Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

327.4.723Avatar border
TS
327.4.723
Peliknya Masalah Anak Muda Sekarang
Peliknya Masalah Anak Muda Sekarang
emoticon-I Love Indonesia

SELAMATDATANG



emoticon-Hot News emoticon-Hot News
Selamat siang Agan- agan semua.....
ane mau berbagi unek- unek ane sebagai Anak muda tidak gaul yang tidak mengikuti tren anak- anak sekarang.

Semoga tidak repost gan... emoticon-Malu
Spoiler for Repost:




Spoiler for Pesen ane gan:



Pembuka


Berbicara tentang satra mungkin tidak akan ada habisnya gan. Semua serba pelik didatangi oleh-oleh segala problema. Nasib jadi seorang satrawan adalah seperti ini, selalu saja mengalami kendala dalam dunia nyata (red=bahasa keseharian), Jadi pada dasarnya kita ini telah terbelenggu dalam mayoritas salah kaprahnya perbahasaan di negeri ini. Kita buta akan segala kaidah dan estetika bahasa kita.


Bahasa Indonesia.

ane tidak mau bertele- tele gam, tentang adanya pengrusakan norma dan adat di negeri kita. Bukannya saya sok berdeklarasi ataupun apa namanya, yang ane ingin adalah majunya sistem perbahasaan kita. Kita berpikir sejenak saja, kita sudah larut dalam kebobrokan suatu tontonan yang sering kita lihat di TV, Lihat saja ketika agan melihat susatu acara komedi, sebut saja O*J yang ketenaran dari pantun gombalnya sedang meng-Indonesia, atau munhkin Pes**ker yang memang sama sekali tidak mendidik. Bahkan saking tidak lucunya ane malah geleng-geleng kepala sendiri gan. Mereka lupa akan kaidah dari pantun dan lawak sebenarnya untuk apa gan dan menjadikan lawak dan sastra sebagai bahan untuk melawak, miris gan,. Mereka lupa:

  • Sampiran

  • Suku kata,

  • Baris

  • Dan makna yang lebih mendalam.






Sekarang begini saja, seandainya kita ini berkarya dengan maha dasyatnya dengan suatu usaha dan pikiran kita. Tapi? Ujung-ujungnya hanya di jadikan barang lawakan yang tidak berbobot sama sekali, apakah agan- agan semua akan terima begitu saja? pasti tidak. agan- agan semua pasti akan merasakan yang namanya jengkel atau semacamnya. Cukuplah kita bersenang-senang dengan cara hidup anak muda yang tidak mempunyai pendirian dalam hal perbahasaan. Mari kita berpikir lebih teoristis dalam segala urusan. Walaupun tidak semua di dunia ini bisa di selesaikan secara teoristis. Itu adalah poin pertama.

selain itu anak- anak muda di Indonesia selalu terikat dalam dunia percintaan melankolis berlarut-larut. hal ini sendiri di akibatkan oleh pengaruh dari tontonan dari layar Televisi.

Kedua



Ane ingin berbicara tentang puisi (yang sebenarnya ane sebut sebagai puisi kloningan), yaitu puisi yang hanya mementingkan isi kata tanpa melihat suatu estetika makna yang lebih mendalam. Puisi ini banyak di tulis oleh anak- anak di status Facebook mereka gan
contoh seperti ini:

Spoiler for Puisi 1:


dibanding dengan estetika bahasa yang di gunakan oleh Alm. W.S. Rendra pusi di atas tidak mengandung estetika sama sekali, bukannya ane tidak menghargai, cuma mari kita mengambil sebuah patokan dari sang legenda.


Spoiler for Puisi 2:


Inilah peliknya masalah di Negeriku Indonesia dimana orang-orang sastra sekarang hanya bisa mengucapkan kritk macam si Sujiwo Tedjo yang sangat tegas di salah satu stasiun swasta, selain itu para sastrawan lain hanya mengkritik melalui tulisan mereka yang untuk jaman sekarang sangat tidak di minati para kalangan muda. Anak- anak muda lebih tergiur oleh untuk mendalami persoalan cerita simpel dan tidak bertele. Inti dari semua adalah perlunya kita sebagai anak muda untuk belajar menghargai bahasa dan sistem tatanan bahasa kita sendiri.

Pesen Ane gan.

Quote:


menurut agan bagaimana?
apakah perlu adanya perubahan dan sebagainya atau mungkin ada saran buat ane yang mungkin salah. Jujur gan, ini adalah pantauan ane dari masih SMA sampai udah kerja gini.
emoticon-Mewek

semoga Thread ini bermanfaat bagi agan- agan semua, dan juga bisa memberikan pencerahan maupun renungan buat agan- agan semua. maaf gan jika ane banyak salah... hlo? emoticon-Bingung (S)emoticon-Hammer2

Spoiler for jangan lupa buat:


Spoiler for ane juga boleh di beri:


Quote:


Terima kasih atas Waktunya gan. emoticon-Malu
Semoga bermanfaat.

emoticon-I Love Indonesia


menurut aga gimana?
emoticon-Malu
Diubah oleh 327.4.723 15-02-2013 09:32
0
4.2K
47
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.