wahwibsonAvatar border
TS
wahwibson
Kelompok Yakuza Terbesar di Jepang Dapat Tekanan dari Pemerintah AS
Kelompok Yakuza Terbesar di Jepang Dapat Tekanan dari Pemerintah AS

TRIBUNNEWS.COM -Empat pimpinan baru kelompok mafia Jepang - Yakuza - yang terbesar, Yamaguchi-gumi, baru-baru ini semakin ditekan pemerintah Amerika Serikat, khususnya Departemen Keuangan AS, dengan tujuan utama sebenarnya menjauhkan mereka dari pencucian uang (money laundering) di AS.

Keempat tokoh pimpinan Yamaguchi-gumi tersebut tidak melakukan kejahatan apa-pun tetapi karena pimpinan Yakuza, maka sesuai hukum di AS, dilakukan tindakan preventif oleh AS per 19 Desember 2013 lalu. Mereka adalah Tadashi Irie, Hirofumi Hashimoto, Toshio Masaki, dan Shoroku Ishida yang oleh AS dimasukkan ke dalam kelompok transnational criminal organizations (TCOs) dan para pendukungnya.

"Upaya ini dirancang untuk melindungi sistem finansial di AS dari pengaruh organisasi kejahatan transnasional (antar negara) dan juga memperhatikan kepada individual yang bergerak dikenal sebagai Yakuza," tulis siaran pers Departemen Keuangan AS tersebut.

Saat ini AS berusaha membangun sistem finansialnya yang stabil dan menjauhkan diri dari keterkaitan Yakuza yang diperkirakan dapat melibatkan juga upaya pencucian uang atau pun transaksi narkoba, tulisnya lagi mengutip kata-kata Under Secretary for Terrorism and Financial Intelligence David S. Cohen.

“Kita akan melanjutkan terus menargetkan dan menekankan para anggota organisasi kejahatan dunia guna melindungi sistem finansial di AS dari berbagai kegiatan terlarang atau yang tidak benar serta dapat mengganggu kestabilan sistem finansial AS," tekan Cohen.

Presiden Obama telah mengidentifikasikan Yakuza sebagai TCO sejalan dengan peratutan E.O. 13581 (Blocking Property of Transnational Criminal Organizations) yang dikeluarkan tanggal 24 Juli 2011, dan bahkan menambahkan agar semakin diperketat oleh Departemen Keuangan dengan menelusuri serta menindaklanjuti segala tambahan sanksi hukum melawan para anggota kejahatan dan kaitan bawahannya pula sebagai upaya menghajar operasi kriminal dunia.

Pihak AS tampaknya melihat dalam upaya menjalankan kegiatannya mencari dana Yakuza melakukan ke berbagai negara dengan jaringan mereka, baik ke Asia, Eropa, Amerika dan sebagainya.

Di AS pihak Yakuza telah terbukti banyak terlibat di transaksi narkoba serta pencucian uang. Saat ini pihak AS telah menetapkan 10 anggota Yakuza yang di daftar hitamkan dan di blokir keuangannya. Termasuk pula mendaftarhitamkan tiga kelompok terbesar Yakuza Jepang yaitu Yamaguchi-gumi, Sumiyoshi-kai, dan Inagawa-kai.

Yamaguchi-gumi terlibat dalam berbagai tingkat kejahatan di Jepang dan berbagai negara termasuk transaksi narkob, jual beli manusia, berbagai bentuk kekerasan dan pemerasan, prostitusi, pemalsuan serta pencucian uang.


Tadashi Irie adalah orang ketiga tertinggi di Yamaguchi-gumi setelah kepala kelompok Yakuza ini yatau Godfather Kenichi Shinoda dan wakilnya Kiyoshi Takayama. Irie adalah tokoh yang menonjol di Yamaguchi -gumi dikenal memainkan peran kunci dalam manajemen sindikat bersama Takayama selama penahanan antara 2005 dan 2011 . Dengan Takayama dijatuhi hukuman enam tahun penjara pada Maret 2013 Irie diharapkan memikul tanggung jawab yang lebih besar bagi sindikat . Irie juga menjabat sebagai Presiden Takumi-gumi, kelompok Yakuza afiliasi dengan Yamaguchi-gumi. Irie adalah asli orang Jepang kelahiran Uwajima, Ehime, Jepang, tanggal 9 Desember 1944.

Hirofumi Hashimoto adalah tokoh keempat dari peringkat yang ada di Yamaguchi - gumi yang menjabat sebagai Kepala Komisi Pengawas . Hashimoto juga mengepalai Kyokushin - Rengo - kai , sebuah geng yang berafiliasi dengan Yamaguchi - gumi dan dikenal karena pandai bermain di dunia finansial.

Hashimoto aslinya orang Korea lalu menjadi warga negara Jepang. Nama alias lain adalah Kyo Hirofumi. Nama asli Koreanya adalah Kang Hong-Mun yang lahir tanggal 8 Januari 1947.

Toshio Masaki adalah pemimpin regional Yamaguchi - gumi klan di wilayah Chubu (Nagoya dan sekitarnya) di Jepang tengah dan mengawasi sekitar 6.780 anggota Yamaguchi - gumi . Masaki juga menjabat sebagai Presiden Masaki - gumi , geng afiliasi kuat dengan Yamaguchi - gumi .

Toshio juga asli Korea yang telah jadi warga Jepang. Nama aslinya Park Nyon-Nam kelahiran tanggal 13 Januari 1947.

Shoroku Ishida memegang posisi Advisor di Yamaguchi - gumi dan berfungsi sebagai Presiden Shoyu - kai, sebuah geng afiliasi dengan Yamaguchi - gumi yang berbasis di Osaka Utara .

Ishida juga asli orang Korea tetapi telah menjadi warga Jepang. Nama aslinya adalah Park Tae-joon alias Boku Taishun alias Pak Tae-Chun yang lahir tanggal 30 Oktober 1932.

Sebagai hasil dari pendaftar hitaman tersebut, setiap aset individu tersbeut yang ada di bawah yusdiksi AS segera dibekukan dan masyarakat AS juga dilarang keras melakukan transaksi dengan keempat anggota Yamaguchi gumi tersebut.
ember
=====================================================================
seharusnya NKRI juga meniru cara mama rika...emoticon-Big Grin
yakuza juealan narkotik lewat malon sich...emoticon-Ngacir
0
2.7K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.