Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ran2112Avatar border
TS
ran2112
[CASING] Review Inwin 901 ITX Case , Minimalis,Cantik, & Elegan
REVIEW INWIN 901 ITX CASE, THE STORY ABOUT TEMPERED GLASS


[CASING] Review Inwin 901 ITX Case , Minimalis,Cantik, & Elegan


Inwin 901 ini awal di kenalkan pada bulan Januari 2014 pada ajang CES di Las Vegas dan mendapatkan penghargaan di sana.Inwin 901 ini lebih tepatnya merupakan adik dari Inwin 904 yg terlebih dahulu keluar, dengan konsep full minimalis berbahan aluminum dan side panel tempered glass menjadikan casing ini terlihat unik dan menawan.

Spoiler for Inwin 904 dan Inwin 901:


Spoiler for Spesifikasi:


PACKAGING

Kalau di lihat spesifikasinya inwin 901 ini termasuk dalam case ITX, cuman pada saat datang kardusnya terlihat besar dan cukup berat.Foam yg terdapat di dalamnya cukup besar untuk mengamankan posisi kaca, kardusnya pun cukup tebal.

Spoiler for Inwin 901 sebelum di buka:


Didalam paket seperti biasa terdapat case Inwin 901 dan 1 tas plastik dengan isi acc dan manual.

Spoiler for tas plastik:


Tas plastik yg di berikan terdapat buku manual,clam untuk kabel,kabel ties,kain untuk membersihkan,dan sekrup yg di butuhkan untuk merakitnya nanti.Inwin jg tidak lupa memberikan serep rubber untuk penyangga kaca panel bila suatu saat nanti hilang atau rusak.

Spoiler for Buku manual,kain pembersih,kabel ties,dan clamp kabel:


Spoiler for Sekrup DKK:


DETAIL LUAR

First look bentuk sangat minimalis, dengan balutan bahan aluminum dan tempered glass terlihat cukup elegan dan cantik.Bentuknya yg cukup unik bikin agan pasti suka awal pertama x lihat.minimalis terkesan ekslusive dan feminim tapi kokoh dan tidak ringkih.Menyimpan banyak tanda tanya di balik bentuknya yg simple.

Spoiler for Inwin 901 First Look:


Di lihat dari panel kiri terlebih dulu, agan bisa melihat tembus pandang sampai posisi belakang, karena pada sisi kiri dan kanan memakai kaca tempered glass berwana hitam.Kaca bawaannya sendiri cukup tebal dan berat, mengingatkan kaca yang di pakai pada Inwin D-Frame.

Spoiler for Inwin 901 sisi kiri:


Spoiler for Tempered Glass:


Inwin 901 menaruh front panel pada posisi kiri yg sdh di lengkapi 2x USB3, Audio port dan tombol power, Indikator HDD dan Power jg ada,Keunikan lain yg terlihat adalah lubang besar di posisi depan yg tdk pernah agan lihat di case lain (ane jadi inget jaman RX King ane tangkinya di buat bolong di tengah emoticon-Peace)

Spoiler for Inwin 901 Front Panel:


Pada posisi depan sangat terlihat minimalis,tidak terlihat odd drive atau lainnya,hanya terdapat tulisan inwin pada kanan bawah berlatar hitam yg akan menyala berwana putih.Untuk bahan yg di pakai tidak memakai plastik, melainkan Aluminum dengan ketebalan yg cukup tebal.

Spoiler for Inwin 901 Tampak Depan:


Spoiler for Logo Inwin menyala bila ON:


Pada posisi kanan terlihat sama dengan posisi kiri memakai bahan tempered glass dengan ketebalan yg sama pula.

Spoiler for Inwin 901 sisi kanan:


Pada posisi belakang panel I/O dan slot PCI tidak terlihat, mungkin untuk membuat konsep minimalis dan rapih lebih terasa..Konsep ini ngingetin ane pada casing Raven 01 yang pada bagian kabelnya di tutupi juga.Terlihat kotak2 kecil seperti fentilasi udara, yg berfungsi sebagai aliran udara dan untuk pemasangan AIO WC.Detailnya nanti akan kita bahas lebih jauh.
Pada posisi bawah lubang2 kecil terdapat lubang yg cukup besar yg berguna untuk keluar kabel yg terpasang pada PC.Dan seperti biasa paling bawah adalah dudukan PSU.

Spoiler for Inwin 901 tampak belakang:


Spoiler for rumah PSU:


Pada bagian bawah terdapat 2 kaki yg terbuat dari rubber cukup tebal yang berguna untuk menahan beban dan getaran.

Spoiler for Inwin 901 Tampak Bawah:


DETAIL DALAM

Sekarang kita bedah bagian dalemnya ,ane coba gambarkan se rinci mungkin yg ane bisa.

Untuk mebuka side panel, agan di haruskan membuka 4 buah sekrup yg ada. hati2 gan jgn sampe lupaHARUS 4 SEKRUP.( Tempered Glass pecah tidak termasuk garansi soalnya emoticon-Hammer (S) )

Spoiler for Sekrup pengunci tempered glass:


Tempat pemasangan kaca ini di tahan juga dengan rubber berwarna abu2,berguna untuk menahan getaran yang terjadi.Bila suatu saat hilang atau rusak inwin menyediakan serepnya pada tas acc yg di berikan.

Spoiler for Rubber pengunci sekrup:


Tempered Glassnya sendiri cukup tebal dengan bahan 5mm dan berwarna hitam rayban ,sama dengan tempered glass Inwin D-frame, cukup berat dan solid.

Spoiler for Tempered Glass:


Ini tampak daleman keseluruhan pada posisi kiri sesudah di buka, sebenernya nggak di buka jg sdh kelihatan dari tadi emoticon-Cape d... (S)
Untuk build quality daleman terlihat sangat rapih,solid dan kokoh,terbuat dari aluminum juga dan cukup tebal,berwarna hitam doff dan tidak ada pemotongan yg kasar maupun tajam sangat presisi.

Spoiler for Inwin 901 sisi kiri daleman:


Pada posisi belakang terlihat rongga yg cukup lebar, jedah ini dipakai untuk pemasangan kabel keyboard,mouse,vga dkk.biasa juga untuk meletakkan kabel yg lain agar tdk terlihat dari luar.

Spoiler for Tempat pemasangan usb dan vga:


Pada bagian belakang juga terdapat dudukan untuk pemasangan fan 9 cm, memang cukup di sayangkan bukan 12 cm, tetapi mengingat lebar case ini jg tdk terlalu besar pemasangan fan 9 cm terbilang masih ok.pada posisi atas dudukan fan terdapat lubang yg di buat khusus untuk memasukkan selang AIO WC dan block nya bisa di selipkan dalam lubang fan.Dudukan PCI di berikan 2 slot yg berguna untuk pemasangan VGA dengan max panjang 30 cm.

Spoiler for Dudukan Fan 9CM dan lubang AIO WC:


Spoiler for Posisi I/O Mainboard:


pada posisi belakang kita bisa membuka penutup pelindung kabel dengan 4 buah sekrup yang ada.Mungkin yang merepotkan nanti pada saat pemasangan usb atau lainnya yg di haruskan membuka terlebih dahulu penutup ini, atau bisa jg dengan membuka side panel sebelah kanan saja.

Spoiler for Penutup pelindung kabel:


Untuk sekrup penutupnya sendiri tidak perlu khawatir hilang, karena hampir semua sekrup yg terpasang di Inwin 901 tidak dapat di lepas ( kecuali pengunci kacanya ).

Spoiler for Sekrup anti jatuh / Hilang:


Setelah di buka pelindung kabel bagian belakang baru akan terlihat I/O dan slot pci yg biasa terdapat pada case standard.

Spoiler for I/O dan Slot PCI Halooooo!!:


Spoiler for Lubang AIO WC:


Untuk perkabelan front panel,usb3 dan eazy swap sdh di berikan sleaving sehingga cukup rapih.

Spoiler for Kabel front panel,eazy swap dan USB:


Beralih ke HDD bays, Inwin 901 memberikan 2 slot HDD 3,5 " yg bs di pakai, dan 2,5" di luar untuk pemasangan tambahan bila di perlukan.

Spoiler for Tempat HDD bays Inwin 901:


Posisi 2,5" nya pun cukup unik menghadap kiri dan kanan

Spoiler for Posisi HDD 2,5" kiri dan kanan:


Ane sarankan bila hanya memakai 2 HDD lebih baik di utamakan yg eazy swap terlebih dahulu.

Spoiler for Dudukan HDD 2,5" setelah di lepas:


Pada bagian 3,5" HDD di haruskan membuka pengunci yg bertuliskan inwin agar bs menarik dudukan rumah hdd yg ada.

Spoiler for Pengunci rumah HDD 3,5 ":


Spoiler for Dudukan rumah HDD 3,5" :


Untuk bays 3,5 " Inwin mengadopsi Eazy swap agar memudahkan pengantian / penambahan hdd bila di butuhkan.Fungsi ini cukup efisien dan mudah dalam management kabel.

Spoiler for Eazy Swap 3,5" Bays:


Sebelum ane beralih ke yang lain, ane berikan bagan airflow yg di pakai pada Inwin 901 ini,cukup simple but efektif untuk menghilangkan panas.

Spoiler for Bagan Airflow Inwin 901:


Ok kita lanjutkan, posisi fan intake berada tepat di atas front panel, akan tertutup bila side panel terpasang, hal ini cukup unik mengingat fan intake biasanya berada pada posisi depan bukan ke arah bawah.

Spoiler for Tempat Fan Intake:


untuk pemasangan cukup mudah, kita hanya perlu membuka sekrup penguncinya lalu di tarik agar keluar.Fan yg bisa di pakai adalah 12 cm dan sayangnya tidak di sediakan dalam paket penjualan.

Spoiler for dudukan Fan:


Untuk Fan intake sendiri Inwin tidak lupa memberikan dust filter, yg cukup unik adalah dust filter berada tepat di bawah front panel seperti tidak terlihat dan tidak memakai sekrup,ditahan hanya dengan kekuatan magnet.cukup mudah dan efisien untuk membersihkannya.

Spoiler for Posisi dust filter:



Spoiler for Dust filter setelah di lepas:


satu hal yg sering terlupakan dalam itx case adalah kadang absenya ODD drive,Inwin 901 masih di mungkinkan untuk pemasangan ODD drive, penempatannya tepat berada di bawah dudukan PSU, untuk memasang dan membukanya bisa melalui rongga bagian depan. Untuk ODD drive yg di dukung adalah odd slim, disarankan untuk memakai type slot in.

Spoiler for Tempat ODD drive Slim:


Spoiler for Penutup ODD drive setelah di lepas:


Tempat dudukan PSU sanggup untuk yg panjang sekalipun,yang perlu di catat adalah pemasangan FAN PSU di haruskan menghadap ke atas karena akan berfungsi sebagai pembuang panas dari dalam, terutama untuk VGA haus darah.

Spoiler for Tempat ruang PSU:


Spoiler for Lubang sirkulasi untuk udara di buang ke PSU:


Beralih ke bagian kanan ruang management kabel terlihat cukup luas. Untuk pemasangan Back plate HSF jg terbilang mudah dengan ukuran lubang yang ada.

Spoiler for Inwin 901 sisi kanan dalam:


Kabel sata dan power yg sdh di sediakan oleh eazyswap bisa di sambungkan pada PSU dan mainboard.

Spoiler for Eazy Swap kabel:


Kabel untuk ODD drive jg berlaku sama seperti eazy swap, hanya perlu di sambungkan ke mainboard dan PSU

Spoiler for Kabel SATA dan Power ODD Drive:


Pada bagian plat jg banyak terdapat lubang yg berfungsi sebagai pengikat untuk memudahkan perapihan kabel.

Spoiler for Lubang pengikat kabel:


Selain lubang yg berfungsi sebagai pengikat, terdapat tekukan yg bisa di pakai untuk penahan kabel ATX 24 pin yg cukup kaku dan mengganggu.

Spoiler for Penahan kabel:


HASIL JADI

Spesifikasi Test :

Core I5 3470
Mainboard MSI B75 IA -E33
Memory ADATA XPG Gaming 16 GB PC 2400
VGA XFX R9 290X 4GB DDR5 512 Bit
SSD ADATA 128 GB SX 900
WD Velociraptor 150 GB 10.000 rpm
DVDRW slim Slot in samsung
AIO WC corsair H60i
Fan 9 Cm, 2x Inwin Black Blue led Fan 12 Cm, 1x Inwin Crsytal Blue
Inwin Desert Fox 700 Watt Modular 80+ Gold

Saat pemasangan mungkin yg paling susah adalah perapihan kabel yg ada,
Untuk pemasangan AIO WC di lakukan di luar dari casing,tidak dapat di masukkan kedalam walaupun sebenarnya bisa tapi kebentur dengan character H60i nya.Penggunaan push pul jg masih di mungkinkan.

Spoiler for Inwin 901 setelah terisi:


Spoiler for Inwin 901 tampak kiri setelah terisi:


Pemasangan 1 buah SSD dan 1 buah HDD biasa pada eazy swap

Spoiler for 1 SSD + 1 HDD:


Pemasangan VGA haus darah jg di mungkinkan dengan panjang maximum 30 cm.Catatan R9 290x XFX panjang 28 cm, masih terlihat cukup nyaman.

Spoiler for support VGA dengan panjang max 30 CM:


Jarak antar VGA dengan ventilasi PSU masih cukup jauh sebesar 3 cm

Spoiler for Jarak VGA dengan Ventilasi:


Tempat PSU yg berfungsi juga untuk menyimpan kabel yg tidak di pakai.

Spoiler for Ular tidur:


Spoiler for Fan Intake 12 CM:


Spoiler for Tempat PSU tidur:


Fan 9 Cm Out take di pasang setelah pemasangan AIO WC terlebih dahulu.

Spoiler for Fan 9 Cm:


Spoiler for AIO WC dengan push pull:


Spoiler for Tampak belakang AIO WC:


Tampak bagian samping kanan dengan kabel yg sudah tertata rapih.

Spoiler for Tampak kanan management kabel yg ada:


Spoiler for Ular tidur:


Spoiler for Ular jinak 1:


Spoiler for ular jinak 2:


Spoiler for Sambungan Eazy Swap:


Spoiler for Kabel ATX 24 pin:


DVDRW slot in lebih mudah dipakai di bandingkan dengan tray dan lebih terlihat pas

Spoiler for DVDRW Slot in:


SHOW TIME

Spoiler for Inwin 901 ON:


Spoiler for Inwin 901 On tampak kiri:


Spoiler for Inwin 901 On tampak kanan:


Spoiler for AIO WC dengan push pull:


Spoiler for Inwin 901 dengan tutup:


Spoiler for Front panel dengan logo inwin putih:


Spoiler for Tampak atas:


Spoiler for Inwin 901 Tampak belakang:


Spoiler for Saat lampu di matikan:


Duo tone merah biru ? nggak jg gan emoticon-Malu (S)

Spoiler for Hijau - biru @@:


Spoiler for Ungu - Biru @@:


PERBANDINGAN TINGGI

Spoiler for Perbandingan tinggi dengan BQ,Wavy dan mini frame:


KESIMPULAN

Overal ane sangat suka,cocok dan recomended untuk yg suka pc kecil dengan kemampuan monster tapi terlihat tenang dari luar emoticon-Ngakak
Bentuk nya yg minimalis dan kecil tidak mengurangi daleman yg ada secara keseluruhan.

PLUS
- Bentuk simple elegan dan unik terlihat mewah sekali.
- Build quality bagus, presisi solid dan tidak ringkih, dengan bahan aluminum cukup tebal.
- Management kabel yg cukup baik dengan ukuran yg terbilang sempit.
- Eazy Swap untuk HDD yg cukup mudah.
- Sirkulasi udara yg terbilang masih cukup baik dengan VGA haus darah.
- Support AIO WC RAD 120.
- Support VGA panjang max 30 Cm.
- Masih bisa terpasang ODD drive.
- Tempered Glass di 2 sisi.
- Kabel sdh ter sleaving.
- Package besar cukup aman untuk di bawa jauh.
- Support PSU dengan ukuran 200mm.
- supoort 2x 3,5" HDD, 2x 2,5" HDD

MINUS
- Harga cukup mahal, tapi worthed.
- Untuk ukuran kecil cukup berat.
- Tidak include FAN sama sekali.
- Fan belakang hanya 9 CM.

Sekian review ane kalo ada kata yg salah maupun kurang detailnya review ane bisa mohon di maafkan emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Shakehand2

Inwin 901 Official Web
0
12.2K
38
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Review Lab
Hardware Review LabKASKUS Official
2.3KThread1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.