Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ade.adnanAvatar border
TS
ade.adnan
Sepintas mengenai geologi dan penyebaran gunungapi Indonesia
Bismillah


Sungguh begitu indah ciptaan dan kreasi serta prosesnya oleh Tuhan yang maha satu, Alloh subhana wa ta'alaa.

Berikut ane mau mencoba memaparkan beberapa hasil dari interpretasi ane terhadap peristiwa geologi, khususnya vulkanologi yang bekerja di negara kita ini secara ringkas.

Catatan geologis menunjukkan, setidaknya setiap 100.000 tahun terjadi letusan supervolcano. Tak ada lagi kesangsian bahwa bumi akan mengalami lagi ledakan supervolcano. Pertanyaannya bukan mungkinkah terjadi letusan supervolcano, melainkan kapan akan meletus. (kantor berita Inggris, BBC, dalam siarannya, Horizon tahun 2000)

Mengingat kembali, ternyata Indonesia khususnya untuk pulau sumatera dan pulau jawa merupakan deretan rangkaian gunungapi (Ring of Fire Zone). Terus kok kita bisa santai santai aja ya? pada pulau sumatera aja ada 35 gunungapi yang tercatat masih aktif, dan 6 diantaranya berada pada ketinggian lebih dari 2800 mdpl dengan bentuk tipe complex volcano dan strato yang diinterpretasikan merupakan bentukan awal dari krakatau sebelum menjadi tipe kaldera yang berpotensi menghasilkan ledakan supervolcano dikarenakan jarak dari erupsinya yang begitu lama akibat dari penyumbatan pada kawah dari bentukan tubuh gunungapi itu sendiri (pada saat itu, beberapa sumber menyebutkan bahwa erupsi dari krakatau dikategorikan sebagai supervolcano setelah toba, dikarenakan radius efek dari letusannya yang berupa abu vulkanik mencapai setengah bumi serta gelombang tsunami yang dihasilkannya yang merupakan gelombang tsunami terbesar sepanjang sejarah dalam tahun masehi). Gunungapi yang paling berpotensi menghasilkan ledakan yang cukup hebat pada pulau sumatera ini, yaitu gunung kerinci yang merupakan gunungapi tertinggi untuk saat ini dengan ketinggian sekitar 3800 mdpl yang memiliki tipe stratovolcano. Terletak pada provinsi jambi.

Sepintas mengenai geologi dan penyebaran gunungapi Indonesia

gambar diatas merupakan bentukan Gunungapi Kerinci pada Provinsi Jambi dengan kerucut yang masih utuh (stratovolcano) pada bagian puncak sampai saat ini


Tadi aja baru pulau sumatera, sedangkan pada selat sunda dan pulau jawa aja, total dari jumlah gunungapi itu sekitar 45. lebih banyak lagi ternyata ya. dan 12 diantaranya berada pada ketinggian lebih dari 2800 mdpl dengan hampir dari jumlah ini dengan tipe stratovolcano kecuali untuk gunung Iyang-Argapura yang bertipe complex volcano. Nah ini dia gunungapi yang paling berpotensi dipulau jawa, coba kita tebak? yup! Merupakan gunungapi tertinggi yang berada pada pulau jawa, Gunung Semeru dengan ketinggian 3676 mdpl yang seharusnya bagi pendaki gunung yang pernah menaiki Semeru merasa lebih bersyukur ke pencipta gunung karena tidak terjadi aktifitas vulkanik yang berbahaya pada saat pendakiannya.

Sepintas mengenai geologi dan penyebaran gunungapi Indonesia

Gunungapi aktif Semeru pada Provinsi Jawa timur yang jarang memperlihatkan aktifitasnya dengan bentuk kerucutnya berupa Stratovolcano


Sebenernya pada bagian lain pada negara kita ini, masih banyak keterdapatan gunungapi yang masih aktif dan sering memperlihatkan aktifitasnya, yang aktif dan jarang memperlihatkan aktifitasnya. Tapi mohon maaf, cape ngetiknya euy, kalau mau tahu list gunungapi di Indonesia beserta tipenya, silahkan lihat sendiri dilink berikut,

http://en.wikipedia.org/wiki/List_of...s_in_Indonesia

hehehe, mohon maaf kalau ada salah kata, daripada komen yang ngaco, lebih baik dibantu benerin kalau ada info atau fakta ilmiahnya yang salah yang penulis paparin pada tulisan ini biar kita saya dan anda bisa berdiskusi serta saya dan anda bisa dapat ilmu yang belum pernah kita tahu atau kita dapat dengan sharing ilmiah. terima kasih. (Alhamdulillah, akhirnya bisa juga nulis penjabaran ini yang terinspirasi dari daerah yang saya tidak akan lupa, see you soon PANAITAN).

Catatan :
Ayo donk agan agan sekalian, bantu rate dan komen, ga cape' apa komen untuk trit bokep, sara, gosip, dan artis artis alay yang ga ada mutunya sama sekali selain ngumbar aurat dan ngumbar kebodohannya. Udah tahu orang bodoh, masih aja dikomentarin. Mendingan kita diskusi yang lebih bermanfaat disini. Jika ada yang ingin bertanya sekitar trit ini, silahkan dipostkan. Jika ada yang ingin mengkritik jika ada informasi yang salah yang ane lampirin juga, tolong dikritik. Ini semua murni hasil interpretasi ane. Selamat membaca dan selamat berdiskusi.
Diubah oleh ade.adnan 17-10-2013 12:29
0
2.9K
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.