Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anton7780Avatar border
TS
anton7780
Status Gunung Slamet Naik jadi Waspada [Live Video]
Status Gunung Slamet Naik jadi Waspada, Masyarakat Dihimbau Tetap Tenang

Jakarta - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikan status Gunung Slamet dari status Normal (level I) menjadi Waspada (level II) terhitung sejak 10 Maret 2014 pukul 21:00 WIB.

Status gunung api yang berada di lima Kabupaten yaitu Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal, dan Purbalingga, Jawa Tengah itu dinaikan karena adanya aktivitas berupa peningkatan kegempaan vulkanik.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, peningkatan kegempaan sudah berlangsung sejak 2 Maret 2014 hingga sekarang. Pada 8-10 Maret 2014 terjadi 441 gempa hembusan dan 9 kali gempa vulkanik dangkal.

"Kepala PVMBG telah melaporkan kenaikan status ini kepada Kepala BNPB," kata Sutopo dalam siaran persnya, Senin (10/3).

Meski demikian, lanjut Sutopo, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak panik. Masyarakat, wisatawan, dan pendaki hanya tidak diperbolehkan mendaki dan beraktivitas dalam radius 2 km dari kawah Gunung Slamet.

"Tindakan yang perlu dilakukan BPBD sehubungan dengan naiknya status waspada adalah penyuluhan, sosialisasi, penilaian bahaya, pengecekan sarana dan pelaksanaan piket terbatas," kata Sutopo.

Dia menjelaskan, sejarah letusan Gunung Slamet berlangsung sejak abad 19 dimana sering mengalami erupsi skala kecil. Aktivitas terakhir adalah pada Mei-Juni 2009 yang mengeluarkan lava pijar.

Dengan demikian, lanjut Sutopo, di Indonesia saat ini ada 1 gunung status Awas (level IV) yaitu Gunung Sinabung. Sedangkan gunung api yang berstatus Siaga (level III) ada tiga, yakni Karangetang, Rokatenda, Lokon.

Sementara untuk gunung api berstatus Waspada (level II) sebanyak 19 gunung. Ke-19 gunung tersebut yakni, Slamet, Kelud, Raung, Ibu, Lewotobi Perempuan, Ijen, Gamkonora, Soputan, engasangapi, Papandayan, Dieng, Gamalama, Bromo, Semeru, Talang, Anak Krakatau, Marapi, Dukono, dan Kerinci.

sumur

Live Video Letusan Kawah Gunung Slamet 10 MARET 2014
Spoiler for 1:


Live News Gunung Slamet 10 MARET 2014
Spoiler for 1:


UPDATE 12 MARET 2014
Gunung Slamet Meletus 3 Menit Mengarah ke Tegal dan Brebes
Spoiler for 1:


Ane cuma berharap Gunung Slamet akan tetep Slamet seperti namanya emoticon-Sorry
Diubah oleh anton7780 12-03-2014 06:17
0
3.7K
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.