Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bola dan Jersey RI Tembus Eropa, Orang Indonesia Lebih Bangga Barang Impor

rizhaltriAvatar border
TS
rizhaltri
Bola dan Jersey RI Tembus Eropa, Orang Indonesia Lebih Bangga Barang Impor
Produk-produk olahraga seperti bola sepak, jersey buatan Indonesia laris di pasar ekspor terutama di Eropa. Namun justru orang Indonesia cenderung gengsi menggunakan produk dalam negeri.



Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Industri Olahraga Nasional Indonesia (Asioni) Irwan Suryanto kepada detikFinance, Senin (17/2/2014).

Misalnya produk buatan Majalengka Jawa Barat laku di pasar global seperti Venezuela, Afrika, Kuwait, Amerika Serikat, sampai Prancis pun sempat menggunakan bola buatan Majalengka, bahkan masih menggunakannya.

"Kalau buyer di luar negeri, kita sudah punya sertifkat itu mereka tidak bisa nolak. Kalau di dalam negeri itu mereka nggak percaya," katanya.

Irwan mengatakan, PT Sinjaraga Santika Sport (Triple S) yang merupakan perusahaannya telah memproduksi bola berkualitas internasional yang telah mengantongi sertifikat standard FIFA.

Menurutnya kapasitas pabrik bolanya mencapai 100.000 buah/bulan, sebanyak 95% dikirim untuk kebutuhan ekspor, hanya 5% dari total digunakan di dalam negeri. "Kalau sekarang sudah 50%-50%," katanya.

Ia bercerita sempat melihat sebuah pertandingan sepakbola liga Inggris di London. Irwan mendapati toko-toko olahraga menjual kaos, jaket, sepatu dan pakaian lain yang berlabel Made in Indonesia.

"Saya tahun kemarin ke London dengan beberapa gubernur, saya ke Manchester, saya ke Liverpool, saya nonton Chelsea sama Liverpool. Kayak MU itu punya toko. Itu terus terang saja kayak Nike, Adidas itu sepatu baju itu buatan Indonesia, itu sangat dikagumi. Terkenal Indonesia," katanya.

Namun Irwan menyayangkan masyarakat Indonesia menurutnya akan berpikir akan lebih bergengsi jika menggunakan produk impor. "Kadang-kadang mereka ini kurang bangga," tutupnya.
(zul/hen)

Spoiler for sumber:
0
5.4K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.