Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sudeki123Avatar border
TS
sudeki123
Pentingnya website untuk UKM
Pentingnya website untuk UKM

Saat ini tidak sedikit para pebisnis kecil atau para UKM mengetahui akan potensi website sebenarnya, terkadang mereka hanya menganggap bahwa website adalah media yang sekedar menampilkan informasi dari profile bisnis yang mereka miliki, padahal saat ini website sudah menjadi salah satu alat yang tidak hanya berfungsi sebagai media informasi tetapi sudah berkembang pesat hingga menjadi sebuah media yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk hingga meningkatkan penjualan bisnis.

Di era dimana saat ini jumlah pengguna internet semakin bertambah setiap harinya, maka di bawah ini kami informasikan beberapa alasan mengapa para UKM Harus memiliki sebuah website.

1. Memudahkan Client atau Prospek mengetahui lebih tentang bisnis Anda.

Tidak jarang kita selaku pemilik bisnis akan berhadapan dengan client atau prospek yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai bisnis kita, entah itu pada saat momen seminar, workshop, gathering bisnis atau momen lainnya, dan disaat itulah terkadang informasi yang dapat kita berikan sangat terbatas, oleh sebab itu website dapat menjadi salah satu media yang dapat memberikan informasi lengkap akan bisnis atau produk yang Anda tawarkan.

Alamat website biasanya tersisipi di bagian kartu nama, tidak hanya itu Andapun bisa menginformasikan alamat website baik itu melalui sms, atau sarana pesan lainnya, dan setelah itu biarkan client atau prospek Anda mengakses website yang telah Anda miliki tersebut dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Mudah dan sangat efisien bukan ? dibandingkan jika Anda harus menginformasikan seluruh produk dan layanan yang Anda sediakan dalam bentuk lisan.

2. Lebih mudah melakukan Update dan Lebih Murah dibandingkan versi Cetak.

Jika bisnis Anda mengalami pembaharuan seperti Informasi Bisnis, Produk atau informasi lainnya, maka proses update dapat dilakukan dengan lebih mudah, disamping itu biaya yang akan Anda keluarkan tidak akan semahal jika Anda melakukan proses update melalui versi cetak.

Dengan mengandalkan website, maka Anda bisa memberikan informasi terbaru dengan lebih mudah dan cepat dan bahkan Anda bisa melakukan strategi Press Release akan informasi yang baru saja Anda update dengan lebih mudah.

3. Menyediakan Informasi yang Anda butuhkan untuk Menjawab Semua Pertanyaan Client.

Dengan format website yang bisa dikatakan lebih fleksibel dibandingkan dengan format document, sehingga website dapat menjadi media yang dapat menyediakan tempat untuk memberikan semua informasi akan jawaban dari klien.

Anda bisa membayangkan jika Anda ingin memberikan informasi akan sebuah produk, baik itu berupa gambar atau bahkan informasi dalam bentuk grafis, maka terkadang gambar dari informasi yang akan kita berikan tersebut tidak cukup untuk dimasukan ke dalam format document hingga bahkan ke dalam proses cetak, beda halnya jika Anda menampilkannya dalam bentuk website, maka informasi tersebut dapat ditampilkan dengan lebih mudah karena adanya fasilitas “Scroll” yang dapat memintahkan halaman lebih panjang ke samping atau bahkan ke bawah untuk menampung informasi yang terbilang cukup panjang.

4. Membuat Bisnis Anda terlihat lebih Profesional.

Sebuah website dapat menjadi media yang dapat membantu bisnis Anda terlihat lebih professional pada pandangan pertama, hal itu disebabkan karena dengan potensi internet dan website saat ini sehingga dapat memudahkan calon klien Anda untuk lebih mudah mendapatkan akan informasi bisnis yang Anda miliki.

Jika klien Anda bisa mendapatkan informasi yang mereka cari pada halaman website Anda dan merasa nyaman baik itu karena tampilan website dan halaman yang attractive, maka Anda akan memberikan nilai lebih terhadap klien dan klien akan menganggap Anda lebih professional.

5. Website dapat Membantu menemukan klien Baru.

Seberapa luas website dapat membantu menemukan klien baru Anda ? jawabannya sangat luas sekali, perlu diingat bahwa saat ini internet digunakan oleh lebih dari seluruh orang di Indonesia dan bahkan di seluruh dunia, setiap tahunnya jumlah pengguna internet semakin bertambah, dengan potensi website maka Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan klien baru dengan jangkauan yang lebih luas.

Saat ini tersedia berbagai macam metode pemasaran online yang mensyaratkan kita untuk memiliki sebuah website, seperti Search Engine Optimization, dengan optimalnya website Anda pada mesin pencari seperti Google, Yahoo atau Bing, maka akan sangat mudah bagi calon klien baru menemukan website Anda, dan mendapatkan informasi yang Anda tawarkan di dalamnya, jangan lupa sisipkan data kontak bisnis Anda di dalam website yang Anda miliki tersebut, karena dengan begitu maka ketika calon klien berminat dengan apa yang Anda tawarkan, mereka dapat langsung menghubungi Anda dengan segera.

6. Website sebagai media pencapaian Target.

Fungsi website saat ini tidak hanya sebagai media penyalur informasi tetapi saat ini sudah berevolusi menjadi media yang dapat pula membantu Anda dalam mencapai target usaha, seperti contoh, website dapat dijadikan sebagai media jual beli melalui fasilitas shopping cart atau check out, disamping itu website dapat dijadikan media untuk mengumpulkan data prospek atau klien Anda, bisa juga dijadikan media untuk mengedukasi calon klien Anda melalui halaman artikel dan masih banyak fungsi-fungsi lainnya.

Jika saat ini bisnis Anda focus pada peningkatan penjualan produk atau jasa, maka website dapat menjadi salah satu media luar biasa untuk meningkatkan target penjualan tersebut dan bahkan saat ini tidak sedikit mereka yang sudah sedikit demi sedikit meninggalkan strategi promosi tradisional dan kemudian berpindah ke proses promosi online, hal itu disebabkan karena jangkauan penjualan yang dapat dilakukan dengan lebih luas dan lebih murah.

Itulah beberapa fungsi website untuk UKM, nantikan artikel-artikel dari kami selanjutnya. emoticon-Smilie

sumber :

[URL="http://www.CyberLabs.asia "]http://www.CyberLabs.asia [/URL]
Business Online Consultant
Diubah oleh sudeki123 23-12-2013 07:29
0
1.5K
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UKM
UKMKASKUS Official
14.8KThread3.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.