Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pengalaman Ane 3 Tahun Jadi Pengamat KASKUS ( ada embarassing momennya juga gans )

jims92Avatar border
TS
jims92
Pengalaman Ane 3 Tahun Jadi Pengamat KASKUS ( ada embarassing momennya juga gans )
Assalammu'alaikum gans,selamat malam aja buat yang lagi KASKUSAN emoticon-Malu (S)


Heu. . . gimana ya ane mulai ceritanya? emoticon-Bingung (S)

Ane mulai aja deh. emoticon-Malu (S) maaf ya gans, jujur ane orang yang kurang pinter dalam soal cerita, ane sampein yang point-pointnya aja. emoticon-Malu (S)

Awal perkenalan ane sama KASKUS itu taun 2010 bulan Nopember gans, kebetulan dulu ane dikenalin sama temen yang sekosan sama ane (dulu ngontrak rumah rame-rame). "Wih, apaan ini? KASKUS? wew. . . [ane sempet keingetan sama cabang matematika yang namanya KALKULUS]." Perkenalan ane sama KASKUS ngasih kesan pertama yang emosional banget, soalnya dulu temen ane buka-buka thread yang isinya science oriented banget. Euhh. . . ini bagus nih! (kata ane dalam hati). Langsung deh ane jatuh hati sama KASKUS, soalnya unik-unik tulisannya. emoticon-I Love Kaskus (S) Jujur dulu ane gaptek banget, ane ga bisa ngebedain antara blog, social media atau website. Maklum yang cuma ane tau cuman ketik-ketik keyword aja di mulutnya Mbah Google, atau nyari-nyari lagu di 4*shared. Udah deh dari sana ane langsung aja keseringan buka KASKUS. Kebetulan temen ane yang ntu juga Kaskuser, jadi ane sering liat doi baca thread-thread di KASKUS.

Ane akuin tulisan-tulisan di KASKUS ga ngebosenin, ane bisa kuat seharian ngamatin KASKUS di kompi milik temen ane. Kadang kalau lagi iseng temen ane suka ngejailin ane. Temen ane nyuruh ane buka-buka tab ini itu lah, kemudian nyuruh buka spoilernya. Ane yang dulu masih lugu nurut aja sama dia, tapi ane agak curiga soalnya dia merhatiin ane sambil senyum-senyum menyeringai gitu. Weeeeekkk . . . emoticon-Najis (S) ternyata temen ane ngejailin dengan liatin foto-foto yang emoticon-Najis (S) ane langsung aja emoticon-Mad (S) soalnya ane shock banget gans! Temen ane malah ketawa aja. emoticon-Ngakak Lama setelah kejadian itu akhirnya ane dikasih tau kalau KASKUS itu ga selebar The Lounge aja, masih banyak forum lain yang ada di KASKUS. Gambar yang ane liat ntu merupakan konten dari forum DP yang paling ane hindarin sampai hari ini. Ane masih inget lho gans gambarnya! Udah deh ane ga mau deskripsiin lebih jauh gambar itu. Ane yakin agans sendiri 100% pernah lah liat ke DP.

Sebenernya banyak gans yang mau ane ceritain tentang pengalaman ane selama jadi pengamat KASKUS, tapi ane mau nyeritain yang menurut ane paling krusial aja selama karir ane jadi mahasiswa.

Dulu kebetulan ane mau presentasi tentang sejarah masyarakat Indonesia. Ane kebagian jadi penyaji minggu kedua di awal semester 3. Langsung deh ane searching di Google tentang materi yang ane perluin. Di tengah heningnya suasana konsentrasi ane, temen ane memancing perhatian ane dan nunjukin sebuah thread yang isinya tentang relief candi yang "katanya" nunjukin jejak sejarah kalau masyarakat nusantara jaman kerajaan hindu-budha dulu pernah punya hubungan dagang bahkan kolonialisasi sama masyarakat Indian di Amrik sana (maaf ane lupa judul threadnya gans). "Widih ini keren nih!" kata ane teriak senang. Tentu aja ane langsung panteng itu tulisan, dan pembahasannya cukup masuk akal bagi ane. Ane tertarik banget buat ngejadiin thread ntu jadi sumber referensi ane. Ya udah, ane pantengin terus itu tulisan ampe ane ngerti betul, jadi ga usah copast. Oke, setelah dirasa cukup faham ane langsung aja nulis makalah ane. Dan tentunya agan tau kan? KASKUS jadi bagian di daftar pustaka makalah ane. Uuuuh. . . bangganya bukan maen! Coz ane pikir ini makalah hasil semedi ane pasti dapat sambutan, soalnya materi dan informasinya baru gans! emoticon-I Love Kaskus (S)

Oke, singkat cerita hari-H itu dateng juga. Siang-siang sekitar jam 2 ane presentasiiin makalah hasil semedi ane. Ane juga tampilin gambar-gambar yang unik banget hasil save dari thread ntu. Wah, ane bukan main semangat banget dulu. Ane ceritain semua hasil penemuan ane dari internet. Seinget ane, semua temen di kelas ga ada satu pu yang ngobrol saking terpanannya sama makalah buatan ane. Oke deh, beres presentasinya. Kini giliran dosen atau mahasiswa nanya. Sambil-senyum ane bangga dengan hasil presentasi ane, reaksi temen-teman ane juga sangat antusias liat presentasi ane. Tapi setelah beberapa puluh detik ane nunggu, ga ada juga yang ngacungin tangan buat nanya. dari sana ane mulai tegang, jangan-jangan mereka malah ga ngerti apa yang ane sampein. emoticon-Cape d... (S) Hingga akhirnya dosen mau ngebahas presentasi ane. Tapi seeeeetttt!!! ada salah satu temen ane yang nanya. Wih, seneng banget ane coz ada juga yang memecah keheningan. emoticon-Malu (S) Oke ane tanggepin secara serius, dan dia mulai nanya ke ane. "Oke, presentasi yang sangat menarik, boleh saya liat slide daftar pustakanya?" weew. . . pertanyaannya cuman itu doang brad? (dalam hati ane berteriak) Oke deh langsung ane ladenin permintaan temen ane itu. Ane mulai gulir-gulir scroll PPT ane, dan seettt, langsung deh ane tampilin slidenya. emoticon-I Love Kaskus (S) seketika sehabis ane nampilin slide daftar pustaka, emoticon-Berduka (S) temen-temen ane di kelas ketawa kegelian. Aneh pikir ane kok mereka pada ketawa? (dalam hati, maaf, ada yang aneh dengan tampilan slide saya?). Euh. . . ane bingung banget gans sama temen-temen ane. Apa sih yang mereka ketawain? Ane ga tau gans, padahal ane liat ke tampilan slide juga ga ada yang aneh. emoticon-Cape d... (S)
Beres dah ketawanya temen-temen ane ntu. Kemudian temen ane yang tadi nanya, sambil wajah agak merah habis ketawa, mulai ngomong lagi. "Maaf, mungkin ini agak mengecewakan, tapi jujur saja, teman-teman kita di kelas ini agak keberatan dengan sumbernya. Saya tidak akan berkomentar lagi, mungkin nanti secara pribadi kita bicarakan sambil nyantai." Huft, ane tambah bingung gans sama pernyataan temen ane. Tapi ya gitu deh, ane mesti nerima apapun konsekuensi dari presentasi ane tadi. Terus ane bilang ke temen ane, "Silahkan saja, saya di sini siap menerima saran dan kritiknya." Setelah itu temen ane langsung aja ngomong, "Maaf, mungkin kita sepakat kalau tadi presentasinya bagus, tapi sayangnya kita tahu bahwa ada sedikit masalah dengan sumber daftar pustakanya, situs itu. . . . bla. . .bla. . . bla. . ." Ane ga sanggup bilangnya gans, tapi alasannya memang kuat juga. Temen ane yang itu memang kritis tapi baik, dia nyampein pikirannya dengan lemah lembut dan santun. Tapi ane yang jadi malu sendiri gans, soalnya ane terlalu menyandarkan materi dan informasinya lebih kepada thread yang ane baca di KASKUS. Ane tambah bingung, tapi salut banget sama temen ane yang itu, soalnya dia mengkritik ane secara langsung dan dengan maksud membangun. Udah gitu ane langsung pamitan sama dosen buat duduk lagi di kursi ane sambil beres-beres netbook. Dosen juga keliatannya agak nahan geli pengen ketawa gitu, ah, aneh banget hari ane waktu itu. Oke deh, yang penting ane udah presentasi. Walau sejujurnya ane malu banget gans di akhir, coz informasi yang ane dapet ternyata masih belum kebukti kebenarannya. emoticon-Cape d... (S)

Dari semenjak kejadian itu ane jadi "ill feel" sama KASKUS, sempat ane jadi sebel juga sama temen sekosan yang nunjukin itu thread. Tapi sesal ga ada gunanya gans, ane berintropeksi diri aja atas kejadian itu. Ane jadi lebih kritis lagi terhadap sumber bacaan, dan tentunya lebih konservatif beres kejadian itu. Ini bukan salah KASKUS, tapi salah ane sendiri yang kurang kritis. Ane mulai lagi deh deketin KASKUS, dan memaafkan diri ane sendiri atas kejadian itu. Ane ga termasuk orang yang suka me-general-kan masalah, dan gampang nuduh gitu-gitu aja. Maka dari itu, walau ane dulu punya pengalaman yang emoticon-Malu (S) , tapi ane tetep emoticon-I Love Kaskus (S) sama KASKUS, dan tetap bertahan jadi pengamat sampai akhirnya ane jadi member hari ini. emoticon-I Love Indonesia (S)

Oke gans, sekian pengalaman ane, ane ucapin terimakasih buat emoticon-I Love Kaskus (S) yang udah ngebantu ane jadi lebih kritis dan dewasa. Ane akui KASKUS juga merupakan bagian dari proses pendewasaan ane dengan thread-threadnya. Salam buat agan dan aganwati semua, selamat tidur buat yang mau tidur. kalau belum ngantuk, boleh deh sharing ke ane pengalamannya? Barangkali ada yang punya pengalaman unik selama jadi pengamat KASKUS atau selama jadi member KASKUS juga boleh. Maaf ya gans kalau threadnya berantakan? Nanti ane belajar lagi deh biar labih bagus. Bye. . . wassalammu'alaikum. . . emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh jims92 18-02-2014 16:14
0
2.2K
21
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.