Kaskus

Entertainment

ghetexlmpAvatar border
TS
ghetexlmp
Trik-trik di awal Pernikahan
Selamat siang agan-agan semua..

Mau berbagi postingan ane di blog pribadi ane.. because nih bener-bener murni tulisan ane, jadi dijamin kagak repost gan...emoticon-Kiss

Buat yang punya masukan atau pengalaman diawal-awal berumah tangganya, silahkan dikomen gan,ntar ane taro di page one kalo OK..

Spoiler for Sumber:



"Begini ini nasib penulis gak jelas, giliran punya ide nulis aja, rasanya kaya aer ujan gak berenti-berenti.
Giliran gak punya ide, bener-bener gak ada yang bisa ditulisin. Dan sayangnya, waktu gak punya ide buat nulisnya jauuhh lebih panjang dibanding waktu punya ide buat nulisnya..~___~

Oke, kali ini gw mau nulisin tentang curhatan beberapa temen gw yang udah berumah tangga. Berhubung gw gak tulis nama lengkap ataupun inisialnya, jadi gw bukan termasuk ngebuka aib orang laen. Tulisan gw ini murni buat pembelajaran gw dan juga pembaca, jikalau ada yang mengalami nasib sama.
Dua temen gw ini cewe semua, udah berkeluarga semua, dan baru aja punya anak semua. Dan, masalah yang dihadapin juga sama, yaitu sama-sama punya niatan buat “Pisah” dengan suami mereka. Kaget dan cemas, itulah yang pertama kali gw rasain nerima curhatan mereka. Kaget karena menurut gw mereka masih penganten baru, yang mana seharusnya masih asyik-asyiknya.
Oke, gak banyak yg bisa gw sharing ke temen-temen gw selain minta mereka buat bersabar dan bersabar. Gw coba buat dengerin perlahan dan mencerna semua alasan mereka. Sebenernya gak banyak dan gak terlalu berat menurut gw masalah-masalah mereka.
Masalah utamanya adalah “Komunikasi”.
Trik-trik di awal Pernikahan

Ya, masalahnya adalah kurangnya komunikasi yang intens dan terbuka. Biasalah, namanya lagi baru berumah tangga memang masih banyak “Jaim” dan juga takut kalo numpahin unek-unek ke pasangan masing-masing. Dan memang itu juga pernah gw rasain di awal-awal pernikahan gw. Tapi, berhubung gw emang ganteng dan pinter (#digaplok), masalah miss universe dan mis komunikasi bisa gw atasin dengan baik dan benar serta terarah..#apalahhh
Oke, balik maning ke laptop..
Gw sering baca artikel tentang ilmu awal-awal pernikahan. Ilmu yang gak bakalan didapet dari pendidikan di sekolah kita, dan hanya bisa kita dapetin dengan banyak membaca, banyak melihat, dan juga banyak mendengar dari sekeliling kita. Masalah Utama dan terbesar dari berumah tangga kalo menurut gw emang “Komunikasi”. Bagaimanapun, masalah yang sangat kecilpun bisa menjadi raksasa yang akan melahap kehidupan bahagia rumah tangga kita jika tidak dikomunikasikan dengan baik. Jangan pernah berfikir bahwa masalah kecil jika didiamkan akan segera hilang dengan sendirinya. Justru masalah kecil yang dibiarkan dan selalu berlarut-larutlah yang sering menjadi pemicu keributan.

Trus pertanyaannya, Gimana dong cara Berkomunikasi yang baik dan benar dengan pasangan..??
Kan gw sebagai cewe malu harus memulai komunikasi terlebih dahulu (Versi Cewe)
Spoiler for Ego:

Kan gw cowok, seharusnya yang mulai duluan cewe lah (Versi Cowo).
Dan kalo 2 orang berfikiran sama, bahwa yang harus memulai komunikasi adalah pasangannya, dijamin 1000% masalah yang ada gak bakalan selesai. Harus mengubah paradigma dan pemikiran sesat yang dibisikin setan. Bagaimanapun, gak ada salahnya buat memulai komunikasi, bahkan ketika kita berfikir bahwa kesalahan ada dipihak pasangan kita masing-masing. Ingat, ego yang tinggi dan serampangan udah gak layak lagi buat ditonjolin ketika berumah tangga. Ego yang besar ketika kita masih sendiri, mungkin masih sah-sah saja. Namun ketika kita sudah berumah tangga, kita harus bisa menurunkan ego diri. Bagaimanapun juga, ini adalah rumah tangga kita, kebahagiaan ataupun kesusahan didalamnya adalah tanggung jawab bersama. Jika pasangan memang belum mampu untuk menurunkan egonya, kenapa tidak dari diri kita sendiri saja..??
Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengeluarkan uneg-uneg kita terhadap pasangan. Hei,,..!!!!perlu diingat dan dicatat baik-baik dengan spidol warna, bahwa pasangan kita bukanlah dedy corbuzer ataupun ki joko bodoh yang bisa tau fikiran kita sebelum kita sendiri nyampein.
Trik-trik di awal Pernikahan
Buang jauh-jauh perasaan bahwa pasangan kita wajib mengerti perubahan raut muka kita ketika kita sedang kesal, ataupun perasaan-perasaan yang lainnya. Ungkapkan dengan jelas dan gambling apa yang kita mau dan inginkan. Jangan berharap banyak bahwa pasangan kita harus serba tahu sebelum kita ungkapkan.

Truuussss…yang terakhir, cobalah buat bersabar dan mulai saling mengerti dengan kebiasaan masing-masing. Bersabar untuk melihat pasangan kita berubah dan mengerti apa yang kita inginkan.
Trik-trik di awal Pernikahan
Coba di ingat-ingat, selama kita hidup sampai kita menikah yang kira-kira waktunya 26 tahun kita bersama orang tua kita, masih sering terjadi cek-cok yang disebabkan kita gak ngerti kemauan orang tua kita. Apatah lagi kita dengan pasangan yang paling lama 5-10 tahun waktu yang dihabiskan. Pasti akan banyak sekali cek-cok dan juga kesalahpahaman yang terjadi. Namun, bukan berarti jalan terakhirnya adalah berpisah. Masih seribu cara yang bisa kita lakukan untuk bertahan. Ingatlah , gelap tidak akan selamanya gelap, di ujung jalan masih banyak cahaya untuk kita melangkah.

Oke, sekian unek-unek dari gw. Bukannya sok menggurui atau yang laennya. Ini Cuma berbagi artikel yang sering gw baca, sapa tau ada manfaatnya buat para pembaca.
Terimakasih buat yang udah nyempetin mampir…

Hery Erdana
Diubah oleh ghetexlmp 28-02-2014 14:54
0
1.5K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
1.3MThread108.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2026 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.