Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SyarifgisaAvatar border
TS
Syarifgisa
[WOW] Dampak negatif mengunakan laptop tanpa beterai
Ane bisa jamin ini ga emoticon-Blue Repost


JADILAH PEMBACA YANG BIJAK
LANGSUNG AJE LAH GAN NYOHemoticon-Ngakak

Posting kali ini saya akan membahas tentang Bahaya pengguna Laptop tanpa baterai, selama ini ada dua pendapat yang sama mempunyai alasan yang kuat tentang penggunaan baterai laptop.
Ada yang berpendapat menyalakan laptop dengan AC power dengan ke adaan baterai dipasang bisa memperpendek usia baterai jadi sebaiknya baterai dicopot kalau pakai AC power.

Ada juga yang berpendapat bahwa menyalakan laptop dengan AC power tanpa baterai terpasang bisa merusak komponen-komponen elektroni laptop lebih cepat rusak karena listrik dari power supply lebih besar dari seharusnya diterima laptop. Jadi sebaiknya baterai tetap dipasang. Menurut saya kedua alasan tersebut tidak ada yang salah menyalakan laptop dengan baterai bisa membuat baterai tersebut cepat membengkak. Tapi disisi lain tanpa menggunakan baterai bahayanya lebih besar. Di bawah ini akan saya tulisankan beberapa dampak Negatif dari menyalakan Laptop tanpa baterai :

1. Menyalakan laptop dengan AC power dengan baterai dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dengan laptop, karena komponen-komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listirk yang berlebihan/tidak seperti biasanya.

2. Menyalakan laptop dengan AC power dengan baterai dicopot tetapi menggunakan stabilisator sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen kerusakan elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen di dalam laptop tanpa melalui penyesuai tegangan dan sirkuit pengatur ( regulator circuit )

3. Kalau listrik tiba-tiba mati otomatis laptop juga akan mati, dan hal itu terjadi beberapa kali efeknya adalah Hard disk, ram , processor bisa rusak.

4. Sebelum mati listrik pun laptop mu sudah terancam, karena kalau tempat listrik kita mencharger adapter tidak sehat, maka listrik tersebut akan merusaka Hadware laptop secara langsung, jadi lebih baik kita menggunakan baterai dari pada menanggung resiko yang jauh lebih berbahaya.


Melepas baterai hanya untuk bila laptop tidak di gunakan lebih dari 3 hari. Baterai juga bisa dilepas jika pemakaian lebih dari 12 jam Nonstop, dengan socket listrik yang menempel. kalau hanya untuk pemakaian sehari-hari sebaiknya memakai baterai, buat menghindari kehilangan data dan kerusakan system apa bila listrik mati tiba-tiba.
Baterai yang terpasang juga melindungi Hardware dan juga modul-modul Hardware lainya dari lonjakan listrik yang ekstrem, misalnya akibat jika ada petir yang menyambar.

Mungkin saja pada beberapa laptop yang mungkin sudah lebih canggih dalam mengatasi ini misalnya dengan menambah komponen penyesuaia tegangan dan sirkuit pengatur pada adaptor mereka. Namun kamu harus benar-benar yakin jika fitur ini benar ada pada laptop kamu, jika anda kurang yakin apakah laptop kamu aman jika dinyalakan tanpa baterai silakan tanyakan ke service resminya. Dan jika tidak yakin sebaiknya tetap menyalakan laptop dengan menggunakan baterai terpasang untuk menghindari resiko yang lebih buruh.

HAYOH SAPA YANG SUKA NGELAKUINNYA...?

Quote:


emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Toast
Diubah oleh Syarifgisa 14-04-2013 18:46
0
2.5K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.