Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • PC Games
  • [Pokemon Games] Guide For Pokemon Competitive Battles! [+Download Links]

MechaRogueXAvatar border
TS
MechaRogueX
[Pokemon Games] Guide For Pokemon Competitive Battles! [+Download Links]
Quote:


[Pokemon Games] Guide For Pokemon Competitive Battles! [+Download Links]


Pokemon Advanced Training:
Let's Make A Perfect Team!

Quote:

Perhatian:Guide ini ada untuk mempersiapkan Pokemonmu untuk battle... Tidak cuma battle vs NPC di game, tapi juga competitive battle vs trainer lain!


1. BASE STATS
Base stats merupakan penentu pertumbuhan stats pada Pokemon. Untuk bertarung di level tinggi, hendaknya base stats Pokemonmu minimal 470 (tidak harus merata ke-6 stats nya, namun sangat besar di stat tertentu, misal Attack dan Speed tinggi, namun lainnya rendah). Pasti bosan kan menggunakan Pokemon legendaris? Gak harus yang legendaris, kok. Cukup dengan memanfaatkan potensi Pokemon lainnya dan kemampuannya, ia pun dapat jauh melebihi legendaries!

Tidak semua Pokemon yang memiliki base stat di bawah 600 seperti Pokemon naga (pseudo-legendaries) ke atas itu payah! Misal:

[Pokemon Games] Guide For Pokemon Competitive Battles! [+Download Links]
Shuckle
HP: 20
Attack: 10
Defense: 230
Sp. Atk: 10
Sp. Def: 230
Speed: 5
Total: 505

Staraptor
[Pokemon Games] Guide For Pokemon Competitive Battles! [+Download Links]
HP: 85
Attack: 120
Defense: 70
Sp. Atk: 50
Sp. Def: 60
Speed: 100
Total: 475


Lihatlah stats yang berwarna merah! Dengan memanfaatkan stats mereka yang sangat menonjol itu, mereka dapat menjadi Pokemon paling berbahaya dalam tim!

2. ABILITIES
Ability merupakan kemampuan unik yang dimiliki setiap Pokemon yang berguna baik di dalam ataupun di luar battle. Ability bisa menutupi kekurangan yang ada pada Pokemon, bisa juga menutupi kelebihan (merugikan Pokemon)

Misal, yang menguntungkan dan merugikan yang sangat kita kenal:

[Pokemon Games] Guide For Pokemon Competitive Battles! [+Download Links]
Shedinja
Ability: Wonder Guard
Menerima damage hanya oleh super effective moves, abnormal status, dan weather.
Menguntungkan? Ya, menutupi kekurangan Shedinja yang hanya memiliki 1 HP.

[Pokemon Games] Guide For Pokemon Competitive Battles! [+Download Links]
Slaking
Ability: Truant
Hanya bisa melakukan move 1 kali dalam 2 turns.
Rugi banget, padahal stats Slaking gede!


Well, ada ability yang menguntungkan lainnya yang sering dimanfaatkan para trainers, misal Chlorophylldan Swift Swim yang menambah Speed stat saat weather sunny dan rainy.

3. NATURE
Nature dapat mempengaruhi pertumbuhan stats pada Pokemon. Nature akan:

Menambah 10% pada 1 stat dan mengurangi 10% stat lain
atau
Tidak memberi pengaruh sama sekali


Berikut adalah tabel nature pada Pokemon:
[Pokemon Games] Guide For Pokemon Competitive Battles! [+Download Links]


Jadi saat mendapatkan, menetaskan telur, atau menangkap Pokemon, lihat nature-nya. Jika nature-nya sesuai dengan statsnya yang menonjol, pilihlah dan latihlah Pokemon itu di dalam tim. Hal ini biasa ane lakukan saat menangkap Pokemon legendaris. Jika nature-nya jelek, ane akan load game lagi sampai dapat Pokemon legendaris yang nature-nya bagus.

4. EFFORT VALUE (EV)
Effort value atau effort points merupakan exp point yang tidak terlihat dan bisa dikatakan sebagai exp stats, bukan exp level. Semakin banyak EV yang didapatkan oleh Pokemon di Attack stat, semakin besar pula pertumbuhan Attack-nya saat level-up... begitu juga dengan stats lainnya. EV didapatkan dari setiap Pokemon yang agan kalahkan. Misalnya Mewtwo memberi 3 Sp. Atk EV, Venusaur 2 Sp. Atk dan 1 Sp. Def, dll. Masih gak ngerti? Coba liat contoh hasil latihan EV di gambar ini:

[Pokemon Games] Guide For Pokemon Competitive Battles! [+Download Links]

Sp. Atk +53? Speed +48? What the hell?! Ya, itulah hasil EV training!! Dengan begini, stats maksimal pada Pokemon tersebut akan diperoleh! emoticon-Big Grin
Singkatnya, EV yang bisa didapatkan satu Pokemon adalah 510, dengan maksimum 255 point tiap statsnya. Namun karena pertambahan stats rumusnya kelipatan 4 (cari sendiri rumusnya), max stat growth didapatkan dengan 252 poin pada stat 1, 252 point pada stat 2, dan 4 point pada stat 3! Contohnya, untuk Mewtwo ini... EV nya adalah 252 Sp. Atk, 252 Speed, dan 4 HP. Di Lv.100, dia akan menjadi unstoppable! Dipastikan Sp. Atk nya lebih dari 400.

Jika agan salah menaikkan EV (misalnya harusnya Attack dan tidak sengaja Defense juga bertambah), agan bisa turunkan EV yang salah itu dengan beberapa berry. Itu bisa di-search di Google, liat aja sendiri emoticon-Big Grin

5. INDIVIDUAL VALUES (IV)
IV merupakan tambahan stats pada tiap Pokemon, berkisar antara 0 hingga 31. Karena ada 6 jenis stat, max IV yang dapat dimiliki Pokemon adalah 186. Sangat sulit menemukan Pokemon dengan IV 186, karena itu artinya Pokemon itu "sempurna" dengan memiliki +31 poin untuk semua stat-nya. IV ini tidak didapatkan, tidak bisa ditambah atau dikurangi, dan dimiliki semua Pokemon sejak lahir atau didapatkan. Ini bisa dikatakan sebagai potensial seekor Pokemon. Karakteristik Pokemon pada saat agan melihat summary Pokemon agan menunjukkan stat Pokemon yang IVnya paling tinggi. Berikut adalah jabarannya:

[Pokemon Games] Guide For Pokemon Competitive Battles! [+Download Links]


Untuk melihat IV Pokemon mu banyak atau tidak, di game Diamond, Pearl, dan Platinum (gen IV) agan bisa menemui Stats Judge yang ada di Batte Tower (Battle Tower dapat diakses setelah agan melalui Pokemon League). Ia akan memberi tahu stat mana yang IVnya paling tinggi, jumlahnya atau tidak, dan jumlah IV secara keseluruhan. Ini adalah NPC Stats Judge di game DPPt:

[Pokemon Games] Guide For Pokemon Competitive Battles! [+Download Links]


Dan inilah arti untuk setiap responnya!

IV Total
Decent: 0 to 90
Above Average: 91 to 120
Relatively Superior: 121 to 150
Outstanding: 151 to 186

Highest IV
Rather Decent: 0 to 15
Very Good: 16 to 25
Fantastic: 26 to 30
Can't Be Better: 31

Usahakan Pokemon mu minimal mendapat "relatively superior" dan "fantastic"!

6. HELD ITEMS
Held item merupakan barang yang bisa dipegang atau dibawa oleh setiap Pokemon untuk digunakan di dalam pertarungan. Ada juga yang berguna untuk evolusi. Namun yang dibahas di sini adalah held items for battle! Dan ini adalah sugesti item yang menurut ane baik untuk Pokemon kalian:
  • Untuk yang attacknya tinggi, gunakan Choice Band (+Atk 50%, 1 move only can be used during battle) / Choice Scarf (+Speed 50%, 1 move only can be used during battle)
  • Untuk yang special attacknya tinggi, gunakan Choice Specs (+Sp. Atk 50%, 1 move only can be used during battle) / Choice Scarf
  • Untuk yang HP atau defense dan special defense-nya tinggi, gunakan Leftovers (+1/16 HP tiap turn)
  • Untuk yang besar Atk dan Sp. Atk nya, gunakan Life Orb (Moves power+ 30%, -1/8 HP tiap turn)
  • Untuk yang biasanya pakai stat boosting moves (misal Shell Smash, Swords Dance atau Nasty Plot), pakai Focus Sash (Jika saat HP full diserang dan seharusnya faint, tidak jadi faint dan sisa 1 HP)


Dengan held item yang benar, agan bisa mengalahkan lawan-lawan agan dengan mudah emoticon-Big Grin

7. MOVES
Moves yang dipilih untuk tiap Pokemon harus benar. Itu harus sesuai dengan potensi stat yang dimiliki tiap Pokemon. Apabila Pokemon itu Sp. Atk nya tinggi gunakan special moves, apabila Attacknya tinggi gunakan physical moves. Apabila kedua defensenya tinggi, gunakan abnormal-status-inflicting moves (misal Toxic, Will-O-Wisp, dll)

Untuk move typenya, usahakan menggunakan yang sama dengan type dari Pokemon mu. Dengan begitu, move power nya meningkat 50%. Ini disebut STAB (Same Type Attack Boost). Misal seekor Dragonite memiliki serangan Giga Impact (Power 150) dan Outrage (Power 120). Apakah serangan Giga Impact akan lebih besar dari Outrage? Tidak! Base Power Outrage 120, tapi saat digunakan akan menjadi 180 karena tipenya sama dengan Dragonite tersebut, yaitu Dragon-type.

Contohnya Lapras ane yang udah ane upload di Youtube! It's a physical sweeper! Emang lama sih, tapi dia ngalahin semua Pokemon dari Champion Cynthia, dengan levelnya yang lebih rendah dari semua Pokemon musuh... sendirian!! Gak pake potion sama sekali, cuma pake Rest emoticon-Big Grin



Info Pokemon ane:
[Pokemon Games] Guide For Pokemon Competitive Battles! [+Download Links]
Nama: Dragoness
Gender: Male
Level: 73
Held Item: Leftovers
EV: 252 Atk, 252 HP, 4 Sp. Def
Nature: Adamant
IV: Relatively Superior
Moves: Ice Shard, Curse, Waterfall, Rest

BONUS TAMBAHAN!
Agan bisa nge-troll-in musuh dengan ngalahin Pokemon legendaris hanya pake Pokemon level kecil atau BAHKAN seekor MAGIKARP saja (asalkan itu magikarp punya move flail). Ini caranya:

1. Endeavor bersama Donphan lv 1
Jadi gini:

Donphan
Level: 1
Ability: Sturdy (ga akan bisa di one-hit KO oleh move apapun dan sisa 1 HP, persis focus sash)
Item: Shell Bell (karena udah ada Sturdy pake ini: recover HP berdasarkan damage kamu ke musuh)
Move: Endeavor, Ice Shard

Cara Main:
Kalo musuh ga sadar trik agan, dia pasti nyerang pake Pokemon-nya. Karena Pokemon dia Lv 100, pasti dia nyerang duluan dan HP Donphan Lv 1 agan yang cuma 20-an pasti sisa 1. Lalu agan pake endeavor ke musuh itu, otomatis HP sisa 1 juga. PAS AGAN PAKE ENDEAVOR, DENGAN SHELL BELL HP DONPHAN MU PENUH LAGI untuk menghabisi musuh berikutnya. Lalu, habisi musuh yang HP 1 itu pake ICE SHARD. Kalo bisa sebelum ngeluarin Pokemon ini agan bisa pake SANDSTORM sebagai pengganti Ice Shard. Gitu2 aja sampe musuh terakhir, udah 100% menang kalo dia gak poison-in agan atau pake Hail. Paling nggak susahnya kalo musuhnya pake Skarmory (imun sandstorm) yang biasanya pake Leftovers emoticon-Big Grin

2. Sweeping with "The Almighty" Magikarp
Ini pake cara stat boost yang di-baton pass-kan ke Magikarp. Pake Magikarp Lv 100 aja gan. Jadi gini:

Magikarp
Level: 100
Ability: Swift Swim
Held Item: Focus Sash (wajib)
Move: Flail (power makin gede kalo HP sekarat. Power 200 kalo HP 1!), lainnya terserah

Mainnya agak ribet, tapi cara ini bisa digunain untuk Pokemon apapun. Agan cuma perlu naikin serangan dan kecepatan pake Pokemon agan yang lain, terus pakai baton pass untuk ganti ke Pokemon lain (efek baton pass: ganti ke Pokemon lain, namun Pokemon itu akan memiliki status change yang sama seperti Pokemon sebelumnya). Jadi untuk Magikarp ini begini:

1. SMEARGLE:Pertama keluarin Smeargle yang punya move Spore, Baton Pass dan Belly Drum (HP -50%, attack max). Buat musuh tidur dengan Spore, lalu gunakan belly drum, setelah itu secepatnya langsung baton pass ke Ninjask (Ninjask udah punya max attack).

2. NINJASK: Ability Ninjask, Speed Boost akan menambah Speed tiap turn. Ninjask ini harus punya minimal Protect dan Baton Pass, item held Focus Sash (jaga2 kalo musuh keburu bangun). Pas Ninjask keluar, langsung pake Agility kalo dia punya move nya atau Rain Dance. Pas musuh bangun pake Protect aja. Dengan begitu, Speed-mu udah bertambah 2 level-4 level (4 kalo agan dah pake Rain Dance, kan ability Magikarp 2x speed pas rainy). Kalo musuh sempet nyerang Pokemon agan, langsung baton pass aja ke Magikarp. Kalo Pokemon musuh punya priority attack (kayak mach punch atau bullet punch atau extremespeed) pas musuhnya tidur secepatnya baton pass, karena move itu bakal nge-hit Ninjask duluan sebelum dia baton pass, hati-hati! Jadi sekarang, baton pass ke Magikarp. Magikarp udah punya max attack dan (hampir) max speed, tinggal sweep!

3. MAGIKARP: Pakai Flail untuk ngalahin musuh! Musuh punya serangan gede? Justru itu yang dinanti-nanti emoticon-Big Grin HP mu bakal jadi 1 dan power Flail jadi 200. Makin sakit untuk musuh! Counter trik ini hanyalah priority move emoticon-Big Grin

Contoh Penampakan Nyata:



Thread ini gak cuma sampai sini gan!
Masih banyak agan-agan trainer lain yang bikin guide2 lanjutan di comment2 bawah, jadi cekidot! emoticon-Big Grin

Numpang share juga salah satu battle ane lawan orang, antara menang kalah emoticon-Big GrinIni linknya: http://replay.pokemonshowdown.com/ou-74581393

Nama ane Red McKnight, hampir kalah tapi berkat destiny bond Gengar ane menang emoticon-Big Grin

Dan ini penampakan Lapras build ane di competitive battle super tanker:
http://replay.pokemonshowdown.com/ou-74742214
http://replay.pokemonshowdown.com/ou-78409663

Berkat Lapras tanker, yang tadinya hampir kalah malah jadi menang gan emoticon-Big Grin

Quote:


Quote:
Diubah oleh MechaRogueX 17-01-2014 12:24
0
22.3K
55
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
PC Games
PC GamesKASKUS Official
11.2KThread6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.