• Beranda
  • ...
  • Health
  • [dokter dan RS tidak adil] Ini lah kenapa agan maki2 RS

ronhidayatullahAvatar border
TS
ronhidayatullah
[dokter dan RS tidak adil] Ini lah kenapa agan maki2 RS
Alahamdulillah,, trimakasih mimin dan momod dan warga kaskus raya. Ini HT pertama ane,,

Mohon maaf kalo masih acakadul, Dan mohon maaf klo bahasanya kurang sopan, Sebetulnya ane buat untuk mengimbagi pemberitaan di kaskus yang cenderung menyudutkan pihak tertentu.

Sebetulnya ane dah komen di tread itu, tapi gak di kasi pege one. jadi ane tulis bantahannya dari tread: Berjudi Nyawa di Rumah Sakit Ala Indonesia (GILA INI BENAR - BENAR GILA!)


T: Jadi selama ini mereka yang sudah menjadi dokter (terutama dokter umum) berarti belum memenuhi syarat atau standar untuk melakukan praktek? Atau bagaimana? Kok mau dibuat “Dokter Layanan Primer”
Spoiler for jawab:





T: kenapa Harus memberi jaminan dulu baru di layani di rumahsakit. Temen ane sampe utang2 dan njaminkan HP supaya bisa dilayani. Ini benar2 gila, Rumah sakit yg dipikirin duit ajaaa
Spoiler for jawab:




T: lihat tuh, Banyak pasien yg ditolak rumah sakit. Apa karena pake KJS ato BPJS dan orang miskin jadi ditolak RS. Lihat juga tuh kasus bayi dera yg ditolak rumah sakit karena miskin, sampe tidak tertolong?
Spoiler for jawab:


T: Adil gak dimana orang kaya, bisa mendapat pengobatan yg baik, di tempat yg lebih nyaman (RS Swasta), sedangkan banyak orang miskin yg harus berjubel di Kelas 3 RS Negeri? Liat tuh UUD 45 yg bilang fakir miskin dipelihara Negara?
Spoiler for jawab:


T: Temen ane kecelakaan, trus butuh operasi segera. Eh dokter bedahnya ternyata masih main tenis. Gila gak tuh. Memang dokter itu ya harus menolong, klo gak mau gitu jangan jadi dokter
Spoiler for jawab:




T: tuh, kasus kakek edi yg dibuang RS. Memang RS gila semua, mementingkan duit aja
J: Itu oknum, Jangan di generalisir



T: liat tuh Kisah bayi Naila meninggal saat tunggu antrean nomor 115 di RS? Apa menurut lo?
Spoiler for jawab:


T: Kakak ane mual, muntah, panas menggigil, pusing berat seperti kepala mau pecah, eh di UGD dokternya tidak segera menangani. Memang dokter2 parah,,, apa kerena kita orang miskin jadi di telantarkan?

Spoiler for jawab:


T: Ane pernah datang sendirian ke RS sudah bengep gatel2, bentol2,,, di RS disuruh beli obat sendiri, antri di farmasi,, gila sudah sakit disuruh beli obat sendiri
Spoiler for jawab:


T: Ane pernah sakit, dokternya gak ngasi tau apa2,,, ngomongnya cepet banget dan tergesa2. Jadinya ane gak tau dg jelas sakit apa? Dasar dokter2 sekarang
Spoiler for jawab:




T: Ada px meninggal yg bawa anaknya pake gerobak krn gak bisa sewa ambulan,,, dimana hati nurani RS,, Masa sudah meninggal tidak mau menolong pasien yg miskin ini?
Spoiler for jawab:


T: Dokter adalah profesi mulia,, ya jangan banyak nuntut dong. Dan jangan hanya mengincar kekayaan dengan mengenyampingkan pasien.
Spoiler for jawab:


T: bapak gw pernah kena kanker om. terlepas dari semuanya, ketika tersengal2 karena penyakit nya, kanker tenggorokan gan. ketika masuk UGD pun di mintai uang 10jt sebagai jaminan. sekarang ente pikir aja. siapa yang punya uang 10jt malam2 cash? kalo gak bayar harus keluar dari UGD. coba ente pikir deh. karena tabiat? karena ini karena itu? ooo... tunggu dulu.

point nya adalah oknum RS dan administrasi ngehe yang minta ini itu buat jaminan bla bla bla...

gw, bokap gw adalah salah satu orang yang gak suka ama RS. dan ketika gw bayar tapi gak memuaskan pelayanannya gw pasti marah2 dengan kerasnya kepada dokter dan rumah sakit tersebut.
Spoiler for jawab:



Original Posted By rekkazan ►


Mantap gan ada quote dari Tokkyu

Ikutan komen/curhat ah. Sebagai orang yang berasal dari keluarga mayoritas dokter, gw dari kecil sudah memutuskan bahwa gw TIDAK AKAN PERNAH MAU JADI DOKTER. Jadi dokter itu berat. Punya tanggung jawab sosial sangat tinggi. Kalo gak hoki, praktek di rumah sakit/klinik yang sistemnya bobrok, ga bakal bisa sejahtera. Kalo ada pasien darurat harus siaga. Kalo lagi ga buka praktek, pasien dirujuk ke dokter lain/RS lain sering ngeyel ga mau. Dan bermacam-macam kisah lucu lainnya seputar kehidupan seorang dokter.

Nyokap gw dokter, yang alhamdulillah nasibnya cukup baik jadi dokter yang hidupnya cukup dan tidak terdzalimi sistem. Tapi itu bukan berarti ga ada pengorbanannya. Ada masa dimana gw melihat nyokap gw seolah-olah kerjanya ga ada berhentinya. Nyokap gw buka praktek dari jam 6 pagi gan, jam dimana orang-orang kantoran standar mungkin masih pada ngorok atau belum mandi. Siangnya kerja di luar, di RS, atau di farmasi Meiji. Pulang agak sore, lalu jam 5 sore buka praktek lagi sampe jam 10 malam. Libur praktek cuman 1 kali seminggu (sekarang berhubung beliau udah agak tua jadi liburnya dibikin 2 kali seminggu, ga kuat). Belum kalo tiba-tiba tengah malam ada yang kecelakaan deket rumah, pintu langsung diketok orang minta ditolong.

Dengan jam kerja "mengerikan" seperti itu nyokap gw berhasil bikin keluarganya cukup sejahtera, tapi waktu untuk ngumpul keluarga hampir ga ada, waktu untuk istirahat sangat sedikit, apalagi waktu untuk jalan-jalan. Dulu waktu kecil ane selalu kesel kalo ada yang ngomong seolah-olah nyokap gw itu hidupnya enak, santai, kaya, karena beliau dokter. HELLO, coba ya ente rasain kerja 16 jam per hari, 6 hari per minggu, dan masih harus standby 24 jam kalo ada kasus darurat?

Dulu nyokap gw juga pernah bilang, "Kalo niatnya pengen kaya, jangan jadi dokter." Jadi dokter itu memang bisa kaya, tapi itu jangan dijadikan tujuan utama. Kalo kerjanya bener dan ikhlas insyaallah rejekinya setimpal kok. Tapi ketika kita sebagai pasien juga jangan menggampangkan. Dokter memang punya kewajiban sosial, tapi kewajiban sosial juga ada batasnya. Berpikirlah dengan cerdas, pahami sistem yang berlaku, hiduplah dengan sehat, buatlah perencanaan keuangan, ikut asuransi atau apa, supaya kalo sakit gak perlu ngarep gretongan terus. Ini salah satu hal yang terus diperjuangkan sama nyokap gw, pengen bikin masyarakat melek asuransi, tapi itu hal yang sulitnya luar biasa.

Kalo slogan Tokkyu kayak gitu gan. "Capek, lelah, ingin berhenti saja. Bila berpikir begitu, tidak akan bisa menyelamatkan jiwa manusia." Tapi bedanya Tokkyu ga pernah ngeluh gajinya ga cukup, tidak terdzalimi oleh sistem, fasilitasnya lengkap, dan didukung penuh sama pemerintah. Berikutnya tinggal kesungguhan masing-masing anggota Tokkyu itu sendiri supaya jadi SDM yang handal. Seandainya dokter-dokter di Indonesia juga mendapat fasilitas yang sama seperti Tokkyu, maka slogan ini bisa diterapkan. Tapi tidak semua dokter di Indonesia nasibnya seberuntung itu.

Kondisi negara kita, pemerintah kita, masyarakat kita, semuanya ini masih jauh dari ideal. Kalo ditanya siapa yang salah, jawabannya bisa panjang, dan mungkin kita ga bisa langsung merubah semua itu karena sudah terlalu gila. Pilihan kita cuman dua: kabur dari Indonesia, atau berjuang sekuat tenaga supaya survive di lingkungan seperti ini sambil berusaha mengubah negara ini sesuai kemampuan kita. Ada pilihan ketiga sih, yaitu ikut-ikutan jadi gila, tapi mudah-mudahan dari kita ga ada yang milih demikian.

Original Posted By putraph ►
saya orang kesehatan...
salam sejawat ya gan

menurut saya..ga harus semuanya agan counter
kita juga saat akan mengambil profesi ini juga telah di SUMPAH

seminimal mungkin bisnis oriented ditiadakan...
kalo mau bisnis oriented jadilah PENGUSAHA, jadilah sopir TRANSJAKARTA, jadilah PILOT , dsb
ga usaha mengambil profesi ini yang mana sudah dinamai dari dulunya PELAYAN KESEHATAN

agan tau arti PELAYAN kan ?

dan setahu saya ga semua dokter juga yang berpikiran sama kayak agan..
ada kok dokter yg standby 24 jam
lebih mementingkan pasien daripada main golf,,,ada kok gan..

semua masalahnya adalah pada POLA PIKIR dan PILIHAN.

PAGE ONE kalo berkenan gan

Salam sejawat..

Salam sejawat juga.
Saya mengangkat trit ini untuk bantahan aja kok awalnya.
Iya benar jangan sampai profesi di camur dengan dagang, calo dll.
Tapi 24 jam stand by sebagai pelayan kesehatan? tapi maaf, apa tidak punya kehidupan yg lain. misalnya melayani keluarga? Jalan sama anak2?
Profesi kesehatan adalah profesi yang mulia, lalu,,, apakah sudah di muliakan? dengan gaji yang layak misalnya? atau beban kerja yang masuk akal? tidakkah ini layak diperjuangkan.
Diubah oleh ronhidayatullah 13-03-2014 19:28
0
144.2K
2K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.