Honda NR750 - Gak selamanya piston berbentuk tabung
TS
eko507
Honda NR750 - Gak selamanya piston berbentuk tabung
oy bray.!! selamat pagii...
salam santai & happy sunmor..
menyambung trit Motor 250cc - 6cylinder dimana pada trit tersebut ada beberapa agan yg request trit tentang Honda NR750, maka dibuatlah trit ini..
langsung aja bray.!! cekicrut.!!!
Pertama
Spoiler for Pengenalan:
Sekarang ane pengen kalian bayangin bentuk piston motor, baik yg ngerti banget, ngerti aja, maupun kurang ngerti otomotif, pokoknya bayangin aja,
ane yakin dalam benak kalian terlintas "piston motor itu pasti berbentuk tabung/cylinder"
kurang lebih kayak gini,
tapi gimana kalo ada piston yg bentuknya nggak silinder?
kok bisa???
emang ada.!???
yup.!! ada kok inilah Honda NR750pertama kali dibuat pada tahun 1979 versi 500cc nya, kemudian pada tahun 80-an dikembangkan versi 750cc nya untuk MotoGP,
hingga pada tahun 1992 diproduksi 300unit untuk khalayak umum..
menggendong mesin berkapasitas 750cc, berkonfigurasi V4 dgn piston berbentuk OVAL.!!!
luar biasa.!!!
Lanjut ke
Spoiler for performa:
coba bray, perhatikan lagi piston si-NR750,
kok masing-masing piston ada 8 cekungan??
jadi ada berapa Valve? 32 Valve.!!
kuenceng..!!!!!
lalu, dengan spek motor bermesin Platform V4-Engine, OVAL-PISTON, DOHC , 32 Valve + Rangka Eksotis Twin-Spar Alumunium Alloy Beam yang dibalut Titanium ini apasih yg dicari oleh si Jenius Soichiro Honda?
jawabannya :
1. Soichiro ingin membuat motor yg ramah lingkungan, maka sejak tahun 1970-an mulai membuat motor balap bermesin 4stroke
2. Soichiro tak ingin motor 4-stroke nya kalah dengan motor 2-stroke di arena balap, maka di dapatlah output Power mencapai 125 HP hasil dari minimalisasi Power Unit Versi Testernya yang Mampu mencapai 140 HP dengan Redline mencapai 15.000 Rpm (FYI : NR750 Mampu dioptimalkan Redline nya Hingga 23,000 Rpm , , , Cadassss). . .
Catatan Performanya pun dinilai Cukup Baik dengan 0-100 Km/jam hanya membutuhkan waktu hanya 3,89 Detik,
Sementara Topspeed NR750 mampu mencapai lebih dari 255 Km/jam…
Dan motor ini tak bisa dianggap remeh di sirkuit kala itu.!!
sungguh filosofi yg cerdas.
Cuci mata dulu..
Spoiler for Galery:
oke-oke setelah kita membahas bagian dalam motor unik ini, saat lanjut ke penampilan..
coba agan nilai sendiri.. Jangan Lupa ini lansiran 1992 lhoh.!!
kalo menurut TS sih, ini cakep.! Bodywork NR750 menggunakan Carbon-Fibre alias Serat Karbon yang dipadu dengan Fiberglass & Beberapa Pernik Titanium
Sedangkan Keseluruhan Lekuk Desain Bodynya sangat Seksi, Aduhai dan Pastinya membuat agan Ngiler,
Desain NR750 dengan warna Merah menyalanya pada zamannya sering disebut ”Ferrari Beroda 2 “
And Last
Spoiler for spesifikasi:
Model : Honda NR 750 NR40 RC40
Tahun Pembuatan : 1992
Engine : 4-Tak, Liquid Cooled, 90° V-4 Oval Piston, QOHC, 32 Valve
Kapasitas Silinder : 747.7 cc
Bore x Stroke : 101.2 x 50.6 x 42 mm
Rasio Kompresi : 11.7:1
Penyuplai BBM : Electronic Fuel Injection (PGM-FI) 8x 30mm, 2 Injectors per Silinder
Pengapian : Computer-Controlled Digital (HRC ECU)
Max Power : 125 HP @ 14000 Rpm
Max Torque : 66 N.m @ 11000 Rpm
Transmisi : 6 Kecepatan
Rasio Gear :
1st : 2.666 (40/15)
2nd : 2.125 (34/16)
3rd : 1.777 (32/18)
4th : 1.545 (34/22)
5th : 1.381 (29/21)
6th : 1.381 (29/21)
Frame : Triple-Square Section, Twin-Tube
Alumunium Alloy Beam, Albeit-Titanium Coated
Suspensi Depan : 45mm Inverted Telescopic Fork (Upside Down) Titanium Coated Special Made by Showa
Suspensi Belakang : Alumunium Single-Sided Swingarm (Mono-Arm) Pro-Link, Showa Monoshock
Rem Depan : Dual Cakram Hidrolik 310mm, 4 Piston Calipers
Rem Belakang : Single Cakram Hidrolik 220mm, 2 Piston Caliper
Ban Depan : 130/70 – 16
Ban Belakang : 180/55 – 17
Tinggi Jok : 785 mm
Berat Kosong : 220 kg
Kapasitas Tangki BBM : 17 Litres
Performa 0-100 Km/h : 3,89 Detik
Top Speed : 257.3 km/h
Pesan TS : Honda NR750 Memang bukanlah yang Tercepat, Bukan yang Paling Sempurna, dan Bukan pula yang Terbaik. . .
Namun dari Honda NR Series & NR750 lah kita semua harus belajar makna dari Kerja Keras, Inovasi, Kreatifitas, Passion & Prinsip Hidup kita sebagai Pencinta Dunia Otomotif . . .
Tak perduli apapun Merk atau Brand Pabrikan yang agan Pakai, , , Kerja Keras, Inovasi dan Hal lain diatas haruslah tetap tersemat dalam diri kita sebagai Anak Bangsa yang Kita Cintai Bersama ini, Indonesia. . .
kaga ada cendol yg mampir di trit ini, gpp yg penting gue ganteng..
No Drugs, No Alcohol,Lebih Baik MinumEs Cendols...
Spoiler for sumber:
gallery orang jualan
[url="www.wikipedia.org/wiki/Honda_NR "]wikipedia[/url]
[url]enoanderson.wordpress.com[/url] dengan sedikit perubahan
Spoiler for Komentar Kaskuser:
Quote:
Original Posted By carbon.►Kereeen pke banget gan.....
Ada vdio ny g gan ? Pgn denger raungan mesin nya kya gimana....
Nih gan ane nemu di youtube,
Tp ga ada video race nya,
Kalo ane bilang suaranya khas, ga ada yg nyamain walau ga cetar membahana
Jangan lupa dan
akhirnya kang Eno pun menampakkan diri..
Quote:
Original Posted By eno.anderson►Keren ya gan. . . Sampe testernya MCN mesem-mesem sendiri waktu gaspoll si NR750. . .
Oiya, kabar material Pistonnya pake Duralium ternyata fact lho. . .
woh... baru tahu nih om,
saya taruh di pageone yah..
btw lagi begadang nih om??
Quote:
Original Posted By tiannozawa►WOOWWW QOHC - QUARTET OVERHEAD CAMSAFT
NGELEBIHIN SATRIA-F SAMA NINJA 250 YG MASIH DOHC
diatas langit masih ada langit.!
heran aja pake satria/ninja doang, songongnya minta ampun..
Quote:
Original Posted By jengkol_lover►Wah salah satu motor demenan ane nih.. klo ane ga salah dulu film kamen rider jepang pernah ad yg pake NR tp yg versi 500-nya..
ane demen bgt fairing n spionnya.. soalnya beda sama jamannya waktu itu yg serba kaku. klo buritannya khasnya jaman itu.
ane inget waktu jaman ane SMU taun 2002an pernah nemu ada wali murid dtg k sekolah ane pas ambil raport pake motor berpenampilan NR750 ini. berhubung ane penasaran ya ane samperin.
tp pas liat ke bagian mesin koq kopong. ternyata ditilik lg tu cm motor modif.
aslinya Binter 250
tp sumpah kereenn gan.. lanjutken yg lain donk..
wah nice comment bray.!!
ane taroh pekiwan..
Quote:
Original Posted By e2ic►Maaf gan, saya mau sedikit mengoreksi artikel agan, walaupun Honda NR750 ini punya 32 Valve tati tetap aja istilahnya DOHC (Double Overhead Camshaft) bukan QOHC (Quad Overhead Camshaft) karena cam-nya tetap dua, cuman satu piston pake 8 valve gak seperti spek motor rata-rata yang per pistonnya pake 2 atau 4 valve, btw thread-threadnya keren
oke gan diterima koreksinya, segera saya angkut ke pekiwan..
btw jadi disebutnya DOHC - 8valve gituu??
Diubah oleh eko507 16-05-2014 10:32
blueguy.co.id memberi reputasi
1
81.5K
Kutip
563
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
925.8KThread•93.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Kami menggunakan Cookies untuk Meningkatkan Pengalaman Anda
Dengan terus mengakses situs ini dan mengklik tombol "Terima", Anda menyetujui Kebijakan Cookies kami.