kesepian311Avatar border
TS
kesepian311
3 Bulan warga DKI gratis naik bus tingkat keliling Jakarta
Spoiler for reff:


Penampakan bus:


Merdeka.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budiman mengatakan bus tingkat wisata akan mulai beroperasi pada Senin (24/2) mendatang. Bus tingkat wisata tersebut dikhususkan untuk para wisatawan yang ingin mengenal sejarah Jakarta.

Dalam tiga bulan kedepan, Disparbud memperbolehkan warga Jakarta yang ingin menaiki bus tingkat wisata tersebut. "Siapa saja boleh naik. Bus ini memang merupakan travel dan hospitality industry bagi Jakarta. Masak warganya sendiri tak boleh naik," ujar Arie kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (22/2).

Arie menegaskan, bus wisata tersebut hanya berkapasitas sebanyak 60 orang dan tidak diperbolehkan ada penumpang yang berdiri. Apabila kapasitas tersebut sudah terpenuhi, maka penumpang harus menunggu bus wisata selanjutnya.

"Tak boleh ada yang berdiri. Bus pun harus dinaiki di shelter-shelter yang telah tersedia. Tak bisa di-stop di sembarang tempat," kata dia.

Saat ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI telah memiliki lima bus tingkat yang siap beroperasi hari Senin mendatang. Bus-bus tersebut dapat dinaiki mulai pukul 09.00 hingga 19.00 WIB setiap harinya. Setiap bus akan didampingi oleh tour guide yang siap mengajak penumpang berkeliling ibu kota.
[has]

Lumayan nih kayanya, bus tingkat gratis pula, aman dari banjir kayanya emoticon-Big Grin
Ayo-ayo ramai-ramai nyoba emoticon-Big Grin

Berita lain tentang bus tersebut:

Gaji Pramudi Bus Tingkat Wisata Rp 7 Juta per Bulan

Spoiler for reff:


BERITAJAKARTA.COM — 19-02-2014 09:30
Bus tingkat wisata yang didatangkan Pemprov DKI Jakarta dari Cina direncanakan sudah mulai beroperasi melayani warga Jakarta secara gratis, Senin (24/2). Sebanyak lima unit bus tingkat tersebut sudah diujicoba mulai Selasa (18/2) hingga Minggu (23/2) mendatang.

Semua pramudi bus wisata merupakan perempuan mengingat kecepatan bus rata-rata hanya 10-20 kilometer per jam. Saat ini, sudah ada 12 pramudi yang direkrut secara terbuka. "Sopir perempuan semua, bus pariwisata harus beda. Kalau perempuan kesannya lebih berhati-hati," ujar Arie Budhiman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Selasa (18/2).

Setiap pramudi akan mendapatkan gaji hingga 3,5 kali upah minimum provinsi (UMP) DKI yang mencapai Rp 2,4 juta. "Sesuai arahan dari Pak Gubernur, gajinya 3,5 kali UMP. Jadi sekitar Rp 7, 2 juta," kata Arie.

Untuk tiga bulan pertama, kata Arie, pihaknya tidak menyediakan tiket bagi penumpang. Siapapun dipersilahkan naik bus wisata tersebut secara gratis. Selanjutnya tiket akan disebar di hotel-hotel. Meski digratiskan, Disparbud akan melakukan evaluasi secara berkala menginggat perilaku masyarakat yang belum tertib.

"Tiket itu untuk pengendalian penumpang, sekaligus untuk promosi. Meski gratis kita evaluasi, karena tidak semua gratis itu baik. Kapasitas bus kan hanya 60 penumpang plus 2 untuk defabel. Sepanjang orang Jakarta tertib bus gratis terus. Intinya penumpang jangan memaksakan kalau sudah penuh karena ini tidak ada yang berdiri," ungkapnya.

Bus ini akan beroperasi dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Agar seluruh pramudi tetap dalam kondisi prima melayani penumpang, jadwal pramudi akan dibagi dalam dua shift, yakni dari pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB dan pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB. Arie menambahkan, petugas on board di setiap bus tersebut ada 4 orang, yakni pramudi, kondektur, pemandu wisata, dan polisi pariwisata dari Polda Metro Jaya.

Sedangkan rute yang dilintasi mulai dari Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Sarinah-Museum Nasional-Halte Santa Maria-Pasar Baru-Gedung Kesenian Jakarta-Masjid Istiqlal-Istana Merdeka-Monas-Balaikota-Sarinah, dan kembali ke Bundaran HI. Nantinya bus akan berhenti di setiap halte untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.

Tambahan berita lagi tentang bus tersebut:

Jokowi: Bus tingkat wisata di Jakarta lebih bagus dari London
Spoiler for reff:




Merdeka.com - Setelah mencoba menaiki bus tingkat wisata dari rute Utara yang dimulai Hotel Kempinsky Indonesia hingga Monumen Nasional (Monas), Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo merasa seperti naik bus tingkat di London, Inggris.

"Rasanya kaya di London," ujar Jokowi seraya memandangi bus tingkat wisata, Kamis (16/01).

Namun, lanjut Jokowi , bus tingkat wisata di Jakarta berbeda dengan bus tingkat di London. Bedanya, bus tingkat wisata di Jakarta lebih baru ketimbang di London.

"Tapi lebih bagus disini, kan bisnya baru. Di sana lama," kata dia.

Jokowi juga memuji desain dari bus yang didominasi warna ungu dan hijau tersebut. Bahkan, desain dan warnanya harus disetujui Jokowi untuk langsung dikirim ke Jakarta.

"Keren. Desainnya, dan warnanya juga. Ini bolak balik sampai empat kali ke saya," ujarnya.

Jokowi menambahkan nantinya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang akan melakukan perawatan serta kebersihan bus tingkat wisata tersebut. "Ini perawatannya Dinas Pariwisata," pungkas dia.

Ngeri juga ya gajinya emoticon-Big Grin
Barangkali ada yang berminat, jangan PM ane emoticon-Ngakak
Tapi dari China lagi ya emoticon-Big GrinMudah-mudahan lancar, ga karatan dll emoticon-Big Grin
Ga kaya sebelah emoticon-Big Grin

Komen kaskuser:
Mengenang masa lalu:

Quote:


Suka Gratisan:

Quote:


Quote:


Pesimis:

Quote:


Quote:
Diubah oleh kesepian311 22-02-2014 15:12
0
3K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.