Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

asrulsaniAvatar border
TS
asrulsani
10 Kisah StartUp Lokal yang gagal!!!
Pertanyaan awal adalah apa itu Startup, dan kenapa kalau orang mengatakan “startup” itu selalu dikaitkan dengan teknologi ?

Ada juga seorang rekan yang mengatakan startup = bisnis di bidang teknologi / internet adalah “mislead” seharusnya orang jualan mie ayam, grosir kain di tanah abang, jualan seminar, service AC, apapun jenis bisnisnya asal bisnisnya baru dimulai maka bisa disebut “startup”.

Mari kita lihat dulu latar belakangnya kenapa kata “startup” menjadi populer akhir-akhir ini ? dan kenapa sering dihubungkan dengan teknologi atau internet.

Kaskus jelas adalah StartUp, dan sekarang tahu sendiri lah.. agan agan bisa disini berkat Kaskus.
Lalu Koprol, situs lokal yang di beli oleh Yahoo! dan namanya pun cukup dikenal di Amerika.
Kemudian DisDus yang di beli juga oleh Groupon.com

Secara umum orang lebih banyak menganggap StartUp adalah tipe bisnis online seperti vertical ecommerce (toko online niche), online media, adnetwork, mobile app daripada tipe bisnis offline seperti restaurant, dealer mobil, mie ayam. Bahkan bisnis offline seperti restaurant di online-kan menjadi mobile app restaurant food review atau bisnis dealer mobil di online-kan menjadi classified ads untuk mobil dianggap juga StartUp, mie ayam menjadi “nearby mie ayam locator Blackberry App”.

Menurut Steve Blank, Small business (=UKM) melayani known customer dengan known product dengan visi “feed the family”. Scalable startup melayani unknown customer dengan unknown product. (baca definisi lebih lengkap di link di atas)

Menurut saya secara personal, definisi “startup” tidak berarti dimonopoli oleh orang-orang teknologi/internet, bisnis offline tentu saja boleh menggunakan kata “startup”.

Kaskus, disdus dan Koprol adalah kisah start up lokal yang sukses di dunia internet, hal itu tentu saja memberikan sebuah inspiratif bagi startup Lokal untuk mengikuti jejaknya. Namun iklim di Indonesia tidaklah sama dengan iklim di Silicon Valley sana. sedikit pula yang belum beruntung alias gagal, karena satu dan lain hal. Padahal dulunya, start up ini sempat digadang-gadang bakalan sukses besar. Berikut ini ada 10 start up lokal yang gagal, bukan untuk ngetroll atau apa tapi sebagai bahan evaluasi agar kegagalan lain tidak terjadi karena kesalahan yang sama.

1. SixReps.com


SixReps

Merupakan situs social network bagi para penggiat fitness dan olahraga.
Sempat menggemparkan di dunia web-startup Indonesia saat pendirinya (Denny Santoso) mengumumkan SixReps ditawari investasi (kalau tidak salah) 1 juta dollar.
Beberapa bulan terakhir register dan login ke SixReps sudah tidak bisa lagi dilakukan. Tersiar kabar mereka akan pivot ke e-commerce. Kalau kita akses ke SixReps.com sekarang sudah tidak bisa lagi.

2. Sedapur.com



Sedapur.com
Situs marketplace khusus makanan. Dibesut tahun 2011 oleh Soegianto Widjaja. Sejak berdiri pada tahun 2011, Sedapur telah mendapatkan penghargaan dari Nokia Enterpreneurship dan INAICTA 2011 kategori e-business service. Selama dua tahun Sedapur.com telah melayani para pecinta kuliner dengan memberi layananan online pesan makanan dan bahan makanan. tetapi terhitung tanggal 1 Agustus 2013 Sedapur.com mengumumkan tutup, tetapi website masih tetap online sampai akhir 2013 ini. Ini dikarenakan kesalahan strategi terlalu fokus pada merchant ketimbang pembeli.

3. Tasterous.com


Blog WordPress
Di buka tahun 2011, startup ini dipimpin oleh Ronald Ishak yang sebelumnya sukses mengembangkan aplikasi BlackBerry Domikado.

Didukung oleh Tim dari mantan karyawan Urbanesia dan engineer mobile berbakat Deche Pangestu serta salah satu desainer UI/UX terbaik Richard Fang selain beberapa orang teknis lain. Tasterous juga didukung oleh CEO Kaskus, Ken Dean Lawadinata dan CEO Urbanesia, Selina Limman sebagai penasihat dan shareholder.

Proyek Tasterous dimulai awal tahun 2011 dan diluncurkan pada bulan Juli 2011, dimana berita tentang aplikasi BlackBerry dan Android mereka diberitakan eksklusif untuk pembaca DailySocial, dan mereka mendapatkan banyak ketertarikan dari calon pengguna yang ingin mencoba aplikasi dan meminta akses tersebut. Dalam perkembangannya pengguna yang didapat sangat tidak signifikan dan mereka kehilangan interaksi dengan pengguna setelah peluncuran. Sebulan kemudian mereka meluncurkan aplikasi untuk iPhone dan berharap akan mendapatkan perhatian dari pengguna high end, namun nampaknya tidak berjalan seusai rencana.

Tim Tasterous memutuskan untuk menghentikan seluruh operasi mereka akhir tahun lalu dan menawarkan peluang kerja karyawan mereka untuk bekerja di Kaskus, karena CEO Kaskus berada di dewan direksi mereka. Dua karyawan mengambil peluang untuk bekerja di Kaskus dan sisanya mencari kerja di tempat lain.

Sedangkan untuk Ronald, ia kini fokus pada petualangan barunya dengan startup e-commerce baru bernama SatuTempat, yang merupakan bagian dari perusahaan payment gateway bernama Doku.

4. BukuQ.com


Singkatnya S E N S O R nya Indonesia. Diluncurkan tahun 2009 oleh Fajar Endra Nusa. Tahun 2009 juga sempat menjadi karya terbaik di Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) 2009. Menjadi peserta Echelon 2010. Di Twitter, Maret 2012 mereka sempat menyatakan kalau mereka ada masalah internal sehingga websitenya sempat tutup.

5. UpdateTerus.com


Merupakan situs buat memajang foto - foto wanita cantik. (bukan porno tapi ya). Wanita mengupload fotonya, jika dinilai paling cantik dalam periode tertentu, dia akan mendapatkan hadiah (tas bermerk misalnya).

Diluncurkan sekitar penghujung 2011.

Didirikan oleh Kevin Mintaraga (CEO digital Agency XM-Gravity (dulu dikenal dengan nama Magnivate)). Juga tercatat sebagai mentor di Project Eden (yang saya juga tidak tahu lagi kabarnya) dan East Ventures Alpha.

Sempat heboh karena iklannya cukup gencar di Digital Signage gedung - gedung kantor.

Kurang tahu pasti kapan tutupnya, sepertinya di 2013. Website sudah tidak bisa diakses lagi.

6. Golfnesia.com


Golfnesia.com menyediakan layanan berupa online booking portal bagi para pegolf di lapangan golf yang ada di Indonesia. Golfers bisa melihat berbagai lapangan golf yang tersedia, lengkap dengan informasi seputar tempat golf tersebut mulai dari foto, detail informasi lapangan golf, fasilitas caddy, golf cart serta peta lokasi kemudian melakukan booking atas lokasi golf yang diinginkan.

Mulai muncul di sekitar penghujung 2010. Diluncurkan oleh Warato (sebuah perusahaan dari Jepang yg bergerak di bidang internet media business sekaligus konsultan SEO / SEM). Cukup bergaung di panggung digital lokal kala itu, dengan Natali Ardianto sebagi Technology Advisor-nya.

Menuai cukup banyak komentar positif ketika launching dikarenakan business model yang sudah jelas dari awal dan eksekusi website yang matang. Saat ini konten tidak diupdate lagi. (Pencarian Golf Plan di semua region dan tanggal tidak memberikan hasil)

7. Benpinter.net


Portal tempat belajar berbagai hal di dunia IT. Diluncurkan sekitar tahun 2003. Didirikan oleh Isak Rickyanto. Cukup popular di kalangan penggiat IT pemula kala itu. Tutup tahun 2009.

8. RServe.me


Rserve.me masuk sebagai satu-satunya startup asal Indonesia yang terpilih untuk mengikuti Seedcamp Singapore

Situs yang memberikan layanan reservasi online. Didirikan oleh Yohan Totting & Reza Prabowo. Diluncurkan tahun 2010.

Tidak jelas kapan tutupnya, saat ini sudah tidak bisa diakses lagi.

9. KayaKarya.com


Situs Direktori Jasa Kreatif Indonesia. Diluncurkan tahun 2010 oleh Jeannie Tan. Sewaktu diluncurkan menuai cukup banyak komentar positif tentang website ini. Tercatat sebagai Juara 2 SWA Startup kategori Bisnis. Konten terakhir update tahun 2011.

10.Kassa9.com


Semacam platform untuk membuat toko online (seperti Juale.com). Diluncurkan sekitar tahun 2009. Kemudian mereka memisahkan bagian review gadget mereka menjadi satu situs sendiri yaitu TeknoUp.com. Akhir Mei 2013 situs Kassa9.com ini akan ditutup.
0
23K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.