Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sugalicellAvatar border
TS
sugalicell
Pemangsa unik
Kalian pasti pernah mendengar nama tumbuhan “Kantong Semar”, tanaman genus Nephentes ini merupakan salah satu anggota tanaman karnivora yang paling terkenal. Memiliki bagian tubuh seperti kantong atau periuk memungkinkan tanaman ini untuk menjebak mangsanya yang berupa serangga, burung kecil, mamalia seperti tikus kecil dan kelelawar.



Habitat tanaman ini di Indonesia adalah di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Tanaman ini tumbuh di daerah yang miskin unsur hara, oleh karena itu tanaman ini memperoleh nutrisi yang dibutuhkan dari hewan yang berhasil masuk perangkap. Sebenarnya Tuhan telah memberi perlengkapan apa saja sih untuk si kantong semar sehingga bisa menjebak dan mencerna mangsanya. Simak yuk ulasan berikut ini mengenai senjata-senjata yang telah diberikan Tuhan untuk si kantong semar; 1. Warna kantong cerah dan bermotif indah Kantong semar memiliki corak motif yang bervariasi dengan warna-warna cerah yang akan menarik mangsa, misal serangga untuk mendekat. Suatu penelitian di India oleh Dr. Sabulal Baby menunjukkan bahwa bibir kantong semar memancarkan warna biru menyala ketika diuji menggunakan sinar UV. Pancaran warna biru menyala ini dapat terlihat oleh sebagian besar serangga, namun tak dapat dilihat oleh manusia. Pancaran warna biru menyala inilah yang digunakan oleh kantong semar sebagai senjata yang menarik mangsa, khususnya pada malam hari.

2. Kelenjar nectar Kantong semar memiliki kelenjar nectar yang terletak pada bagian dinding luar kantong, bagian bawah tutup kantong dan bagian dalam bibir kantong. Kelenjar nectar ini akan menghasilkan cairan yang rasanya manis dan digunakan sebagai senjata untuk menarik mangsa agar lebih dekat. 3. Bibir kantong yang licin Bibir kantong semar memiliki permukaan yang strukturnya beralur sempit. Alur-alur sempit ini akan dibasahi oleh cairan nectar maupun air. Itulah sebabnya jika ada mangsa yang hinggap atau menempel di atas permukaan bibir kantong, mangsa tersebut akan tergelincir masuk ke dalam kantong.












Foto Lengkap

[CENTER]Di rate ya gan. emoticon-Rate 5 Star Thanks. emoticon-Kiss

Sumber: 5 Senjata Kantong Semar Untuk Menjebak Mangsa




0
4.5K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.