Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sapelancengAvatar border
TS
sapelanceng
ADAT DAN BUDAYA PERNIKAHAN DI MESIR

langsung aja ya sodara2 yg terhormat, soale ane ga tipe2 orang yg ga bisa berpanjang lebar klo ngomong, apelagi klo suruh bkin prolog hehehehe.
fakta ini berdasarkan pengamatan -karena TS terhitung udah agak 'jamuran' di mesir, berita dan googling hee.

dalam banyak aspek kehidupan, rakyat mesir masih tetap berpegang pada budaya mesir kuno zaman firaun dulu, di antara budaya yg masih kental dgn nuansa mesir kuno dulu adalah budaya pernikahan di negera pyramid ini.

di mesir, mata rantai pernikahan dimulai dgn memberikan cincin emas pertunangan dlu yg ditaruh di jari tangan kanan, kemudian cincin itu akan berpindah tempat ke jari tangan kiri setelah akad pernikahan. cara itu disebut dgn lingkaran keabadian, yg artinya hubungan pernihan itu diharapkan bisa langgeng dan abadi sampe tua.

penghulu.
penghulu biasanya utusan dr lembaga keagamaan negara yg bertugas mengikat mempelai laki-laki dan perempuan. penghulu ada 2 macem, klasik dan modern. fungsinya sama aja, perbedaannya cuma dalam hal penampilan saja, klo penghulu jadul masih memakai jubah dan atribut-atribut agama lainnya, seperti peci dll. sementara penghulu modern tampil lebih elegan dgn jas, dasi dan sepatu..pokoknya keren bingid lah, gan..
setelah itu penghulu akan menuliskan surat nikah dan menggandakan menjadi tiga, satu untuk penghulu sendiri, satu untuk pasutri, dan yg satunya lagi disimpan di kantor ya semacam KUA gtu lah, gan.. tempat milik negara

-tempat kimpoi.
kalo ini mah tergantung kesepakatan kedua keluarga, bisa di rumah perempuannya, bisa juga di rumah laki-lakinya. untuk kalangan menengah ke atas mereka biasanya menyewa gedung di salah satu hotel bintang lima, dan untuk menengah ke bawah biasanya mereka menyewa tempat2 umum, biasanya di aula masjid. berhubung TS tinggal di komunitas ekonomi menengah ke bawah (), mereka biasanya party (kata mereka sih) di rumah mempelai, dgn diwarnai joged-joged dr sang mempelai dan sanak keluarganya, dan tidak lupa full musik dgn volume suara yg bisa membangunkan orang yg pingsan, tapi emang bener-bener kenceng banged gan suara musik pernikahan itu, dan satu lagi biasanya acara-acara party itu malem, ya dr jam 8-12 gtu, (bener-bener terganggu dgn suara musiknya).
ada satu lagi yg pasti ditemukan dalam pernikahan di mesir, yaitu apa yg mereka sebut dgn zhagrudah -ya semacam suara-suara ungkapan kegembiraan dr kluarga mempelai, gan-
ohw ya, klo mo tau zhagrudah itu gmn ane kasih nih videonya...buffering aj, ga sampe 1 menit kok. [YOUTUBE]
[/youtube]
0
8.9K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.