Honda RC 166 , Motor di Zaman Monster.. 250cc-6cylinder
TS
eko507
Honda RC 166 , Motor di Zaman Monster.. 250cc-6cylinder
Wellcome To My Thread Yg Gak Akan Pernah HT
Spoiler for pendahuluan:
Selamat malam sabtu bray.!
Hari ini saya akan menyambung kembali trit tentang motor-motor di Zaman Monster
Jika kemarin kita membahas Monster 2 stroke - 150cc yg pernah meramaikan jalanan di Indonesia,
kali ini bukan sembarang Monster,
siapakah dia????
Langsung aja bray, cekicrot.!!! btw ga nyangka kanng Eno punya akun kaskus juga...
Quote:
Original Posted By eno.anderson►Wahh yang antusias banyak juga ya gan.... Mungkin jauh lebih banyak daripada comment di blog ane....
makanya saya minta izin untuk membawa artikel blog sampeyan ke ranah kaskus,
karena pasti jangkauan pembacanya lebih banyak..
thanks masbro..
Saat kita dimanjakan oleh Produk anyar 250cc baik yang menggunakan Mesin Dua silinder maupun Single Silinder. . .
Sebenarnya masih ada sebuah Mahakarya 250cc Unik nan Gendeng dari sebuah Pabrikan Papan atas Dunia yakni Honda RC166 , , Si 250cc Inline 6 Silinder !
250cc 6 Silinder ? ? yang bener ajeee???
Bukannya 250cc 4-Tak yang paling Oke itu 4 Silindernya CBR250RR, ZXR-250 atau FZR250 ya bray? ?
Yupp, , Benar Koq bray. .
Motor tadi memang 250cc Super Edan dari para Pabrikan Masing-masing pada era 80-90′an. . . Namun bila kita telaah lebih jauh dan lebih dalam lagi, ,
Ternyata Masih ada Motor 250cc yang jauh uh uh uhhh Lebih Gila yang bahkan jauh lebih jadul dibanding Motor yang tadi dibahas, Yakni si Honda RC166 ini. . . Seperti apa Pernik Sejarahnya ? ?
Seperti apa Detail & Performanya ? ?
Langsung aja ke TKP..
Spoiler for sejarah:
Honda RC166 adalah Mahakarya Soichiro Hondayang sesungguhnya adalah penyempurnaan dari RC165. . . Saat Semua Pabrikan peserta World GP Fokus memikirkan bagaimana menciptakan Motor 250cc 2-Tak yang powerfull untuk memenangkan World GP (Sekarang MotoGP), , Soichiro Honda justru malah Berbeda 180 derajat. . . Ia malah memikirkan bagaimana membuat Mesin 4-Tak dengan kemampuan melebihi Motor Balap 2-Tak. .
Itu artinya ia harus menembus batas untuk mengalahkan mesin 2-Tak Super kencang dari Yamaha, Suzuki, MV Agusta & Pabrikan lain, , Yang dimana setiap milimeter gerakan pistonnya adalah Ledakan Power. . .
So. . . Dengan semangat tinggi dan juga jiwa pantang menyerah yang terkenal dalam diri Soichiro Honda, , Akhirnya Beliau beserta para engineering memiliki Konsep tentang Mesin 250cc 6 Silinder, Oil-Cooled, DOHC 24Valve. . .
Sangat sulit memang !
Bahkan pembuatan mesin 6 Silinder yang hanya selebar mesin 4 Silinder 250cc milik RC161 dengan Clearance super tipis dan hanya mampu dilihat oleh Sinar-X, ,
Adalah sebuah misteri besar yang konon tak terungkap hingga saat ini. . . Bayangin aja Brosist ! Pistonnya kecil-kecil nan super imut banget loh. . .
Dan jangan lupa ! Itu di tahun 1966, Bukan 2016. . .
– Bagaimana Soichiro beserta team engineeringnya melakukan itu ? ?
– Bagaimana menciptakan Motor 250cc 6 Silinder tanpa sedikitpun mengurangi Handling & Daya tahan Mesin selama Jalannya balapan ? ?
Subhanallah, , Itulah bukti kebesaran Tuhan YME. . .
Spoiler for Detail & Performance:
Singkat cerita, , RC166 yang ditunggangi oleh Pembalap asal Inggris Mike Hailwoodmampu memenangkan 10 Juara seri dari 10 seri yang digelar (Perfect) pada 1966. .
Hingga akhirnya memenangkan Juara Dunia Rider & Pabrikan selama dua tahun berturut-turut. . . Tak hanya itu RC166 Bersama Mike Hailwood juga berhasil menjuarai Isle of The Man TT di tahun yang sama (WOWW ! ). . .
#Inget, Lawannya 250cc 2-Tak super kencang loh. . .
Nih akang Mike Hailwood numpang narsis..
Spoiler for Mike:
RC166 dibekali mesin 250cc Parallel-Transverse 6 Silinder, DOHC 24 Valve, Sistem pendinginan Oil-Cooled, Penyuplai BBM 6 Karburator 22mm & Transmisi 7 Percepatan . . . Mesin ini mampu meraung hingga 18.000 Rpm dalam sekedipan mata, , Dengan muntahan Power sebesar 62 HP & Torsi 29 N.m . . .
Penasaran sama suara kenalpotnya.?? Kalo kata ane sih mirip kaya Jet Perang Jadul yang mau take off. . .
Ga percaya ?
wafer dulu bentar…
Selain itu RC166 juga dibekali rangka besi super ringan yang membuatnya hanya berbobot 112 Kg saja ! Nyuss !
Tak heran RC166 mampu mencapai top speed 240 Km/h dengan sangat cepat. . .
Wuzzz ! !
Bahkan jika dicompare, , Saingan RC166 250cc pada saat ini adalah Motor Sport 600cc Modern. . . Gak cuma itu, , Lawan beberapa motor 250cc 2-Tak Hyperspeed layaknya Suzuki RGV250SP, Honda NSR250SP, Yamaha TZR250 hingga 250cc Legenda Macam Kawasaki KR-1S yang hadir berpuluh-puluh tahun kemudian pun masih kalah sama RC166. . . Joss !!!
Sebagai tambahan , Nih sedikit spesifikasinya:
Manufaktur : Honda
Model : RC166
Class : World Grand Prix
Engine : 4-Tak, Parallel-Inline Transverse 6 Cylinder, Oil-Cooled, DOHC 24 V.
Bore x Stroke : 41 x 31 mm
Kapasitas Silinder :
249.4 cc
Rasio Kompresi : 11.0 : 1
Sistem Penyuplai BBM : 6x Karburator Keihin Superjet 22mm
Transmisi : 7 Percepatan
Max Power : 62 HP @ 18.000 Rpm
Max Torsi : 29,5 N.m @ N.A
Top Speed : 150 Mph (240Km/h)
Rangka : Tubular-Steel Open Duplex
Berat Kosong : 112 Kg
Suspensi Depan : Telescopic Cartridge
Suspensi Belakang : Honda’s Twin-Girling Shockbreaker
Rem Depan : Drum Brake (Tromol) 9 Inci.
Rem Belakang : Drum Brake (Tromol) 8 Inci.
Ban Depan : 3.00 – 18 Dunlop KR124
Ban Belakang : 3.50 – 18 Dunlop KR124
Rival Saat itu : Aermacchi 250 RR, MV Agusta 250 Bialbero, MZ RE-250, Yamaha RD56, Suzuki RZ66
Spoiler for Appearance/Penampilan:
Nah memang secara visual motor ini tidak bisa dibilang keren…
ITU KALO YG NGOMONG ALAY TERONG-DICABEIN
sorry khilaf..
Bagi penghobi Cafe Racer tentu ini adalah motor idaman,
Power yg sadis, body semok bin montok, sexy nan aduhai..
Fairing penutup mesin nan gagah
Tangki nya kekar..
Ban gambot itu wajib..
Mesin yg padat berisi… ya iyalah 6silinder
Dan terakhir buritan pantat yg aduhai….
Merupakan desain paling keren pada masanya…
Last , , Perlu diakui RC166 adalah salah satu Motor terbaik yang pernah ada di Dunia. .
Motor ini juga mampu menginspirasi kita semua,
Bahwa dengan Kerja keras & Jiwa Pantang Menyerah, , Tak ada sesuatu yang Tak Mungkin di dunia ini. . .
Terbukti, Dengan segala keterbatasan Teknologi di tahun 1966, , Honda mampu menciptakan Mahakarya Luar Biasa yang bahkan proses pembuatannya masih menjadi misteri hingga saat ini. . .
Oleh karena itu, , Tak berlebihan rasanya bila EA's Blog memberikan tagline :
“Honda RC166, Trully The Power of Dream”
Udah bray, segini dulu tritnya, ntar bakal ane update lagi,
Dan sekali lagi saya berterimakasih kepada Kang EAyg sudah mengizinkan saya untuk mempublish konten blognya ke ranah kaskus…
Semoga Bermanfaat…….
Regards,
eko507
dikutip dari [url]enoanderson.wordpress.com[/url] dengan sedikit perubahan
No Drugs, No Alcohol,Lebih Baik MinumEs Cendols...
Spoiler for Komentar Kaskuser:
Quote:
Original Posted By bakaroo►Permasalahan terbesar utk pembuatan piston adalah mencari bahan yg tingkat pemuaiannya rendah, tp tidak mencapai angka nol pada nilai fatique (tingkat kekakuan) karena klo fatique nya terlalu rendah, jd gampang pecah, sebaliknya klo lentur pistonnya bisa berubah ukuran karna panas, masalah inilah yg membuat soichiro honda terpaksa masuk bangku kuliah, dan mendalami bidang metalurgi
Quote:
Original Posted By nineteen93►tua, kencang, indah, misterius, prestisius, dan honda pastinya
salah satu warisan terbaik dari Honda-San
cuma ada kurang dari 10unit di dunia ini..
itupun bekas dipake balapan Mike Hailwood pada tahun 60-an.
Quote:
Original Posted By mullen.v3►Waktu itu pernah liat di web mana gitu, piston+setangnya ga lebih gede dr telapak tangan orang dewasa.
Numpang nambahin motor "gobloook"nya honda yg laen gan.
cbx 1000, suaranya kaya F1.
NR750, katanya sih menawarkan mesin yang bener2 smooth karena pistonnya oval. Sebenernya rada mirip v8 sih mesinnya, tapi karena pistonnya oval jadi cuman 4. Tapi setang pistonnya ada 8 dan combustion chambernya juga ada 8.
Honda CBX 1000 & NR750 bakal ane bikin tritnya juga..
ditunggu aja bray...
Quote:
Original Posted By Meoooww►Itu Motornya Kamen Rider Pertama ya gan.. ini penampakannya..
Penjwan gan biar pada tau..
pekiwan...
Quote:
Original Posted By dsurya83►Wah!!!ane penasaran juga dengan teknologi yang di pakai...pake apa ya gan??magnesium kah silindernya??kok kuat di geber 18000rpm...
Memang hebat ya teknologi Honda...terbukti juga di RCV211V 990cc 5 silinder...saat pabrikan proton membuat 5 silinder tidak sukses...
Andaikan saat ini MotoGp di bebaskan soal jumlah silinder namun di batasi pengunaan ECU mungkin bakal muncul mesin2 unik kayak gini deh gan
kalo ga salah lapis titanium bray,
untuk mengimbangi gesekannya,
emang sih, ini dibuat ketika pembatasan baru pada total volume silindernya,
blm neko-neko kayak sekarang,
dan safety rider blm terlalu diperhatikan,
maka terlahirlah monster 250cc ini..
CMIIW
Diubah oleh eko507 05-08-2014 19:18
4iinch memberi reputasi
1
191.6K
Kutip
962
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
69KThread•11.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru