okey bray, kali ini gue akan membahas tentang motor di zaman monster
zaman dimana pembatasan kecepatan motor tidak serendah sekarang, sehingga motor-motor standar pun kuencengnya minta ampun.!!!
apalagi kelas 2-stroke..
dan trit ini gue ambil dari artikel blognya kang EA jadi dijamin trit ini adalah REPOST.!!!
berikut gue sertakan bukti izin repost
selamat membaca..
[/spoiler]
MOHON MAAF SEBELUMNYA JIKA SALAH KAMAR
SAYA SUDAH 3 KALI MENCOBA POST THREAD INI DI FORUM RODA 2 TETAPI TIDAK BERHASIL
SEHINGGA THREAD INI SAYA TARUH DI THE LOUNGE
JIKA MOMOD BISA MEMINDAHKAN THREAD INI, SILAHKAN PINDAHKAN KE FORUM RODA 2
terimakasih mod...
[/SPOILER]
Era Motor sport 2-Tak memang sudah lama berlalu, Namun ternyata hingga kini masih ada lho Produk 2-Tak yang masih dijual bahkan masih diproduksi. Yaa benar! Hanya si Motor Kentjang Ninja 150 Series lah yang mampu bertahan di derasnya arus modernisasi ini. Hentakan Torsinya, Gemerincing Knalpotnya, Tampangnya yang kini Makin Rupawan serta Performanya yang Yahud dibanding Motor 4-Tak lainnya mampu membius Para Fanatik Speedlovershingga masa kini.
Namun, Sejak dulu ternyata banyak loh yang lebih OK dari Ninja 150 Series, Bahkan bisa dibilang Ninja 150 yang sekarang ga ada apa-apanya dibanding Motor yang segera kita bahas. Apa saja itu ?
Yuk Mari Diurut-urut #ehh
Dirunut satu persatu… [/SPOILER]
Spoiler for 1. Yamaha TZM 150:
Motor ini layak disebut sebagai Motor Eksotis di jamannya. Lihat saja lekukan Body nya yang aduhai, Headlamp Mungil nan Imut-imut & Desain Keseluruhannya yang terlihat Eksotis. Eitss, Tapi jangan salah, Dibalik motor yang bertampang manis ini ternyata mengandung unsur garang yang serem lho Bray… Lihat saja pada performanya, Dijamin bikin jantung berdebar loh. Motor 2-Tak yang pernah masuk Indonesia secara CBU ini, Menggendong mesin 2-Tak Liquid-Cooled Berkapasitas 150cc ditambah system YPVS (Yamaha Power Valve System)Mampu memuntahkan Output Power hingga 36 PS ! (Gendeng pisann).
Berikut Sedikit Info Spesifikasinya :
Model : TZM 150
Engine : 2 Tak, Single Cylinder, Liquid Cooled, YPVS System
Kapasitas Silinder : 147 cc
Bore & Stroke : 59 X 54 mm
Max Power : 35,3 HP @ 10.500 Rpm
Max Torque : 25 N.m @ 9,500 Rpm
Starter Sytem : Electric
Lubrication System : Wet Sump
Transmissi : 6 Speed Chain Driven
Panjang : 1,965mm
Lebar : 685mm
Tinggi : 1,100mm
Jarak Sumbu Roda : 1,330 mm
Tinggi Jok : 765mm
Berat Kosong : 119kg
Suspensi Depan : Telescopic,Coil spring, Oil damped
Suspensi Belakang : Swingarm, Coil spring, Oil Damped
Rem Depan : Disc
Rem Belakang : Disc
Ban Depan : 90/80 -17 46S
Ban Belakang : 110/80 – 17 57S
Pengapian : Electronic CDI
Kapasitas Tangki BBM : 13 Liter
Spoiler for 2. Suzuki RG150 II (RGV Gamma):
Motor ini memang gaungnya lebih kecil dibanding kontestan pertama tadi. Masyarakat Indonesia mungkin hanya mengenal RGR150 (generasi pertama) yang merupakan versi awal dari motor ini.
Motor ini diciptakan dengan garis keturunan layaknya RGV250 Gamma, Oleh karena itu performa RG150 II ini performanya sangat timpang bila dibandingkan RGR150. Tengok saja Mesinnya, Walaupun masih 2-Tak 150cc namun kini telah menggunakanLiquid Cooled & Suzuki AETC System (Automatic Exhaust Timing Control System) yang mampu mendongkrak tenaga kuda pacu Suzuki 150cc ini. Terbukti, Output Tenaganya menjulang tinggi hingga 37 HP dan Torsi 25 N.m (Wuihh, Bisa Jengkang-jengkang nih setiap narik gaspoll).
Namun sayangnya Suzuki tidak memasarkan produk ini ke Tanah Air, Mengingat kala itu Krisis Moneter sedang melanda Indonesia. Tetapi menurut Pengamatan EA’s Blog, Ternyata ada pengimpor yang memboyong Motor ini ke Indonesia, Walaupun jumlahnya tak sebanyak TZM/NSR namun Produk RG150 II Gamma ini tetap maknyuss pisann….!
Berikut tambahan spesifikasinya :
Model : RG150 II Gamma
Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, Single Cylinder, Suzuki AETC System
Kapasitas Silinder : 148 cc
Bore x Stroke : 61 x 50.6 mm
Rasio Kompresi : 6.8 : 1
Penyuplai BBM : Mikuni TM28 SlingShot
Pengapian : CDI
Max Power : 37 HP @ 10800 Rpm
Max Torque : 25 N.m @ 10000 Rpm
Sistem Lubrikasi : Tipe Basah
Kopling : Manual, Tipe Basah Majemuk
Transmisi : 6 Speed
Starter system : Kick Starter
Sasis : (SRFB) Suzuki Racing Frame Box
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Banana Swing Arm, Single shock
Rake / Trail:25 degrees / 94 mm (3.7 inches)
Ban Depan : 90/90 – 17
Ban Belakang : 110/90 – 17
Rem Depan : Single 290 mm Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston
Rem Belakang : Single 210 mm Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston
Panjang : 2,005 m
Lebar : 0,660 m
Tinggi :1,140 m
Tinggi Jok : 0,775 m
Jarak Sumbu Roda :1,335 m
Kapasitas Tangki BBM : 14 Liter
Berat Kosong : 122 Kg
Spoiler for 3. Kawasaki Ninja KRR-SE PDK 150 :
Bisa dibilang, Inilah leluhur dari Kawasaki Ninja 150 yang masih beredar hingga saat ini. Apabila dilihat dari tampilan sih, Ya jelas kalah jauh bila dibanding Ninja 150 masa kini. Tapi lihat dulu spek performanya, Ninja KRR-SE adalah produk Kawasaki yang berkolaborasi dengan Produsen Racing PDK & Tsukigi, Oleh karena itu walaupun sama-sama 2-Tak 150cc tapi KRR-SE mampu memuntahkan Output Power hingga 40 PS Loh Brosist ! (Bandingkan Ninja 150 Sekarang yang cuma30 PS). Hal ini terwujud berkat adanya Blok Silinder Gold PDK, Knalpot Special Made-in Tsukigi & Teknologi HI-KIPS (Ninja 150 sekarang menggunakan Super KIPS yang diatur manual menggunakan kombinasi Gear, Sedangkan HI-KIPS sudah menggunakan ECU layaknya YPVS pada Yamaha TZM).
Berikut Sedikit Info Spesifikasinya :
Model : Kawasaki KRR-SE PDK
Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, Single Cylinder, Hi-KIPS
Kapasitas Silinder : 148 cc
Rasio Kompresi : 8 : 1
Bore x Stroke : 59 x 54,4 mm
Penyuplai BBM : Keihin PWL28
Max Power : 39,2 HP @ 11.000 Rpm
Max Torque : 26 N.m @ 10.000 Rpm
Knalpot : Special Made By Tsukigi Racing
Blok Silinder : Special Made by PDK Racing
Berat Kosong : 121 Kg
Spoiler for 4. Honda NSR 150 SP:
nah.. ini nih motor 2-stroke idaman TS
Bisa dibilang inilah Motor 150cc paling Mutakhir, Powerfull dan Stabil. Versi NSR SP adalah versi upgrade dari NSR New RR Astra yang mendapat sedikit “sentuhan” Divisi Racing Honda yakni HRC. Maka hasilnya pun sudah bisa ditebak, Sebuah Motor Powerfull, Berpenampilan Mutakhir dan Memiliki Handling diatas Motor sejenis menjadi Trademark Produk Berlabel SP ini. Sebagai dapur pacunya Motor ini mengendong Mesin 2-Tak 150 cc dengan dukungan RC-Valve yang mampu menyemburkan Output Power sebesar 39,5 PS dan Torsi sebesar 27,5 N.m (Wow banget Broosist !). Tak hanya itu, Motor ini juga menggunakan Frame & Mono-Arm (Single Swing Arm) yang Identik dengan kakaknya NSR250SP NC28 Plus Livery Honda Repsol Edition (Makjossssss Brotherr !!!).
Dan berikut sedikit Info Spesifikasinya :
Model : NSR 150 SP
Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, Single Cylinder, Honda RC Valve System
Kapasitas Mesin :149cc
Bore x Stroke :59 x 54.5 mm
Max Power : 38,7 HP @ 10.500 Rpm
Max Torque : 27,5 N.m @ 10.000 Rpm
Transmisi : 6 Speed Return
Pengapian : Electronic CDI Unit
Panjang : 1,970 m
Lebar : 0,685 m
Tinggi : 1,060 m
Jarak Sumbu Roda : 1,355 m
Berat :122 Kg
Ban Depan : 90/80 – 17
Ban Belakang : 130/80 – 17
Nah, Demikian tadi Secuil Informasi yang bisa gue re-publish dari blognya kang EA.
Pendapat pribadi TS sih "Motor Kencang Ga Harus 2silinder, Tapi Cukup 2-Stroke"
Untuk review, gue belum ada data yg valid, jadi bagi kaskuser yg punya pengalaman mengendarai motor-motor di atas, boleh dishare pada kolom komentar..
Oiya bray, kalaupun ada motor lain yg belum gue sebutin, taroh juga dikolom komentar,
Ntar gue tarik ke post #1
Yo bray.! Segitu dulu trit gue sore ini.. update lagi lain waktu..
Spoiler for disclaimer:
Quote:
Original Posted By tokomandja►suaranya cempreng banget gan.
Quote:
Original Posted By cahpiih.syafiih►Motor ngebul semua kayanys tuh gak cocok di kantong dan gak bagus dilingkungan
Quote:
Original Posted By HalloJKT►ane malah seneng tahun ini rakitan motor 2 tak diberhentikan.
selain suaranya yg mengganggu, asapnya jg sdh tdk bersahabat.
cuma 1 motor 2 tak yg ane suka, vespa!
unik dan biasanya para pengendaranya msh sopan2 dan tinggi solidaritasnya.
Quote:
Original Posted By nomor.tiga►Sayangnya ane kurang suka dg motor 2tak gan
nih ya... buat yg kaga cocok atau kaga suka ama motor 2tak ditrit ini, gue kasih tau,
gue bikin trit dari judulnya aja udah ketauan kalo trit ini hanya sebatas "mengenang" bukan promo atau minta motor 2tak diproduksi lagi,
jadi baca ulang trit ane dari atas sampe bawah biar ngerti dan kaga ngasal koment, ibarat kata : gue bikin novel tentang simbah gue dan kalo elu kaga suka ya ga usah beli, ga usah baca, apalagi sampe protes ke gue kalo elu kaga suka ama simbah gue.!
jadi intinya kalo emang ga mudeng ama trit ini ga usah komen.!
untuk yg pengen tau lebih jauh, silahkan tanya di kolom komentar, pertanyaan berbobot akan saya tarik ke pekiwan.!
Original Posted By rgrlover►yg ane punya sih suzuki rgr tapi ane pengen punya tuh rg gamma soalnya keren abis
Spoiler for RG Ane:
Quote:
Original Posted By pinkss►punya zx/krr 150 cbu, sekarang cuma ngejogrok di garasi..
paling dipake sebulan 1x itu pun kalo nongkrong tengah malem trus pulang subuh
sensasi bukaan superkipsnya kaga nahan gaaan..nyooooootttt kayak ditarik kereta
motor kencang cuma enak pas jalan sepi, kalo sehari2 kena macet ane pake matic ajah
Original Posted By adytya►ini motor 2tak ane yg ane pake waktu kuliah dulu...bukan krn pengen terlihat unik, tp krn gak punya duit buat beli yg bagus
Quote:
Original Posted By koddokijoe►gue lebih suka SATRIA 2 T.,,
Quote:
Original Posted By katakbakar►wah motor ane masuk tuh
Spoiler for Motor Ane:
Quote:
Original Posted By mlutfi►Belalang Tempur Gan, sayangnya gagal booming
Spoiler for Belalang Tempur:
YAMAHA TOUCH 125
MESIN
Tipe Mesin
2 Langkah, Pendingin Cairan
Diameter x Langkah
54.0 x 54.7 mm
Kopling
Manual, Basah, Multiplat
Gigi transmisi
6 Kecepatan
Pola pergantian gigi
1-N-2-3-4-5-6
Karburator
VM 24 SS MIKUNI
Baterai
GM3-3B
Busi
BR – 8ES
Volume silinder
125 cc
Perbandingan kompresi
6.9 : 1
Susunan silinder
Satu / Miring
Sistem Starter
Kick Starter
Sistem Pelumasan
Autolube
Kapasitas Minyak Pelumas
1.3 Liter
Bahan Bakar
Premium
CHASSIS
Berat kosong
103 Kg
Tipe rangka
Delta Box
Kapasitas tangki
8.0 Liter
Jarak sumbu roda
1260 mm
Jarak terendah ke tanah
130 mm
SUSPENSI/BAN
Suspensi depan
Teleskopik Coil Spring, Oil damper
Suspensi belakang
Square Swing Arm, Monocross
Ukuran ban belakang
2.50 – 17 – 43 P
Ukuran ban depan
2.25 – 17 – 38 P
Dimensi P x L x T
1880 x 630 x 980 mm
Radius belok minimum
PERFORMA
Daya maksimum
24.5 PS/8.500 rpm
Torsi maksimum
1.99 KGF.M/8.000 rpm
Sistem Pengapian
CDI
SISTEM PENGEREMAN
Rem depan
Cakram / Double Piston
Rem belakang
Cakram / Double Piston
generasi 2 tak memang yahuud
ane ninja r pernah ngerasain, yang rr juga udah tapi menurut pendapat ane NSR lebih enak, handling, power, stabil banget gaan, bahan bakar lumayan irit.......
Spoiler for Motor ane:
tinggal versi SP lom ane dapetin, lagi nabung dulu
Quote:
Original Posted By omdebanget►Jadi inget jaman sekolah dulu.. Dari dulu ane kurang suka 4 tak gan, ane pernah punya suzuki crystal (motor pertama ane jaman masih smp), suzuki RGR warna ungu, Honda NSR 150 R, kawasaki ninja r, yamaha rx king, suzuki satria 120 r.
Sekarang ini simpenan ane :