Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ikhsanlieAvatar border
TS
ikhsanlie
Komuter pecahkan rekor penumpang, layanan dikritik
Komuter pecahkan rekor penumpang, layanan dikritik


Dewi Safitri Wartawan BBC

19 Februari 2014 Terbaru 19:11 WIB



Makmur Sahera menjelaskan tak bisa menjamin tak ada keterlambatan Komuter.
Jumlah penumpang kereta komuter Jabodetabek menembus 613.000 penumpang, hari Senin (17/02), sekaligus mencetak rekor baru, kata pejabat PT KCJ Komuter.

Sekretaris Perusahaan KCJ Makmur Sahera mengatakan angka ini merupakan lompatan dari rata-rata 130 ribuan penumpang pada lima tahun lalu saat dimulainya perbaikan besar-besaran layanan kereta komuter.

"Terjadi peningkatan yang sangat signifikan," kata Makmur saat menemui kelompok pengguna jasa Komuter di Kantor PT KCJ, Stasiun Juanda, Jakarta.

Sistem operasi kereta yang mulanya berskema operasi tunggal yang diubah menjadi loop line diklaim Makmur berhasil mendongkrak kinerja dari hanya 377 perjalanan pada 2008, menjadi 560 perjalanan saat ini.

Total armada juga naik pesat, dari 488 gerbong pada lima tahun lalu.

"Sekarang kami punya 664 armada dengan harapan bisa mengangkut ratusan ribu penumpang setiap hari", tambah Makmur.

Direksi PT KAI melakukan sejumlah pembenahan mendasar termasuk dengan mengubah wajah berbagai stasiun hingga nampak jauh membaik dengan menggusur pedagang dan penghuni yang selama ini dianggap membuat suasana stasiun tampak kumuh.

Dengan subsidi pemerintah, tiket komuter dibuat berharga sangat murah hingga hampir setara dengan harga tiket kereta ekonomi yang telah dihapuskan.

Animo menumpang kereta komuter juga makin tinggi di tengah makin buruknya transportasi darat lewat jalan raya dari dan ke Jakarta.

"Sampai kiamat'

Namun layanan komuter kemudian menjadi bulan-bulanan keluhan karena makin hari makin parah.

Catatan resmi pengelola kereta Komuter sendiri menyebut sepanjang 2013 terdapat antara 300-800 keluhan resmi tiap bulan.

Keluhan memuncak pada musim hujan yang baru lewat ditandai dengan jadwal kereta yang sangat rentan kacau akibat cuaca buruk.

Hampir setiap hari muncul laporan insiden kereta mogok, kereta tanpa pendingin ruang, kereta penuh-sesak hingga penumpang pingsan.

Keterlambatan dari jadwal kereta juga menjadi salah satu sasaran keluhan utama para pengguna.

"Apa sampai kiamat kami harus tunggu Komuter terus-menerus menghadapi masalah wesel, masalah mogok dan lain-lainnya?" kata Paring Waluyo yang datang mewakili ratusan ribu pengguna Komuter.

Makmur Sahera mengakui pengelola kereta Komuter hanya bisa menjawab perbaikan sedang dilakukan untuk mengatasi masalah dalam jangka panjang.

"Kami tidak bisa menjamin kereta tidak akan terlambat," kata Makmur.



Penumpang berjejalan sampai kerap jatuh korban pengguna Komuter pingsan.



Animo pengguna Komuter sangat tinggi karena pilihan moda trasnportasi yang terbatas.



Tarif kereta Komuter turun drastis sejak disuntik subsidi harga dari pemerintah.
Untuk menambah kapasitas angkut, KCJ telah membeli ratusan gerbong kereta baru, dan tahun ini akan ditambah dengan 160 gerbong lainnya.

Namun tak serta-merta seluruh rangkaian dioperasikan karena keterbatasan pasokan listrik, infrastruktur stasiun, dan sumber daya manusia PT KAI.

Sumber:

http://m.bbc.co.uk/indonesia/majalah...ekor_penumpang

Komeng ane:

Ane kaga bisa bayangin bagaimana macetnya jakarta kalo penumpang komuter tumplek ke jalan raya bawa boil sama motor emoticon-Ngakak

Tapi tenang KRL JR 205 exs jepang yg siap operasi dengan bangkunya yg bisa dilipat kala jam sibuk emoticon-Big Grin





Tambahan nih dikit buat perbandingan penghasilan kereta komuter yg angkut penumpang seharian dengan banyak perjalanan & semen dari cibinong (yg cuma 2 kali perjalanan perhari emoticon-Big Grin)

PT KAI Fokus Angkut Semen






SEMARANG, suaramerdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus meningkatkan pendapatan melalui angkutan semen. Angkutan semen saat ini menjadi angkutan utama karena menjadi salah satu sumber pendapatan terbesar di perseroan.

"Angkutan semen sekarang jadi angkutan utama. Kelihatannya sederhana, hanya mengangkut semen. Tapi pendapatan per bulan bisa mencapai lebih dari Rp 10 miliar," kata Direktur Komersial PT KAI (Persero) Sulistyo Wimbo Hardjito, dalam Seminar Nasional Peran Kereta Api Terhadap Pengembangan Jateng, Senin (17/2).

Menurut dia, salah satu angkutan semen yang dikerjakan oleh PT KAI adalah milik PT Holcim Indonesia, dari Cibinong ke Klaimas (Surabaya).

Pendapatan angkutan ini mencapai Rp 190 juta per hari, dua kali lebih banyak dari pendapatan angkutan penumpang kelas eksekutif KA Argo Bromo Anggrek rute Jakarta-Surabaya.

"Dulu semen Holcim yang diangkut hanya 700 ton per hari, sekarang mencapai 3.600 ton per hari," ujarnya.


Pengoperasian KA angkutan semen merek Tiga Roda, saat ini juga mampu mengangkut 170 ton per putaran dari Arjawinangun (Cirebon) ke Purwokerto.

Sebelumnya tidak pernah ada angkutan barang ke Arjawinangun. Sementara angkutan semen dari Stasiun Nambu (Depok) ke Kalimas sehari mampu meraup Rp 180 juta. Selama satu bulan lebih dari Rp 10 miliar dapat terkumpul.

"Dua rangkaian kereta barang dari Jakarta, masing-masing berangkat dari sub stasiun Sungai Lagua (Jakarta) menuju ke Stasiun Waru (Sidoarjo), dan dari sub stasiun Nambu (Depok) menuju ke Stasiun Kalimas. Dua rangkaian ini pendapatannya melebihi Daop IX Jember," tuturnya
.

Diakui, selama 2013 pertumbuhan angkutan penumpang yang hanya 5% jauh tertinggal bila dibandingkan angkutan barang yang tumbuh di atas 20%.

Pendapatan dan volume angkutan kereta barang pada 2014, diharapkan tumbuh 10%-20% dibandingkan 2013. Pada 2015 PT KAI mengincar pendapatan dari angkutan barang sebesar Rp 5,18 triliun per tahun.

Pertumbuhan angkutan barang diharapkan bisa tumbuh hingga 30%.

"Pada 2015, rasio angkutan barang dan penumpang akan menjadi 60% dan 40%. Sekarang rasio angkutan penumpang dan barang masih 65% dan 35%," paparnya.

Persiapan angkutan barang sudah dilakukan sejak 2013, dengan membeli 1.200 gerbong dan 100 lokomotif baru untuk angkutan di Jawa.

Di Sumatera Selatan sudah dibeli 1.200 gerbong dan 60 lokomotif. Total lokomotif baru yang sudah dibeli sekitar 160 unit, dan 2400 gerbong.

"PT KAI juga akan membeli lagi 600 gerbong untuk angkutan batu bara. Sampai saat ini total ada 3.500 gerbong untuk mengangkut batu bara," terang Wimbo.

Link:
http://m.suaramerdeka.com/index.php/...s-Angkut-Semen

Komeng ane yg ini:

Denger2 sih sekali tarik 800 ton & biayanya 180jt jadi kalo di bagi 180jt:800 ton biaya angkut semen per ton dari nambo ke kalimas cuma 225rebu gan....apa ada roda karet yg sanggup semurah itu? emoticon-Big Grin...bebas pungli lagi emoticon-Ngacir
Diubah oleh ikhsanlie 20-02-2014 14:29
0
7.4K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.6KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.