Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KastilBiruAvatar border
TS
KastilBiru
Bijak dalam Berkantong Plastik
Thread ini ane persembahkan buat INDONESIA emoticon-I Love Indonesia (S)

Beberapa Agan atau aganwati mungkin sudah ada yang telah lama melakukan ini, beberapa yang lain baru saja atau beberapa yang lain malah belum.

Melakukan apa nih gan? Bijak dalam menggunakan kantong plastik...

kalo saya sendiri tersadarkan oleh perilaku pacar ane sendiri, emoticon-Kiss
dimana sudah sejak SMA dia minim banget pake kantong plastik. sudah jadi kebiasannya untuk membawa sebuah tas/kantong berbahan kain tipis tapi cukup kuat yang bisa dilipet jadi kecil banget (bahkan bisa masuk dompet lhoo!!! emoticon-Matabelo). ini dilakukan oleh pacar ane untuk membawa barang barang yang kira kira bakal didapetin waktu kita lagi jalan, entah belanja atau dapet oleh oleh setelah ngunjungi sodara atau temen. bisa juga untuk membawa barang yang mau dianter kemana mana.

dengan membawa tas kain itu, tiap belanja pacar ane pasti nolak kalo barang bawaan atau belanjaannya mau dimasukin kantong plastik sama penjualnya. "Nggak usah pake kantong mbak/mas" seakan jadi kalimat penutup wajib atau mantra pamungkas sebelum bilang terima kasih sama penjualnya. awalnya ane cuma ngelirik aja kalo dia lagi gitu, bahkan kadang malah mikir sinis. tapi lama kelamaan ane nyadar juga, kalo emang diseluruh dunia ato khususnya indonesia menghasilkan jutaan ton sampah kantong plastik plus jutaan masalah lingkungan dan merembet ke masalah kesehatan dan sosial, pacar ane sudah mengurang potensi sekitar beberapa kilo dengan kebiasaannya itu. Agak malu juga ketika ane inget kalo ane pernah ikut aksi Go green (yang sifatnya simbolik) tapi perilaku ane sehari hari kalah sama pacar ane yang gak pernah ikut ikut yang begituan tapi langsung dipraktekkan dalam sikap nyata. Bahkan dikamarnya ada 2 tempat sampah, 1 buat sampah organik dan 1 buat sampah daur ulang.

Nah dari situ ane nyoba bawa bawa kantong kain, sapa tau perlu buat bawa bawa barang. tapi kenyaraannya selain ane sering lupa bawa, rasanya ane masih butuh kantong/ tas yang bersifat plastik, maklum sekarang kan musim hujan. minimal untuk naruh sepatu biar gak kehujanan. kalo pacar ane kemana mana naek mobil, lha ane kan rider broo!! emoticon-Sorry

akhirnya ane berpikir gimana tetep bisa pake kantong plastik tanpa harus nambahin pencemaran lingkungan, begini kesimpulannya :

1. Pake kantong plastik ga papa asal yang berbahan organik atau bisa ancur diurai. biasanya kantong plastik dari Alfamart/Indomaret. (ane gak tau kalo 7ELEVEN, 24/7 ato Circle K- nanti ane liat lagi)

2. Minta kantong plastik dengan ukuran yang besar sekalian, jangan mau kantong yang kecil, karena kantong plastik besar cenderung bisa dimanfaatkan kembali dibanding kantong yang kecil. Bisa untuk bawa baju laundry, lapisan tong sampah atau buat bawa belanjaan dipasar tradisional dimana kantong plastik organic bisa dibilang ga ada sama sekali. toh kantong plastik dengan ukuran besar tetep bisa dilipet sampe kecil juga, jadi gak ribet bawanya

3. Ketika agan/aganwati gak bisa menghindar kudu bawa kantong plastik kerumah, pastikan kantong plastik itu tersimpan di tempat yang mudah terlihat supaya agan gak lupa kalo masih nyimpen kantong plastik. Jadi gak perlu nerima kantong plastik atau bahkan membeli. Ini juga membantu mengurangi jumlah kantong plastik yang beredar dilingkungan kita.

Ingat, asal muasal kantong plastik diciptakan adalah tingkat kepraktisannya dan sifatnya yang dapat digunakan lagi. jadi cara paling bijak berkantong plastik adalah dengan mengembalikan sifat aslinya ditambah dengan memilih bahan plastik organic.

semoga bermanfaat

Diubah oleh KastilBiru 11-03-2013 18:11
0
4.7K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green LifestyleKASKUS Official
3KThread3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.