Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Marco.vanBalsemAvatar border
TS
Marco.vanBalsem
Logo "Ayo Perduli Pajak"
Permisi om dan tante penghuni kaskus, ane mau share aja tentang pertanyaan yang ada di benak ane tentang logo "ayo perduli pajak" yang berbentuk lebah. Apa yang menjadi pertanyaan ane mungkin terpikir juga oleh om dan tante sekalian. Jadi begini sebelum nya kita lihat logonya dulu di bawah ini,

Spoiler for pajak:

dan ini
Spoiler for pajak juga:


oke dapat disimpulkan bawah mereka (orang-orang pajak) menggunakan lebah sebagai karakter yang mewakili mereka untuk menyampaikan "perduli pajak" kepada masyarakat. Tetapi dalam koloni lebah terbagi menjadi 3 kasta yang dibagi menurut fungsinya yaitu:

1. Lebah ratu (queen)
Lebah ratu memiliki ukuran badan lebih besar (sekitar 40%) dari lebah pekerja, berwarna lebih gelap hitam kecoklatan dan dapat menghasilkan keturunan. Dalam satu koloni (sarang) hanya terdapat satu ratu lebah yang memiliki tugas utama yaitu kimpoi dan bertelur serta memimpin kegiatan lebah betina dan lebah jantan.
Lebah ratu biasanya hanya melakukan satu kali perkimpoian selama hidupnya (meskipun perkimpoian kedua dan ketiga diketahui terjadi). Dari perkimpoian tersebut disimpan sperma pada kantung sperma diperutnya. Penyimpanan sperma berlangsung selama dua tahun atau lebih dan menghasilkan telur. Ketika stok atau persediaan habis ia masih dapat terus bertelur, tetapi tidak dibuahi sehingga menghasilkan lebah jantan. Lebah ratu menghabiskan waktu dengan bertelur dan dapat mencapai sekitar 1.500 butir sampai dengan 2.000 butir setiap harinya. Masing-masing telur ditempatkan pada sel lilin yang dibuat oleh para lebah pekerja.
Spoiler for lebah ratu:


2. Lebah betina (sterile worker)
Lebah betina merupakan lebah pekerja yang terbentuk bukan dari hasil perkimpoian dan mempunyai organ-organ reproduksi yang tidak berfungsi.

Berdasarkan fungsi kerja lebah betina dikelompokan menjadi tiga bagian, yaitu:
  • Lebah perawat (Nurse Bee), merupakan lebah pekerja yang bertugas membersihkan sarang dan merawat lebah ratu dan larva. Sudah menjadi tanggung jawabnya untuk menghasilkan royal jelly dan memberi makan lebah ratu dengan royal jelly, pollen dan madu. Perawatan larva dilakukan setelah 3 hari pertama sampai sekitar hari ke-10.
  • Lebah pencari (Scouts Bee), tugas dari lebah pekerja ini adalah mencari sumber-sumber polen, nektar dan propolis dengan kualitas terbaik di kawasan terjangkau dari sarang. Mereka akan segera menginformasikan lokasi tersebut pada lebah pengumpul.
  • Lebah pengumpul (Collector Bee), berdasarkan informasi dari lebah pencari, lebah pengumpul melakukan tugasnya. Pengumpulan pollen dilakukan dari jenis bunga yang sama terlebih dahulu sampai habis. Saat pengumpulan, lebah akan mencampurkan pollen dengan sedikit madu dari mulutnya sehingga membentuk gumpalan pollen yang disimpan pada kantung kaki. Lebah mengumpulkan nektar dengan cara menghisap dari bunga-bunga menggunakan lidahnya yang panjang. Sama seperti pengumpulan pollen, pengumpulan nektar juga dilakukan dari jenis bunga yang sama sampai habis. Nektar tersebut disimpan pada sel madu yang terbuka dan terjadi penguapan sehingga terbentuk madu yang kental sampai semakin banyak dan menutupi sel.

Spoiler for lebah betina (lebah pekerja):


3. Lebah jantan (fertile males atau drones)
Lebah jantan (fertile males atau drones) terbentuk dari hasil perkimpoian yang diberi makan nektar dan madu biasa (bukan royal jelly), bertugas mengawini lebah ratu dan akan mati setelahnya. Hidup sekitar empat sampai lima minggu.

Spoiler for pengertian pajak:


Dari pengertian pajak diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pajak digunakan untuk pembiayaan negara, dalam hal ini menggaji aparatur negara, dalam hal ini, Presiden, Menteri-menterinya, Pegawai Negeri, Anggota Legislatif, dll, dan untuk pembangunan Negara, ya misalnya pembangunan fasilitas publik, gedung-gedung pemerintahan, sekolah dll.

Tapi pada kenyataannya sekolah gan mungkin dapat dilihat di media massa gan gimana nasib sekolah di negeri ini, fasilitas umum? pembangunan fasilitas umum juga ga terlalu istimewa kualitasnya, pelayanan umum? ya om dan tante pasti tau pelayanan fasilitas umum di Indonesia gimana, gaji aparatur negara? ya ampun gan masi perlu dijelaskan masalah ini, udah banyak koruptor dari aparatur negara.

Nah yang menjadi pertanyaan buat ane, om dan tante, apa menurut mereka kita ini hanya pekerja yang diperas tenaganya untuk memenuhi kebutuhan "sang ratu lebah," kalo dilihat-lihat ciri-ciri fisik logo itu mirip dengan lebah pekerja yang hanya bertugas untuk bekerja? ya seperti kita diperas tenaganya untuk pemenuhan kantong sang "ratu"?

Demikian pertanyaan dari ane om dan tante, kurang lebihnya saya minta maaf yang sebesar-besarnya....

Spoiler for sumur:
Diubah oleh Marco.vanBalsem 17-02-2014 05:28
0
4.2K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.