Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cleverndun1Avatar border
TS
cleverndun1
Tips dan Trik Cara memilih Powerbank yang Bagus dan Berkualitas
Hai Agan-Agan Ane ingin berbagi tentang seputar bagaimana cara memilih Powerbank yang Bagus Dan Berkualitas Tentunya

Apa Itu Powerbank??
Powerbank adalah perangkat penyimpanan daya yang digunakan untuk mengisi daya di perangkat gadget kita seperti Hp,Mp3,Ipad dll.

PowerBank sendiri juga bisa disebut sebagai Emergency Battery, kenapa ? karena bisa digunakan kapan saja dan dimana saja dalam kondisi apapun.saat kita melakukan perjalanan jauh seperti travelling atau sedang kerja lapangan , PowerBank sangat dibutuhkan, jadi kita tetap bisa online dan berkomunikasi dengan keluarga, kerabat atau sahabat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat anda ingin membeli powerbank diantaranya :
1. Kapasitas Powerbank
Sangat penting banget dalam memilih kapasitas karena ini akan mengetahui berapa kali kita bisa men-charge gadget dengan kapasitas total powerbank tersebut. Misalnya gadget saya samsung s3 mini dengan kapasitas baterai 1530 mAh jadi kita perlu power bank dengan kapasitas yang sama atau lebih besar semisal membeli kapasitas 3000 mAh jadi kita bisa men-charge 2x. Atau semisal membeli power bank dengan kapasitas 8600 mAh berarti kita bisa ngecharge kurang lebih 3X . Ini hanya hitungan kasar karena masih ada loss atau daya yang hilang sehingga tentunya dipastikan pengisian berikutnya tidak akan sampai penuh.

2. Teliti Fitur yang dimiliki powerbank
Ada beberapa fitur keselamatan yang harus ada karena bahaya tidak memandang kapan akan terjadi semisal korslet yang mengakibatkan kebakaran.
- Overcharge, perlu ada perlindungan ini dimana power bank akan melindungi gadget anda dari arus yang berlebihan ketika pengisian sudah penuh. Jika tidak ada tentunya bisa memperpendek umur baterai dari powerbank dan juga gadget anda.
- Short Circuit, atau biasa dikenal arus pendek dimana bisa melindungi gadget dari hal ini yang biasanya salah satu penyebab terjadinya kebakaran.
- High Temperature, diperlukan perlindungan agar power bank mendeteksi ketika menyuplai daya ke gadget tidak menimbulkan panas yang berlebihan.

3. Kelengkapan Power Bank
Biasanya power bank memiliki kabel A/C, konektor, lampu indikator, baterai asli dan usahakan membeli powerbank baru bukan yang bekas karena ini sangat mempengaruhi daya tahan baterai untuk mengisi gadget anda.

4. Gunakan Kabel Gadget Asli
Bagi yang punya gadget merk lokal mungkin tidak masalah tapi jika punya gadget mahal lebih baik gunakan kabel asli yang dihubungkan ke power bank. Mengapa? Ini karena kabel asli bawaan pabrik lebih stabil mengeluarkan output dibandingkan kabel bawaan dari power bank. Jangan sampai gadget anda rusak karena hal ini.

5. Model dan Kualitas
Di pasaran banyak sekali model dan kualitas dari power bank. Sebaiknya pilih yang portable dan tidak terlalu besar sehingga tidak repot dibawa bepergian dan juga kualitas dari cell baterainya pilih Japan Cell atau Sanyo karena 2 cell ini memang sudah terbukti bagus.

6. Garansi Minimal 1 Tahun
Karena banyak sekali power bank model palsu, biasanya mereka tidak terlalu memberi garansi dengan rentang waktu yang lama. Pastikan juga itu bukan garansi toko tapi memang benar garansi dari pabrik resmi. Garansi minimal setahun membuktikan bahwa power bank merk tersebut memang berkualitas bagus sehingga mereka berani menjamin produk mereka.

7. Harga Mahal Lebih Terjamin
Masa punya gadget mahal tapi malah beli power bank murahan yang nantinya berakibat gadget lebih cepat rusak, ga asik kan? Jadi kalo memang sayang dengan gadget lebih baik cari tau dulu merk asli dengan kapasitas semisal 5000 mAh rentang harganya sekitar berapa. Sumber selain dari penjual power bank juga banyak kok di internet.
Terimakasih
Diubah oleh cleverndun1 26-02-2014 06:45
0
7.4K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.