Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

curva.monsezAvatar border
TS
curva.monsez
Bisa mengingat mimpi tunjukkan keaktifan otak
Bisa mengingat mimpi tunjukkan keaktifan otak

Semua orang pasti pernah bermimpi ketika tidur. Namun tak semua orang bisa mengingat mimpi mereka semalam. Biasanya hal ii dianggap hal yang wajar dan tak menunjukkan apapun. Namun penelitian terbaru mengungkap bahwa kemampuan untuk mengingat mimpi menunjukkan aktivitas otak yang lebih aktif.

Penelitian yang dipimpin oleh Perrine Ruby dari Lyon Neuroscience Research Center di Prancis ini menemukan bahwa orang yang mampu mengingat mimpi memiliki otak yang lebih aktif dibandingkan orang yang tak bisa atau sulit mengingat mimpinya. Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan scan otak pada 41 orang ketika tidur, seperti dilansir oleh Web MD (21/02).

Dari keseluruhan partisipan, 21 orang berhasil mengingat lima mimpinya dalam satu minggu, sementara 20 orang hanya bisa mengingat dua mimpi dalam satu minggu. Ketika tertidur dan bangun, orang yang bisa mengingat mimpinya ini memiliki aktivitas otak yang lebih banyak pada bagian prefrontal cortex dan temporo-parietal junction. Kedua bagian itu berkaitan dengan fungsi proses informasi berdasarkan release dari French National Institute of Health and Medical Research (INSERM).

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti yang sama juga menemukan bahwa orang yang mudah mengingat mimpinya mengalami masa yang lemah pada malam hari, sehingga otak mereka lebih reaktif terhadap suara ketika mereka tidur dan terbangun, dibandingkan dengan orang yang sulit mengingat mimpi.

Otak yang lebih aktif juga membuat mereka lebih mudah terbangun saat tidur sehingga kemampuan mereka untuk menyimpan mimpi lebih tinggi daripada mereka yang tak mudah terbangun saat tidur. Peneliti menjelaskan bahwa otak yang tidur dan tidak menunjukkan keaktifan lebih sulit untuk menyimpan informasi. Otak harus terbangun untuk melakukannya.

Peneliti juga menemukan bahwa orang yang mudah mengingat mimpi cenderung memiliki lebih banyak mimpi dibandingkan orang yang kesulitan mengingat mimpi. Apakah Anda termasuk orang yang mudah mengingat mimpi?

SUMBER

Sering banget ane mimpi teringat terus,apa lagi mimpi nya suka terjadi.
Jangan lupa yang seger" gan emoticon-Cendol (S) emoticon-Malu (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S)
0
2.1K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.