Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

0hard0Avatar border
TS
0hard0
Ternyata Apple meniru produk Jerman tahun 60an
Selama ini, rahasia kesuksesan Apple ada pada desain produknya yang dianggap ikonik. Di sejumlah produk, dari Mac, iPod, iPhone, hingga iPad, Apple menampilkan desain minimalis yang elegan dan tampak menarik.

Pendiri Apple Steve Jobs dan desainer yang kini menjabat Senior Vice President of Industrial Design Apple, Jonathan Ive, dianggap menjadi pahlawan yang berjasa menghadirkan desain ikonik Apple. Meski begitu, desain Apple ternyata dianggap serupa dengan desain perusahaan elektronik asal Jerman di tahun 1950an dan 1960an, Braun.

Mengutip laman Cult of Mac, Steve Jobs dan Jonathan Ive memang dikenal sebagai pengagum desainer yang bekerja di Braun, Dieter Rams. Kekaguman ini pun terlihat dari kemiripan desain produk Apple dengan produk Braun.

Misalnya saja iPod. Pemutar musik digital dari tahun 2001 ini memiliki desain yang serupa dengan radio saku Braun T3 yang diproduksi di tahun 1958. Bedanya tentu saja iPod sudah memiliki teknologi digital di layarnya.

Kesamaan lain, coba tengok radio Braun T1000 dari tahun 1967. Radio ini memiliki desain yang begitu serupa dengan Mac Pro, yang merupakan PC andalan Apple produksi tahun 2003.

Coba juga lihat speaker Braun LE1. Desain speaker dari tahun 1967 ini memiliki kemiripan dengan PC andalan Apple saat ini, iMac, yang diproduksi tahun 2007. Begitu juga dengan emiter infrared besutan Braun, yang punya kemiripan dengan kamera iSight besutan Apple.

Tak hanya itu, jika Anda punya iPhone, mampirlah untuk membuka kalkulator. Jika dibandingkan, desain interface kalkulator iPhone dari tahun 2007 ini punya kemiripan dengan desain kalkulator Braun ET44 dari tahun 1977. Kemiripian itu terlihat dari tombol bulat, serta simbol "=" yang ada di bulatan kuning.

Kekaguman Jonathan Ive terhadap desainer Braun, Dieter Rams, pernah ditulis Ive dalam buku Dieter Rams, "As Little Design As Possible".

"Apa yang dilakukan Dieter Rams dan timnya di Braun adalah memproduksi ratusan objek yang lahir dan didesain secara cantik: produk yang dibuat secara menarik dalam jumlah tinggi dan terakses secara luas," tulis Ive.

Entah apakah ini menjadi sebuah ironi. Sebab, Apple baru saja menang atas Samsung, yang digugat atas tuduhan menjiplak desain dan sejumlah teknologi yang dipatenkan Apple.


Ternyata Apple meniru produk Jerman tahun 60an

sumber

Menurut ane sih, Apple hanya takut bersaing dengan Samsung karna popularitas merek asal Korsel sedang naik a.k.a tidak mau disaingi.
Dan memang ga jauh-jauh sih konsep dari sebuah design, everything is remix. Hanya bagaimana membuat remix menjadi sesuatu yang baru atau sesuatu yang mengikuti.

We have always been shameless about stealing great ideas. Steve Jobs, 1996.
Poor Samsung !
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
3.8K
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
35.2KThread26KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.