Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fransringoringoAvatar border
TS
fransringoringo
Yuk mengenal tradisi umat Katholik, PASKAH :)
Sebelumnya ane minta maaf nih, ane bukan mau rasis atau apa, ane cuma mau berbagi pengetahuan aja supaya agan-agan semua pada paham tradisi umat katolik ini... emoticon-Big Grin

SELAMAT MEMBACA emoticon-Kiss

PASKAH

Ini merupakan salah satu hari raya besar bagi umat nasrani termasuk kristen dan katholik (sekarang bahas yang katolik). Paskah di sini diselenggarakan untuk mengenang wafat dan bangkitnya Tuhan Yesus Kristus..

Perayaan ini dibuka dengan adanya Rabu Abu. Rabu Abu ini, adalah sebuah ekaristi (ibadah) yang dilakukan di gereja. Yang special pada ekaristi ini, yaitu pemberian abu tanda salib pada kening umat katholik, yang dimaksudkan sebagai kesadaran diri bahwa kita manusia berasal dari abu dan akan berakhir dari abu.

Masa prapaskah adalah hari-hari sebelum paskah. Setiap hari Jumat, umat katholik diberi kesempatan untuk melakukan jalan salib di gereja masing masing.

Setelah Rabu Abu, umat akan berpuasa dan berpantang selama 40 hari sampai paskah tiba. Puasa disini tidak seperti saudara kita umat islam yang puasa dari subuh sampai magrib, tetapi puasa bagi umat katolik adalah mengurangi keinginan duniawi seperti menghentikan boros dan segala macam lainnya. Berpantang disini ialah untuk menekan nafsu kita yang selama ini kita wujudkan dengan pemenuhan hal-hal jasmani saja. Sebagai contoh : ane orang yang doyan makan indom*e ama telor, maka ane harus berenti makan ntu selama 40 hari. Puasa dan Pantang ini, mengingatkan kita pada pencobaan Iblis terhadap Yesus di padang gurun (saat itu hari ke 40 Yesus berpuasa).

Setelah tinggal 1 minggu menjelang paskah, akan diadakan perayaan "Minggu Palma" umat membawa daun-daun pakis yang nanti akan di berkati oleh pastor sebagai tanda kemenangan Kristus dan pada saat ia disambut di Yerusalem dengan meriah. Pada masa ini, mulai memasuki minggu suci.

Pada hari kamis, adalah perayaan "Kamis Putih". Perayaan ini diselenggarakan untuk mengenang peristiwa perjamuan terakhir bersama murid-muridnya, dan penangkapan Yesus oleh serdadu. Khas dari ekaristi ini, adalah seluruh patung Kudus yang ada di gereja akan diselubungi dengan kain putih bersih.

Esoknya adalah hari "Jumat Agung". Pada pagi harinya akan diadakan jalan salib sebagai penutup masa prapaskah ini. Dan (biasanya) sekitar jam 3 sore akan diadakan ekaristi jumat agung tersebut. Semua patung kudus dibungkus dengan kain ungu, dan mimbar tidak memakai taplak dan hiasan apapun, bahkan bunyi lonceng tidak diperbolehkan pada masa ini. Jumat agung adalah saat dimana mengenang Yesus meninggal di salib.

Sabtu sepi adalah masa kekosongan dimana saat Yesus sudah dikuburkan dan saat berbela sungkawa bagi murid-murid yesus. Pada hari ini, hanya ada misa jam malam.

Paskah, sebagai tanda Yesus telah bangkit dari alam maut. Perayaan berlangsung megah, dengan suasana gembira (bisa diibaratkan hari kemenangan emoticon-Big Grin).



Mungkin ini yang bisa ane share dari pengetahuan ane sendiri. Ane bukan calon pastor atau apalah. Ane hanya seorang murid SMA biasa yang ga pinter pinter amat emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak. maap kalo trit ane ga rapi... Soalnya buat di HaPe... emoticon-Big Grin

Bagi yang berkenan minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Big Grin
0
2.1K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.