• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Agan Sering Bingung dengan Tujuan Hidup Agan? Ayo Temukan Tujuan Hidup Agan

MiniPrimoAvatar border
TS
MiniPrimo
Agan Sering Bingung dengan Tujuan Hidup Agan? Ayo Temukan Tujuan Hidup Agan






Quote:






Perjelas ‘Core Values’ Anda

Seiring bertambahnya usia dan berlalunya waktu, pastilah Anda akan mengalami perkembangan diri dan mempunyai lebih banyak tanggung jawab, komitmen, lingkaran pertemanan sosial, begitupula dalam jaringan professional Anda. Dari hari ke hari Anda bisa mengetahui nilai-nilai spesifik atau sesuatu yang spesial dalam diri Anda. Bila Anda masih bingung bagaimana menilik ke dalam kemudian mengidentifikasi lebih jelas spesialisasi dalam diri Anda, maka Anda bisa melakukan dengan cara mengisi lembar pertanyaan untuk mengetahui nilai-nilai inti dalam diri Anda.

Pahami Tipe Kepribadian Anda

Setiap orang mempunyai kekuatan dan kelemahan diri yang berbeda-beda. Dari perbedaan ini akan tampak keunikan karakter masing-masing orang. Ketika kita tahu siapa diri kita maka akan lebih mudah bagi kita menempatkan posisi dalam lingkungan sosial maupun jaringan profesional. Kita lebih tahu apa saja potensi sejati diri kita yang membedakan kita dengan orang lain. Berikan kontribusi terbaik Anda sesuai tipe kepribadian Anda dengan rasa percaya diri sehingga Anda akan mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk orang lain dan lingkungan sekitar Anda. Alhasil akan tampak di depan Anda jalan lurus membentang berdasarkan tujuan hidup anda.

Lakukan Refleksi Diri

Meluangkan waktu khusus agar bisa melakukan refleksi diri merupakan salah satu cara untuk mengetahui tujuan hidup anda. Lakukan cara dengan yang santai, misal berjalan-jalan di taman atau pantai, minum kopi di teras depan rumah atau makan siang sendirian di restoran favorit Anda. Kemudian berikanlah kesempatan bagi diri Anda untuk mendengar suara hati Anda yang terdalam, Apa saja yang anda cari selama ini di dunia? Sudahkah Anda memberikan kontribusi bermanfaat untuk orang-orang terdekat yang anda cintai, bahkan orang-orang yang anda belum kenal sekalipun? Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk lingkungan sekitar Anda agar lebih baik lagi? Eksplorasi lebih dalam pertanyaan-pertanyaan serupa dan temukan jawabannya oleh Anda sendiri.

Tahan Diri Agar Tidak Sok Tahu

Terkadang kita menghadapi permasalahan yang kita anggap buruk bagi kita, padahal di sebaliknya terdapat kebaikan untuk kita. Adakalanya kita tergesa-gesa menilai sesuatu itu baik dan sesuatu itu buruk tanpa memikirkan lebih jernih esensi apa yang sebenarnya terkandung dalam permasalahan tersebut. Hidup tidak selamanya hitam, pun tidak selamanya putih. Maka dari itu ada waktunya bagi Anda untuk menahan diri agar tidak sok tahu dalam menilai suatu kejadian atau saat menghadapi segala permasalahan dalam kehidupan. Berkonsultasilah dan mintalah pertolongan Tuhan agar ditunjukkan jalan keluar terbaik menurut-Nya terhadap setiap permasalahan yang sedang Anda hadapi. Anda mungkin akan terkejut saat Anda meminta saran dari orang lain ternyata jawaban yang anda cari sudah ada dalam diri Anda. Inilah salah satu bagian dari menemukan tujuan hidup Anda, selalu dekat dengan Tuhan yang menciptakan Anda dan Dia pulalah yang membimbing Anda menemukan tujuan hidup.

Mengalirlah

Hidup ini berjalan dengan irama yang dinamis. Adakalanya kita membiarkan suatu hal dalam kehidupan itu terungkap begitu saja dengan mudah. Tidak ada aturan yang terlalu mengekang diri Anda, begitupula yang terlalu membebaskan Anda. Mengalirlah dengan niat dan hati yang tulus sehingga Anda akan dimudahkan dalam menemukan tujuan hidup Anda yang sejati.

Cintai Diri Anda Terlebih Dahulu

Mencintai diri anda lebih dahulu bukan berarti menjadi egois sehingga melupakan cinta dan kasih sayang untuk orang lain. Hal ini merupakan cara untuk memandang diri kita sendiri sebelum kita melihat lebih jauh diri orang lain. Kita harus terlebih dahulu menemukan cinta dalam diri kita sendiri sebelum mengharapkan cinta dari orang lain. Kita tidak akan dapat memberikan cinta yang tulus pada orang yang kita cintai bila kita belum menyadari kekuatan cinta sejati dalam diri kita. Maka cintailah diri Anda sebaik-baiknya sebagaimana Anda mencintai orang lain. Bagian ini termasuk cara ampuh untuk menemukan tujuan hidup Anda yang sejati.





Kalau berkenan Bagi






MiniPrimo






Quote:



Diubah oleh MiniPrimo 03-03-2014 04:36
0
5.9K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.