1. Pagat an
Rule:
-Lemparan, pemain melempar kelereng dari garis lempar, tujuan utama adalah garis "Ji". Pelempar berurutan berbalik setiap round nya. contoh: pelempar A lalu pelempar B, lalu pelempar C. pada round berikutnya pelempar C pertama melempar, pelempar A terakhir.
-Pemain tidak boleh melewati garis lemparan / menginjak garis lemparan saat melempar.
-Setelah semua player melempar maka kelereng yang paling mendekati garis "Ji" atau bahkan tepat pada garis "Ji" dialah orang yang pertama menyentil gundu.
-Bila player melewati garis pagat ketika melempar, maka otomatis dia harus meletakkan gundu tepat di garis pagat, dan mendapatkan urutan terakhir menyentil.
-Garis out bila terlewati, maka player di anggap kalah sebelum bertanding dan membayar kekalahan kepada player yang paling banyak mengenai gundu lain.
2. Apollo
Rule:
-Lemparan di mulai dari garis pagat, melewati garis lempar.
-Rule urutan pelempar pada setiap permainan gundu selalu sama, yaitu Berurutan terbalik setiap round.
-Bila 3x pelempar tidak melewati garis lempar, dikenakan pinalty sesuai ketetapan.
-Gundu yang paling jauh melewati garis lempar adalah yang pertama mendapatkan urutan nyentil.
-Ada 2 opsi yang dapat di lakukan, yaitu menyentil langsung ke arah apollo. atau "Ngepek", ngepek yaitu memukul kelereng yang ada di depannya untuk di jadikan batu lompatan agar mendapatkan posisi bagus, (semakin mendekati kepala, semakin bagus posisi)
-Bila kita berhasil menyentil tepat di kepala, maka gundu yang berada di bawah nya bisa kita dapatkan, bila kita menyentil di angka 2, maka gundu urutan 3-4-5 dst adalah milik kita.
-Kita hanya di perbolehkan menyentil 1 gundu yang berada dalam apollo, bila ternyata gundu berbenturan,( contoh, gundu 2 dan 3 bentrok) maka di anggap gagal.
Sisanya menyusul, baru coba2 bikin thread lagi.