Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tiraimalamAvatar border
TS
tiraimalam
Al-Qaeda Disebut Ada di Balik Pembajakan MH370
UPDATE BERITA :

Update Berita saya susun tiap hari, sesuai kronologis pemberitaan di media massa.
Untuk mencari berita terakhir, silakan cek di Last Page.

ANALISA KEMUNGKINAN PENYEBAB HILANGNYA MH370 :

Pendapat saya pesawat ini dibajak, entah oleh awak pesawat sendiri atau oleh salah seorang yg menguasai cara mengoperasikan Boeing 777 ini:

1). Ketika pesawat MH370 berada pada titik transisi pengawasan antara wilayah udara Malay dan Vietnam, transponder & ACARS sengaja dimatikan. Saat copilot mengatakan "All right, good night" kepada ATC Malay, artinya pesawat sudah lepas dari pengawasan ATC Malay, tetapi belum masuk kedalam pengawasan ATC Vietnam, dan disaat itulah ACARS dan Transponder ID pesawat dimatikan dalam selang waktu 9 menit.

2). Setelah mematikan ACARS & Transponder, pesawat berputar tajam kembali kearah Malay atau Selat Malaka. Ini mengindikasikan ada setting tujuan lain yang dimasukkan ke dalam kode-kode navigasi pesawat, dimana hanya bisa dioperasikan oleh pilot/co-pilot atau orang yg tahu sistem komputer pesawat. Pada titik ini seharusnya ada message yg dilayangkan ke ATC, kenapa pesawat berbalik arah. Tetapi justru sebaliknya, tak ada komunikasi.

3). Kemudian pesawat melintas diatas semenanjung Malay dengan ketinggian sangat rendah untuk ukuran B-777. Terlihat indikasi adanya upaya untuk menghindari radar (dengan terbang sangat rendah).

4). Saat mencapai Selat Malaka, pesawat kembali dinaikkan hingga ketinggian diatas normal. Pada saat inilah Radar Militer Malay sesaat mendeteksi pergerakan pesawat tak dikenal (karena transponder dimatikan), yang 4 hari kemudian bisa disimpulkan sbg MH370 setelah menggabungkan data-data radar militer berbagai negara sekitar.

5). Diatas Samudera Hindia pesawat sengaja diterbangkan di atas batas normal. Indikasi adanya upaya penghindaran radar sipil dan untuk menghemat bahan bakar. Oleh karenanya diperkirakan pesawat ini sengaja dibawa untuk tujuan yang jauh.

6). Terbang diatas ketinggian normal juga bisa sebagai upaya untuk membuat penumpang pingsan, sehingga (seandainya benar ada pembajakan) ini akan mengurangi perlawanan dari penumpang.

7). ACARS dan Transponder bisa dengan mudah dimatikan secara manual dari dalam kokpit, tetapi Sinyal Ping dari Boeing 777 ini serta sinyal mesin jet tetap terkirim dan tidak bisa dimatikan, sehingga Pabrik Boeing dan Rolls Royce bisa memastikan bahwa pesawat masih tetap terbang 6,5 jam setelah hilang kontak. Ini mematahkan anggapan bahwa pesawat meledak di udara tepat saat hilang kontak di atas Laut China Selatan.

8). Oleh karena pesawat ini masih tetap bisa terbang, berjam-jam setelah hilang kontak, berarti dugaan bahwa pesawat mengalami kerusakan mesin & pilot tidak sempat mengirim pesan Mayday, adalah mustahil.

9). Dugaan bahwa terjadi kebakaran di dalam kabin juga mustahil, karena pesawat ini masih bisa terbang bermanuver naik-turun dan bahkan bertahan 6,5 jam di udara.

10). Dugaan bhw pilot bunuh diri juga agak janggal. Kenapa mesti terbang lama dan ngajak sekian ratus orang yg tak bersalah?

11). Seandainya benar pembajakan kenapa belum ada organisasi teroris yg menyatakan bertanggung jawab? Jawabnya, karena kemungkinan ini adalah usaha pembajakan yang gagal, sehingga pesawat jatuh di tempat yang jauh dan sasaran / target utama terorisme tidak tercapai (kemungkinan targetnya Menara Petronas atau salah satu pencakar langit di Australia).

12). Seandainya pembajak adalah orang yang betul menguasai sistem pesawat, kenapa upaya pembajakan ini bisa sampai gagal? Kemungkinan karena ada perlawanan dari awak pesawat atau penumpang.

13). Kalau awak/penumpang berhasil melumpuhkan pembajak, kenapa tidak ada komunikasi atau pesan permintaan tolong? Karena ACARS dan Transponder sudah dimatikan dan tidak ada orang di pesawat yang bisa menyalakan kembali.

14). Dari data satelit yang belakangan berhasil dianalisa, pesawat juga diketahui terbang di atas normal (45.000 kaki) dalam waktu cukup lama. Indikasi bahwa sistem auto-pilot sudah dimatikan dan pesawat diterbangkan manual. Pada ketinggian ini kesadaran seseorang akan berkurang dan pingsan saat tanki oksigen habis terpakai.

Itu pendapat saya, tetapi pastinya hanya nanti ketika black-box ditemukan dan hasilnya bisa dipelajari, baru semua akan terungkap.


FOTO-FOTO :

Spoiler for Foto 00::
Infografis Detik-detik Hilangnya MH370 (Kronologis)

Spoiler for Foto 01:

Posisi terakhir pesawat dan kemungkinan arah yang diambil, berdasarkan data radar militer Malaysia dan sinyal ping yang diterima satelit. Dua koridor Utara dan Selatan menjadi fokus karena kemungkinan terkuat arah MH370 setelah melalui analisis ahli.

Spoiler for Foto 02 ::

Penampakan rumah mewah milik Ko-pilot Fariq Abdul Hamid yang digeledah kepolisian Malaysia.

Spoiler for Foto 03::

Foto pilot Capt. Zahari Ahmad Shah (kiri) dan ko-pilot Fariq Abdul Hamid (kanan).

Spoiler for Foto 04::

Gerbang masuk ke Perumahan Mewah Seri, dimana rumah milik Pilot berada.

Spoiler for Foto 05::

Satpam penjaga gerbang perumahan Seri, dimana rumah pilot berada. Berjarak kira-kira satu jam perjalanan dari pusat kota Kuala Lumpur.

Spoiler for Foto 06::

Beginilah kira-kira penampakan rumah milik Pilot Capt. Zahari Ahmad Shah

Spoiler for Foto 07::

Peta pencarian yang dilakukan oleh militer India si sekitar Andaman. Sejauh ini tidak membuahkan hasil.

Spoiler for Foto 08::

Foto udara, penampakan sekitar kepulauan Andaman. Diambil oleh pesawat militer India.

Spoiler for Foto 09::

Kapal AL Amerika USS Kidd, tiba di dekat Selat Malaka pada hari Jumat siang, dan langsung menuju ke tempat pencarian di sekitar Andaman.

Spoiler for Foto 10::

Tim Basarnas Indonesia diatas Kapal SAR Purworejo, berada pada area pencarian di Selat Malaka.

Spoiler for Foto 11::

Militer India bersiap melakukan pencarian dengan Alat Penjejak Panas, guna melakukan pencarian di Kep. Andaman, dimana terletak ratusan pulau kecil tak berpenghuni.

Spoiler for Foto 12::

Seorang pilot Royal Australia Air Force dengan menggunakan kamera melakukan scanning di pesawat diatas perairan Samudera Hindia

Spoiler for Foto 13:

Angkatan laut Malaysia dengan bantuan helikopter memperluas area pencarian hingga ke barat Sumatera.

Spoiler for Foto 14:
Rute terakhir pesawat dan arah pembelokannya berdasarkan analisis berbagai data pada 15 Maret 2014.

Spoiler for Foto 15:
Sebuah heli milik AL China sedang mendarat di sebuah kapal pencari.

Spoiler for Foto 16:
Disinilah letak Black Box dan FDR pesawat Boeing 777-200.

UPDATE BERITA :

Quote:


Komen: Mungkin ada lagi penumpang lain dengan paspor curian, bukan hanya 2 orang WN Iran yg sudah terdeteksi.


=======

Quote:


========

Quote:


Quote:


Makin lama penyelidikan, ternyata makin membingungkan hasilnya.
Kini area coverage pencarian justru makin melebar kemana-mana.
Kalau sampai ada bom disembuntikan di sol sepatu oleh pembajak, dan bisa lolos di pemeriksaan bandara, berarti dunia penerbangan makin berbahaya.

Belum lagi faktor indikasi adanya keterlibatan pilot MAS Zaharie Ahmad Syah, dg temuan terakhir bahwa istri dan anaknya pindah rumah sehari sebelum pesawat hilang.
Diubah oleh tiraimalam 05-05-2014 03:03
0
14.9K
134
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.