Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

opakopikAvatar border
TS
opakopik
Mendaki Gunung Kerenceng
Hallo agan-agan, kenalin saya opakopik dari bandung, new bie nih di kaskus.. hehehe.. Mau sedikit sharing perjalanan minggu kemarin (24 November 2013) ke gunung kerenceng bersama Komunitas satubumikita. Kerenceng sendiri ada di perbatasan antara kab.sumedang dan kab.bandung (daerah cicalengka/curug cinulang ke atas).

Tim yg ikut perjalanan ini berjumlah 11 orang campuran cewe dan cowo. Perjalanan dimulai pagi hari dari stasiun bandung naek kereta KRD ekonomi jurusan stasiun cicalengka yg jam 6.20, tiketnya murah bgt bro cuman 1500. Keretanya bersih dan ada ac nya juga, ga kaya beberpa taun lalu yg masih semrawut dan rame kaya di pasar.

Sampai di Cicalengka sekitar jam 7.40. karena banyak anggota tim yg pada belum sarapan kami makan dulu di deket stasiun, lanjut naek kol buntung ke titik awal pendakian, ongkosnya 70.000 (dicarter). Titik awal pendakian yg kami tuju adalah desa jambu aer, dari desa jambu aer ke puncak butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan. jaur yg dilalui berupa lahan kebun warga dan hutan, jalur di awal cukup jelas karena ikuti jalur kebun, tapi pas masuk hutan mungkin agak sedikit bingung karena banyak cabang, tapi ikuti aja feeling jalurnya ikuti punggungan dan melipir kaki gunung. Jalur awalnya nanjak, trus turun, nanjak lagi, rata, trus nanjak melipir punggungan naga. Dan sampe deh di puncak Kerenceng yg punya ketinggian sekitar 1763Mdpl (menurut websitenya Taman Buru Masigit Kareumbi). Oh iya kerenceng juga termasuk dalam kawasan konservasi taman buru tersebut.

Tumbuhan langka yg saya temui seperti di gunung rakutak yaitu kantong semar, bahagia tumbuh di sini (sebelum punvak).

Untuk perjalanan turun kita bisa lewat jalur awal atau ikuti jalur sadel (jalur antara kerenceng & kareumbi), kalo mau ke kareumbi di tengah jalur kita belok kanan (arah dari punvak kerenceng), kalo mau terus ke kampung warga kita bisa ikuti jalur yg lurus terus dan akan lewati 2 puncakan. kalo ditersuin kita bakal keluar di desa tegal manggung. Dari desa tegal manggung sana kita bisa jalan kaki ke curug cinulang trus lanjut ke cicalengka atao naek ojeg.

Pas kemarin sih kita turun jalan kaki ke jambu aer trus nyarter kol bak lagi ke cicalengka. Total perjalanan dari stasiun BDG - Puncak kerenceng - Stasiun BDG, tek-tok makan waktu sekitar 13 jam. hehe.



Oke makasih salam lestari...Tuk info tentang satubumkita bisa di cek di blog mereka di -> satubumikita.blogspot.com

Foto copas dari komunitas satubumikita.

Mendaki Gunung Kerenceng

Mendaki Gunung Kerenceng

Mendaki Gunung Kerenceng

Mendaki Gunung Kerenceng

Mendaki Gunung Kerenceng

Mendaki Gunung Kerenceng

Mendaki Gunung Kerenceng
Diubah oleh opakopik 04-12-2013 03:38
0
5.4K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Catatan Perjalanan OANC
Catatan Perjalanan OANCKASKUS Official
1.9KThread1.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.