Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

obrolanrakyatAvatar border
TS
obrolanrakyat
Ma'nene, Tradisi Membangkitkan Orang Mati Asli Indonesia
Halo agan dan aganwati! Aye mau berbagi info unik seputar Indonesia lagi nih... Kali ini tentang Ma'nene; tradisi asli warga Toraja yang membangkitkan mayat...


Kisah Ma`nene bermula dari seorang pemburu binatang bernama Pong Rumasek, ratusan tahun lampau. Ketika itu, dirinya berburu hingga masuk kawasan hutan pegunungan Balla dan menemukan tulang-belulang manusia. Karena kasihan pada tulang-belulang itu sekaligus untuk penghormatan, Pong lalu membungkus mayat itu dengan pakaiannya dan diperlakukan sebaik mungkin agar arwahnya tenang. Setelah kejadian itu, Pong merasa arwah mayat yang ditemuinya di tengah hutan selalu memberinya kemudahan dalam hidup. Mulai dari hasil panennya yang makin melimpah, binatang buruan yang makin banyak, dan lainnya. Oleh karena itu Pong pun berkesimpulan bahwa jasad orang yang meninggal dunia harus tetap dimuliakan, meski itu hanya tinggal tulang belulangnya. Maka dari itu, setiap tahun sekali sehabis panen besar di bulan Agustus, setiap penduduk Toraja harus melaksanakan upacara untuk menghormati leluhur.

Spoiler for Video:


Dalam upacara ini mayat leluhur atau orang tekasih yang telah meninggal akan dikeluarkan dari kubur batunya dan dipakaikan baju baru (ini hanya dilakukan pada mayat yang masih utuh). Lalu mayat-mayat ini akan diajak berkeliling kampung dan dibangkitkan dengan ilmu mistik kuno Toraja untuk bisa berjalan sendiri ke rumah (keluarga) mereka masing-masing.

[SPOILER[/youtube]

Selain sebagai upacara penghormatan pada leluhur, tradisi Ma’nene ini juga sebagai ajang berkumpul seluruh sanak saudara. Karena untuk mendandani dan mengarak jenazah leluhur, seluruh keluarga besar diharuskan berkumpul terlebih dahulu.

Spoiler for Pict:


Sayang, tradisi Ma'nene ini sudah mulai berubah karena dikabarkan tradisi Ma'nene ini tidak selalu membangkitkan mayat hingga bisa berjalan sendiri, tapi hanya sekedar mengarak mayat.


Mau tau info unik Indonesia lainnya? Ayo LIKE & FOLLOW:
FanPage ORASI
Twitter ORASI


emoticon-I Love Indonesia (S)Ayo jaga dan lestarikan tradisi kita dengan mempelajarinya lebih jauh! emoticon-I Love Indonesia (S)
0
4.3K
29
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.