Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [SALAH KAPRAH] Jakarta Sebenarnya Sudah Punya MRT Sejak Lama Gan!!

thezaoldyeckAvatar border
TS
thezaoldyeck
[SALAH KAPRAH] Jakarta Sebenarnya Sudah Punya MRT Sejak Lama Gan!!
[SALAH KAPRAH] Jakarta Sebenarnya Sudah Punya MRT Sejak Lama Gan!!


Selamat datang di Thread Sederhana Saya...

Disini saya hanya ingin meluruskan beberapa hal yang bengkok. emoticon-Ngakak (S)
Seperti kita tahu akhir2 ini banyak sekali pemberitaan baik di media online maupun cetak yang mengatakan "Jakarta akan segera memiliki MRT!", hal ini seiring dengan dilaksanakannya pembangunan fisik MRT di beberapa lokasi di Jakarta.

Tapi tahukah kamu bahwa SEBENARNYA JAKARTA SUDAH MEMILIKI MRT SEJAK LAMA!emoticon-Malu (S)

====================


Kalau tidak tahu wajar, karena media yang selama ini sering menggembar-gemborkan tentang MRT Jakarta ternyata menulis dengan asal-asalan dan menimbulkan persepsi yang salah di masyarakat. Contoh kecilnya, tahukah kamu Monorail tidak sama dengan MRT?!

Ok, sekarang kita bahas satu per satu. MRT (Mass Rapid Transit) seperti namanya merupakan sebuah system transportasi yang memiliki 3 unsur utama, yaitu memiliki daya angkut banyak (mass), cepat (rapid), dan terdiri dari berbagai tempat pemberhentian dalam jarak tertentu (transit). Dalam pelaksanaannya MRT memiliki berbagai macam pilihan implementasi, diataranya:

Quote:


Nah dari definisi diatas bisa dilihat bahwasanya Jakarta setidaknya sudah memiliki 2 system MRT. Pertama adalah system busway Transjakarta yang merupakan perwujudan MRT type BRT, dan yang kedua adalah Commuterline yang menghubungkan Jakarta dengan daerah penunjang disekitarnya (Bogor, depok, tangerang, bekasi).

Kalau begitu apa sih sebenarnya yang sedang dibangun oleh pemkot DKI?

[SALAH KAPRAH] Jakarta Sebenarnya Sudah Punya MRT Sejak Lama Gan!!


Saat ini Jakarta sedang membangun 2 system transportasi massal baru, ya 2 bukan satu. Yaitu Monorail yang dipegang PT Jakarta Monorail dan MRT yang dipegang PT MRT JAKARTA.

Nah jika dihubungkan dengan 4 system MRT yang ada diatas, monorail yang sering disebutkan oleh media dan Jokowi mengacu pada Light Rail Transit (LRT).Karena nantinya kereta-kereta monorail ini hanya memiliki 3-5 gerbong dengan kapasitas angkut sedikit lebih banyak dari bus. Dan seperti namanya monorail menggunakan SATU rel.

Sementara yang sering disebut-sebut MRT Jakarta adalah system transportasi METRO atau subway. Berbeda dengan monorail, kereta metro ukuran dan kapasitas angkutnya kurang lebih seperti kereta commuter line yang kita kenal sekarang, jalurnya pun menggunakan DUA rel. Nah bedanya jika commuter line menghubungkan Jakarta dengan kota-kota pendukung di sekitar, MRT Jakarta / Metro / Subway hanya ada di dalam kota saja. Untuk pembangunannya nanti sebagian jalur menggunakan system subway (bawah tanah) dan sebagian lagi menggunakan jalur melayang.

Spoiler for BWK:


Spoiler for BWK:


Spoiler for BWK:


Spoiler for BWK:


====================


Itu saja yang saya ingin sampaikan, semoga bisa meluruskan salah persepsi yang banyak beredar di masyarakat berhubungan dengan MRT dan Monorail ini.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Spoiler for sumber:
0
8.7K
30
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.