Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

buntalutaraAvatar border
TS
buntalutara
CARA BEDA NIKMATIN LIBURAN DI JOGJA
CARA BEDA NIKMATIN LIBURAN DI JOGJA



Jogja memang kotanya tempat berlibur..
Tapi msh byk org hanya mlakukan hal yg ane angap biasa di jogja, misal pergi foto di tugu, belanja di malioboro, main ke pantai parangtritis..


Itu mah biasa banget...
Mari kita bahas gimana si menikmati liburan di jogja ala saya....
Di jamin hemat dan sesuatu yg berbeda...


1. Pergi menikmati matahari tengelam dan terbit di BEKAH

Mungkin belum banyak yg tau apa sih BEKAH itu, ???
Bekah mrpkan tebing karang di selatan jogjakarta. Memang rute perjalanan ke sana berat, tapi akan terbayar jika sudah sampai sana dengan melihat hamparan laut membentang sepanjang mata memandang...
Gak usah takut sepanjang sisi jurang sudah di pagari dengan batu2 yg disemen kok...
Agan2 bisa menikmati sunset dan sunrise sekaligus camping di sana... ada 2 sisi yg bisa kita nikmati, sisi 1 adalah bagian barat yaitu ada sebuah rumah panggung kayu milik Bpk, Narko YKPN.... kita bisa numpang di sana.
Atau di sisi barat ada kompleks resort sedrhana milik Bpk, Bambang...
Asal kita sopan dan jaga kebersihan gak ada yg ngelarang buat kita menumpang di sana....
Sebenarnya gubuk2 tersebut di rancang buat para pemancing, tapi gak ada salahnya juga yg mau liat pemandangan numpang di sana...
Pemandu : SUTAR (pacing) mau cari sutar gampang. Sampai di desa temon kita akan menemui 1 warung di kiri jalan dkt per3an tanya aja di sana.. ( tarif biasanya 100-200rb utk 1 rombongan ) bisa minta tolong masakin skalian lsg di lokasi juga... kalau pas musim jagung atau ubi kita bisa reques buatin api unggun buat bakar2an..
-- panduan arah : dari pantai parangteritis terus ke timur, nanjak sampai ada per3an sdn nanasan. Masuk ke kanan ikutin jalan lintas selatan ke arah timur melewati 3 desa. Nanti ada gapura desa KARANGNONGKO masuk aja sampai ada tanjakan kuburan terus ikutin jalan ketemu gapura lagi DESA TEMON terus aja... Cuma ada 1 jln itu.. (-+ 5km jalan berbatu, bs dilewati motor/mobil)

Spoiler for bekah:


2. Makan ikan di Pantai SADENG

Pantai sadeng letaknya -+120km dr kota jogja. ane biasa membutuhkan waktu 2,3 – 3 jam utk sampai ke tujuan.
Memang jauh, tp ane sgt menikmati perjalanan sembari mencuci paru2 dengan udara yg bersih.
Tujuan utama ke sana adalah pada saat musim ikan tuna biasanya bulan2 juni-september. Bisa blanja ikan lsg di TPI atau kita bisa juga mampir hanya sekedar makan di warung...
Ikannya seger bgt 100% frees, tanpa bahan kimia dan formalin

Spoiler for sadeng:



3. Berburu buah di Kebun Buah MANGUNAN

Kebun Buah mangunan ada di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasi ini berjarak sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul dan 35 km dari pusat Kota Yogyakarta. Lokasi ini mulai dibangun oleh Permerintah Kabupaten Bantul pada Tahun 2003 di atas seluas 23,3415 hektar pada ketinggian 150-200m diatas permukaan laut. Titik ketinggian tersebut membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan pegunungan seribu.
Kita bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dari Kebun Buah Mangunan yaitu Pantai Parangritis pada bagian selatan, pemandangan Kota Bantul yang berada di bagian barat serta keelokan sungai oyo yang sangat curam. Banyak populasi monyet yang juga terdapat di lokasi ini yang dapat menjadi salah satu potensi wisata.
Potensi wisata yang bisa dilakukan wisatawan di sini adalah mengamati berbagai macam buah-buahan yang ditata dengan apik sesuai dengan kondisi kemiringan bukit mangunan antara lain durian, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, duku, serta manggis. Di samping itu terdapat pula buah-buahan lain yang jumlahnya relatif sedikit seperti matoa, kelengkeng, jambu biji, cempedak dan belimbing. Untuk menambah kesejukan selain tanaman buah-buahan terdapat pula tanaman jati, king grass, pagar hidup berupa salak, magium dan pinus.
Fasilitas yang dimiliki oleh kawasan wisata ini antara lain Penginapan/homestay, Gedung Pertemuan, Kolam Renang, serta Kantor Managemen. Lokasi ini merupakan potensi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten bantul sebagaimana yang tertulis di arsip wisata Kabupaten Bantul Yogyakarta.
Untuk di area bawah, Kebun Buah Mangunan memiliki fasilitas cukup beragam melakukan kegiatan luar ruang seperti, aula besar (300 orang), aula sedang (100 orang), pendopo (2 tempat), gazebo, joglo, mushola, area kemah (3 tempat) kolam pemancingan (1 tempat), kolam renang anak-anak (2 pool), area outbond, sarana outbond (flying fox, reflying, dll), pondok inap (2 pondok), kamar mandi, parkir luas, kebun aneka buah, peternakan, camping ground 1 Ha dan Arena bermain anak.
Untuk menikmati wahana flora dan fauna Kebun Buah Mangunan memiliki beberapa koleksi tanaman buah: Durian 1500 pohon, Jambu air 300 pohon, Jeruk 220 pohon, Mangga 950 pohon, 200 aneka tanaman buah-buahan dan Ternak sapi 40 ekor.Bagi penggemar sepeda gunung, dua lintasan trek turut melengkapi keberadaan obyek wisata ini. Lintasan pertama sepanjang 2.300 m khusus untuk downhill dan lintasan kedua sepanjang 3.800 m untuk kelas cross country

Spoiler for mangunan:



4. Belanja Batik tulis lsg di pusatnya GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI

Seiring perkembangan zaman, budaya batik tulis semakin terkikis karena semakin murahnya batik yang datang dari luar negeri dan semakin berkembangnya batik cetak yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan batik secara cepat.

Akan tetapi ada satu desa di Yogyakarta yang sampai saat ini melestarikan batik khususnya batik tulis. Desa ini adalah Desa Giriloyo yang terletak di dekat Pemakaman Raja Jogja Imogiri Bantul.
Di Desa Giriloyo Bantul ini kita bisa menemukan hampir di setiap rumah menjual batik tulis dan di kala senggang mereka membatik di depan rumahnya.

Memang untuk menjaga warisan budaya itu tidak mudah, karena harus ada regenerasi dan kaum muda yang harus peduli. Di Desa Giriloyo ini saya banyak melihat anak gadis ikut membatik. Kadang kaum laki-laki juga terlihat ikut membatik. Biasanya anak gadis tertarik mencanting (teknik pembuatan batik) karena melihat ibu dan neneknya yang sedang asyik membatik.

Buat yang ingin melihat proses pembuatan batik tulis, datanglah ke Desa Giriloyo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.
Harga kain batik di giriloyo berkisar :
Batik tulis / cap kombinasi pewarna alam : 300rb sd 5jt
Batik tulis / cap kombinasi pewarna sintetik : 150 rb sd 1,5jt

Ancer2 lokasi : dari per4an ringroad Giwangan ke selatan, sampai ketemu jembatan opak ( dr besi yg plg panjang ), liat kiri jln ada belokan ke kiri, tp jgn ambil yg per1 ambil yg ke2 ( berdekatan) masuk kiri lurus terus sampai ada per3an, lurus lg begitu ngelewatin masjid di kiri jalan berarti sudah sampai... tgl terus naik aja di kanan dan kiri jalan dah banyak tempat2 batiknya.

Spoiler for giriloyo:


5. Makan Gudek Pedes di Warung Mbah Marto, sewon bantul

Sebut aja mbah marto, mrpkan pemilik usaha gudek ini...
Umurnya sudah kepala 8, tp msh aja semangat jualan. Memang agak sulit untuk menemukan lokasi gudek mbah marto ini apa lagi yg bkn asli jogja....
Dapur Mbah Marto adalah ‘markas’ dari sejumlah mangut lele dan beberapa kuliner lain. Ada gudeg daun pepaya, ayam, telur, tahu, tempe, garang asem, dan sambal krecek. Sistem pelayanannya adalahself-service, silakan ambil apa yang ada di dapur
Untuk rincian harganya per Januari 2014 adalah sebagai berikut:
1. Gudeg Daun Pepaya: Dianggap sebagai pelengkap nasi sayur
2. Tempe, Tahu: Dianggap sebagai pelengkap nasi sayur
3. Sambal Krecek: Dianggap sebagai pelengkap nasi sayur
4. Nasi Sayur: Rp 4.000
5. Mangut Lele (Nggeneng): Rp 8.000
6. Garang Asem: Rp 6.000
7. Ceker: Rp 500
8. Ayamn potong: Rp 5.000
9. Ayam kampung :rp.10.000-15.000 liat ukurannya (gending / mentok)
10. Hati: Rp 8.000
11. Kerupuk: Rp 500
12. Es Teh / jeruk, Teh / jeruk Panas: Rp 2.000

Ancer2 : per4an ringroad jln paris terus ke selatan, sampai ketemu kampus ISI YOGYAKARTA di kiri jalan, terus aja kira2 300m setelah kampus isi ada per3an ke kanan, masuk, jalan agak nikung trus ketemu per3an pertama abis tikungan ambil kiri. Ada kuburan ambil kiri lagi, ketemu per3an ambil kanan, nah 20m dr per3an itu masuk ke kiri sampe deh.... selamat mencoba

Spoiler for gudek:


sumber2:
Spoiler for sumber:



<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<BOLEH KOMEN TAPI NO SARA>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

JIKA BERKENAN BOLEH DONG KASIH

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


TS JUGA GAK NOLAK YG BEGINIAN

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)



TAMBAHAN :
bagi yg mau ke BEKAH silahkan kunjungi :
“BEKAH” hidden Paradise in JOGJA (travelling guide edition)

Link :
http://www.kaskus.co.id/post/52f8b54...cb17142c8b4930
Diubah oleh buntalutara 10-02-2014 11:23
0
6.7K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.