Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SyazzelAvatar border
TS
Syazzel
pentingkah Ujian Nasional ? ( curhatan anak kelas 3 SMA )
Apakah Ujian Nasional itu penting bagi siswa sekolah ??

Yap , pertanyaan itu yang selalu saya pikirkan ketika saya di kelas 3 sekarang ini (asline nembe kepikiran mau pas sekolah ) . bulan april tanggal 14-16 saya dan seluruh teman-teman se-indonesia akan menghadapi ujian nasional ( mohon do’a agan dan aganwati semua agar tahun ini bisa lulus 100% , amin). Dan nilai Ujian Nasional pun akan kami gunakan bersaing untuk masuk ke perguruan tinggi. Dan selama hampir 3 tahun saya belajar di SMA , saya belum tahu Ujian Nasional itu buat apa? banyak yang bilang bahwa Ujian Nasional atau sering di singkat UN ini sangat penting bagi siswa sekolah (pancen penting sih, nek rak lulus UN kan rak lulus sekolah -_-a ) .

UN dianggap menjadi tolak ukur kepintaran siswa , mau bukti ? sudah saya terangkan diatas bahwa nilai UN akan digunakan untuk mendaftar perguruan tinggi , walaupun akan diakumulasi dengan ujian sekolah. Namun tetap saja, UN menjadi faktor yang sangat penting bagi kami dalam belajar. Jujur saja , saya belajar untuk menghadapi ujian nasional. Materi dari semester I – VI harus dikuasai (materi smt I-VI aku wis riyep-riyep) , walaupun ada indikator yang spesifik. Namun tetap saja sulit bagi kami untuk untuk memahami 40 indikator ( 40 indikator 1 mapel , bila 6 mapel menjadi 240 indikator ) .

Bicara soal sulit atau tidak , menurut saya juga biasa-biasa saja( padahal yo aku try out terakhir entuk rata-rata 5,6 -__-a ). Namun bukan masalah sulit atau tidaknya , tetapi efektif atau tidaknya bagi siswa sekolah di indonesia ini. ujian nasional , belajar kita jadi terarahkan hanya soal indikator-indikator yang ada di SKL. Kita tidak bisa ber ekspresi sesuai dengan apa yang kita inginkan. Hampir setiap hari ketika di kelas 3 hanya ada tambahan mapel UN. Ikut bimbingan belajar pun mapel UN. Bukan saya bosan dengan rutinitas , tapi saya jenuh ( bedone opo ? -_- )

Kreativitas kita sebagai siswa terbebani dengan adanya ujian nasional , siswa terbiasa belajar dengan materi-materi yang ada di buku. Tapi kembali lagi , saya mengajukan pertanyaan kepada diri saya ( aku rak edan loh , iki temanan). Kalau misalkan UN tidak diadakan , apakah saya masih belajar sekarang ini ? ya , saya pikirkan tujuan saya belajar buat apa , buat UN apa buat meraih cita-cita. Dan setelah saya memikirkan pertanyaan ini saya mendapat jawaban( nembe bertapa nang goa’ ndean -_-a ) . di kelas 3 sekarang ini , selain ada ujian nasional juga ada Ujian akhir semester , Ujian sekolah , dan Ujian praktek. Ke-3 nilai ini mau dibawa kemana ? ( nyong rak ngefans armada ).

Kenapa fokus sekali menghadapi UN ? bukankah ada ke 3 ujian tersebut. Nah , karna UN itu tingkatanya nasional. Sekarang pertanyaan saya , kalau memang UN itu tingkatanya udah nasional. Apakah bisa jadi patokan bahwa orang tersebut pinter atau tidak ? ( balik maning meng nduwur ). Kecurangan UN masih dimana-mana ( bisa bilang kayak gini karna ane di beri tahu ama guru ane sendiri, dan guru sekolah lain (pas lagi bimbel) bahwa UN itu sudah tercemar.

dan sekali lagi , untuk apa UN dilaksanakan kalau memang pelaksanaanya masih belum bersih. lagi pula tujuan kita buat belajar juga jadi berubah. sekarang pilih mana ? belajar buat UN , apa belajar buat sukses ?? . apakah kalau mau sukses , nilai UN harus bagus ? , kalau saya jawab tidak , nilai UN jadi perhitungan buat masuk ke PTN. pokoknya saya bingung sama UN.

jadi mungkin ,dari agan-agan semua bisa memberikan sedikit pendapatnya tentang UN.

pendat agan atau aganwati yang udah coment
Quote:



dan yang terakhir




Diubah oleh Syazzel 27-02-2014 14:18
0
5.7K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.