Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mana.batamuAvatar border
TS
mana.batamu
Salah Pilih Tukang Bikin / Renov Rumah, Ini Akibatnya
ente renov kecil kecilan, itu sama aja ente ngasi minimal sepeda motor baru ke mandor nya

ente renov besar, itu sama aja ente beliin mandor nya mobil baru

ente bikin rumah baru dari nol, itu sama aja ente beliin mandor nya rumah baru dan mobil dan motor.

yah ini bisa kejadian jika anda sebagai konsumen gak mau ribet, maunya tau beres aja, artinya semua di serahin ke mandor dan kontraktor nya, termasuk urusan belanja material.

kok bisa? ya bisa lah, soalnya ane liat dgn kepala mata ane sendiri, karena kebetulan ane berkecimpung di dunia properti, jadi ane tahu permainan mandor itu kayak apa. sekalian ente sebagai konsumen udah minta RAB (Rincian Anggaran Bangunan), tetap aja bisa di kadalin, karena ente gak tahu harga pasaran semua material itu sebenarnya. jadi istilahnya mandor bisa korupsi dari situ. misalnya adukan semen nya di kurangi, besi cor nya dikasi yang tipis, cat pake merk murahan, kayu pake kualitas rendahan yang gampang busuk kalo kena air hujan, gagang pintu dikasi yang gampang rusak (bagus penampilan doank), dll dll.

ente mo akalin dengan belanja sendiri semua material itu ?? itu artinya ente kudu cari sendiri mandor dan tukang nya (dihitung tenaga nya aja borongan). dan itu bukan kerjaan mudah karena jaman sekarang susah nyari tukang, apalagi kalo kerja nya cuma bentar, pada gak mau biasanya. mereka mau nya kerja yang lama agar bisa bawa pulang duit banyak ke kampung nya.

solusinya? gak ada gan, karena memang itulah realita nya. kalo mo murah, ente kudu mau repot hunting tim rumah (mandor dan tukang2xnya di kampung).

kalo gak mau ribet, berarti ente kudu siap dengan merogoh kocek dalam dalam, termasuk beliin kontraktor / mandor nya motor / mobil / rumah juga (diem diem ngambil dari duit proyek ente tentu saja). yang apes kalo ente dapat kontraktor abal-abal yang gak bonafid, selain duit ente di pake buat foya foya sama dia, kualitas bangunan yg ente dapatkan jauh dari memuaskan, karena biasanya pasti kejadian over budget alias duit proyek ente sebagian udah kepake buat dia foya foya, jadi diem diem di turunin kualitas bangunan ente biar nutup modalnya. mo pake perjanjian kayak apapun gak akan ngaruh, karena kontraktor abal2x kayak gini udah pengalaman buat menghadapi klaim dari konsumen yg gak puas. mulai dari intimidasi, terror, sampai menghilang, ada semua ilmu nya.

kesimpulan? cari sendiri tim pemburu hantu, eh, maksud ane, tim pembuat / renov rumah di kampung kampung dan hitung tenaga aja sementara material semua ente yg belanja sendiri.

ATAU

cari kontraktor yang bonafid sekalian, muahal tentu saja, tapi dijamin mutu bangunan memuaskan. bisa di cari di iklan properti tabloid, tapi masih ada resiko ketipu kalo gak tau cara ngebedain mana yg bonafid dan mana yg tepu tepu. cara terbaik yah hunting keliling sekitar rumah ente, liat rumah mana aja yang lagi ada pembangunan dan ente coba masuk kedalam liat liat hasil kerja mereka, kalo memuaskan, ente tinggal bikin janji sama mandor nya kalo udah kelar disitu, langsung ngerjain proyek ente.

CIRI CIRI KONTRAKTOR ABAL ABAL


  • gaptek biasanya. misalnya gak tau cara pake komputer, gak punya alamat email atau gak bisa pake email, gak punya gadget, lebih suka gambar atau tulis tangan ketimbang di print
  • pake kendaraan bobrok / jadul
  • terkesan malas di ajak diskusi lama lama
  • gak punya kantor / ruko, cuma modal nama nya sendiri, misalnya ANTO KONTRAKTOR AND DESIGN
  • suka nembak minta pembayaran dicairkan sebelum waktu nya (ciri duit ente udah kepake buat foya foya sama dia)
  • gak menguasai teknologi bangunan yang ada sekarang (masih pake cara jadul) - sayangnya ini baru ketauan setelah ente pake jasa dia
0
10.8K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.