Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zs.amrieAvatar border
TS
zs.amrie
[share]Tanaman Anti Radiasi Nuklir Ternyata Ada di Sekitar Kita
[share]Tanaman Anti Radiasi Nuklir Ternyata Ada di Sekitar Kita
ane cuma mau share, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kt smua,,emoticon-Matabelo jngan lupa emoticon-Rate 5 Star emoticon-Malu (S)


oleh:candra permadi

Sebagian kita tentulah paham bahaya paparan radiasi nuklir. Masyarakat Bulgaria yang wilayahnya dekat dengan Ukraina, contohnya, baru melihat dampak negatif radiasi tragedi Chernobyl sekitar 15 tahun setelah kejadian. Sebagian mereka konon terkena kanker payudara, tiroid serta paru-paru. Kanker ini konon disebabkan oleh unsur cesium yang diserap tanah saat unsur tersebut ikut menguap bersama awan hujan beberapa saat setelah ledakan terjadi.
Spoiler for reaktor chernobyl:

Untuk mengurangi dampak paparan radiasi, pemerintah Ukraina pada saat itu langsung menanam Bunga Matahari. Tanaman ini konon mampu menyerap kandungan uranium and stronium-90, yang jadi biang keladi mutasi genetik pada tubuh manusia. Upaya pemulihan ini oleh Dr. Ilya Raskin, seorang ahli bioteknologi dari Rutgers University, disebut phytoremediation.
Spoiler for Dr.ilya raskin:

Tidak hanya bunga matahari, jagung, tembakau, sesawi India dan bahkan cannabis (marijuana) terbukti mampu menyerap unsur krom, timah, tembaga, dan nikel yang terkontaminasi radiasi dari dalam tanah. Untuk itulah masyarakat Ukraina disarankan menanam tanaman tersebut dikebunnya, selain untuk memenuhi kebutuhan pangan tentunya.

Upaya ini kemudian ditiru oleh pemerintah jepang. Melalui Menteri Pertambangan dan Energi, pemerintah Jepang mengatakan bahwa mereka berencana menanam bunga matahari dan rapeseed (masak Benih Pemerkosa mau dibudidayain hehehehehehe) untuk menyerap kontaminasi cesium yang ada dalam tanah akibat radiasi nuklir reaktor Fukushima. Mereka mengambil benih bunga dari Thailand mengingat Negara inilah produsen terbesar bunga matahari
Spoiler for bunga matahari:

Nantinya sekitar 300 kilogram benih bunga akan ditanam di sekolah-sekolah serta radius 30 km seputaran zona bahaya reaktor Fukushima. Diharapkan bunga matahari tersebut dapat menyerap unsur cesium yang terkandung dalam tanah. Untuk mencegah tersebarnya kandungan cesium pada melalui udara, Pemerintah Jepang lebih memilih untuk menjadikan hasil panenan sebagai kompos dengan bantuan bakteri aerob daripada membakarnya.
Sebenarnya pemakaian tanaman dalam bidang antiradiasi bukan hal baru, khususnya di Jepang. Dalam buku No nukes: everyone’s guide to nuclear power oleh Anna Gyorgy (1979), disebutkan bahwa bunga spiderwort sudah ditanam disekitar reaktor Hamoka (1976) untuk mendeteksi radiasi nuklir sejak awal pembangunannya.
Spoiler for tradscantia berubah warna:

Bunga ungu ini akan segera berubah warna menjadi merah muda ketika daerah disekitar reaktor terpapar radiasi.

Ternyata bumi tak hanya diam saja saat terjadi bencana. Sabda alam akan selalu memberitahu kita dengan cara-Nya. Semoga negeri matahari terbit dapat lekas terbebas dari paparan radiasi entah lewat bunga matahari atau cara apapun yang baik.

sekian trit dr ane n ane g nolak kl ad yang mau kasih yang seger seger emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh zs.amrie 07-10-2013 14:29
0
4.7K
34
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.