunung Slamet, aktivitas warga masih seperti biasa dan tidak terganggu dengan naiknya status Gunung Slamet.

Sementara itu, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Banyumas, Didi Rudwianto mengimbau masyarakat untuk tetap tenang.

"Setiap saat, kami mendapat informasi langsung dari Pos Pengamatan Gunung Slamet di Gambuhan dan PVMBG. Hingga sekarang statusnya masih waspada. Jadi jangan sampai percaya pada isu-isu yang tidak jelas," katanya.

Menurutnya, guna menangkis isu-isu yang tidak bertanggung jawab, pihaknya hanya membuka satu informasi resmi. Informasi resmi ini, kata Didi, akan disampaikan melalui camat dan kepala desa (kades).

"Kades diharapkan bisa menginformasikan kepada perangkat. Sehingga perangkat bisa langsung memberikan informasi kepada masyarakat, supaya tidak termakan isu-isu yang tidak bertanggung jawab,"katanya.

Berikut isi dua broadcast hoax yang disebarkan melalui BBM:

"Sekilas info Warga se-jateng khusus y 5 kota: Banyumas, Tegal, Purwokerto, Purbalingga, Ajibarang. Harap waspada Gunung Slamet Telah aktif di pastikan siaga 3 info pusat BPBA. Sebarkan dan harap di siapkan data2, berkas2 penting y untuk kewaspadaan jika tiba2 suruh mengungsi."

"Sekilas info: Warga se_Jateng khususnya 5 kota: Banyumas, Tegal, Purwokerto, Purbalingga, Ajibarang. Harap waspada Gunung kita Slamet telah aktif di pastikan siaga 3 jadi bisa meletus kemungkinan hari jum'at, info pusat BPBA. Sebarkan dan harap di siapkan data2, berkas2 pentingnya untuk kewaspadaan jika tiba2 suruh mengungsi. @walaupun begitu kita tetap berdo'a mudah2an Gunung kita Slamet tetap Slamet seperti namanya, karna smua takdir ada di Tuhan Aamiin.."
0
2.1K
27
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.