- Beranda
- Entrepreneur Corner
KASKUS ENTREPRENEUR CORNER'S BIG GATHERING #04 : WARNING !! UKM TRAPS !!
...
TS
KickboxKing
KASKUS ENTREPRENEUR CORNER'S BIG GATHERING #04 : WARNING !! UKM TRAPS !!
Spoiler for Note - Read Me !:
Setelah diskusi panjang lebar dan karena beberapa alasan kami merombak ulang acara yang akan kami adakan , informasi dibawah ini adalah hasil 99% FIX yang akan dilaksanakan!
Proudly JEcorner Present !!
WARNING !! UKM TRAPS !!
This is OFFICIAL INVITATION to BIG GATHERING #4 Kaskus Entrepreneur Corner !!
Seperti biasanya, Kaskus Entrepreneur Corner akan mengadakan BIG Gathering tahunan. Walau sempat tertunda, tentunya itu karena kami ingin menggodok konsepnya menjadi lebih matang dan menarik.
Dalam BIG GATH kali ini, kami akan mengupas habis2an apa saja yang membuat UKM still stay UKM FOREVER. HATI2, bisa jadi ANDA adalah SALAH SATUNYA !!
Penasaran ?
Feel free to join us !
Elo :Acara keren begini, pembicaranya pasti okeh punya ! Siapa aja Topic Leadernya !!?
TS Keren : Jelas Oke punya bos !! Check profile dibawah ini !!
Quote:
Andrew Darwis ~ Founder of This Our Great Forum!! KASKUS !!
Full Name :Andrew Darwis
Age : 34
Company : PT Darta Media Indonesia ( Kaskus )
The Journey of Andrew Darwis
- Kerja paruh waktu web desain di kemana.com dan indotradezone.com (1998)
- Web desainer Thor Loki, Seattle, Amerika Serikat (2003 - 2006)
- Web desainer lyrics.com, Seattle, Amerika Serikat (2007 - 2008)
- Pendiri & CTO Kaskus (1999 -sekarang)
Andrew Darwis ~ Big Achievement
- 2005, 2006: The best Indonesian Communities versi Alexa.com dan Wikipedia.
- 2008: Oleh Microsoft : KASKUS Web Site that recognized as Indonesia Inovative Top Web Site (2008)
- 2009: Oleh Indosat : KASKUS - The Online Inspiring Award 2009
- 2009: Oleh Presiden RI : KASKUS - The Big Place Market 2012
Andrew Darwis ~ The Big Story
Andrew mendirikan Kaskus pada 6 November 1999. Bermula dari pengalamannya saat menimba ilmu di salah satu universitas terkemuka di Negeri Paman Sam, Seattle University, Program Studi Multimedia & Web Design, Art Institute of Seattle Computer Science pada tahun 1999.
Kendalanya Andrew mengaku bahwa kendala terberat dialaminya saat awal pembentukan Kaskus. Ia harus turun tangan langsung dan memperbaiki apabila ada server yang down, karena saat itu Andrew belum memiliki karyawan. Selain itu kendala terberat juga dialaminya ketika pindah ke Jakarta, karenai ia harus meyakinkan customer dan advertiser mengenai citra Kaskus.
Pemasarannya Andrew dan timnya di awal usaha harus bergeriliya door to door ke klien untuk memperkenalkan positioning Kaskus dan tidak sampai 1 tahun, Kaskus sudah banyak dipercaya oleh client-client besar yang sudah mendukung Kaskus sejak pertama kali Kaskus launching pada Desember 2008. Berselang 2 bulan kemudian Kaskus resmi menjadi perusahaan professional di bawah bendera PT. Darta Media Indonesia.
Saat ini tercatat Kaskus memiliki 4.366.134 member(update pertanggal 20 Mei 2012 pada pukul 13.21) dan terus bertambah tiap detiknya. Kaskus memiliki target pasar dari usia 15-40 tahun baik kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, professional dan entrepreneur.
Obsesi yang ingin diraih Andrew untuk pengembangan bisnis online-nya adalah terus mengembangkan content (fasilitas yang ada di dalam website) Indonesia, sehingga nantinya orang luar negerilah yang akan membeli content itu.
Quote:
Chandra Liang ~ Founder of Esprecielo & Moderator Forum Entrepreneur Shadowlenz
- Full Name : Chandra Liang - Moderator Forum Entrepreneur (Shadowlenz)
- Age :29
- Company : Esprecielo Group, Belfield Group, Founder of www.sarangkopi.com
- Website : [url=http://www.esprecielo.com[/list]www.esprecielo.com
[/url] - Last Education : SMA Aloysius Bandung ( DO-an Kampus , Survive and Become a Giant !! )
Achievement :
Founder of Esprecielo,
mendistribusikannya ke ribuan Supermarket dan Minimarket di kota2 besar di Indonesia.
Membuat Classic Coffee Drip, dan memperkenalkan "cara ngopi ala vietnam" di Indonesia
Mendistribusikan Bel Canto Coffee di Supermarket2 High End di Bali
Founder of www.sarangkopi.com
Memberikan ide Forum Entrepreneur Corner di Kaskus, lalu menjadi Moderator
[YOUTUBE]THad_1iiGa8&feature=youtu.be[/YOUTUBE]
Chandra Liang ~ The Big Story
Sepuluh tahun yang lalu, tidak ada seorangpun yang mengenal saya sebagai seseorang yang "calon sukses". Ayah saya tertipu oleh saudara sendiri, sampai bisnisnya hancur dan hutangnya besar. Yup, saya hidup di masa muda yang kelam. Saya merasa menjadi seseorang yang sangat sial, karena saya tidak bisa menikmati rasanya "setara" dengan kawan2 yang lain. Saya selalu merasa inferior, karena memang saya sangat memenuhi kategori tersebut : bodoh, tidak pandai olahraga, kuno, close minded, kekanak2an, kurang mandiri, sial, miskin, pemalu, rendah diri, dan tidak punya bakat apapun. Ya, itulah saya 10 tahun yang lalu, saya berkembang menjadi seorang yang tidak punya harapan pada saat itu. Hidup saya terlalu negatif, dan saya hanya bermain game terus menerus, karena hanya di sanalah saya merasa "punya dunia sendiri". Dan saya selalu bertanya pada diri sendiri "Aneh ya, Tuhan koq tidak adil, yang kaya terus saja makin kaya, dan yang miskin, selalu makin tertindas dan makin miskin"
Namun di suatu saat di tahun 2007, saya mulai tergelitik oleh seorang dosen kewirausahaan yang selalu menyemangati muridnya untuk memulai bisnis sendiri sedini mungkin. Karena saya tahu, saya sama sekali tidak punya harapan bila tidak cepat2 "mengubah hidup", maka saya pun tidak berpikir panjang lagi untuk langsung "membuka bisnis sendiri". Kalau kata orang, "strategi bakar jembatan", namun saya saat itu, jembatan pun saya tidak punya, jadi ya hanya bisa maju tanpa melihat ke belakang..he he he..
Lalu saya pun memulai bisnis dengan seorang partner yang merupakan kawan saya sampai saat ini. Mulai dari bisnis "gerobakan" di pinggir jalan ( http://www.cikopi.com/2008/07/konsep...nik-bel-canto/ ), mengalami gagal berkali2, ditipu teman sendiri, saya sudah alami. Namun karena memang saya "tidak pernah punya jembatan untuk kembali ke belakang", dan tidak punya "comfort zone", saya hanya tahu mesti maju terus pantang mundur, berganti-ganti bisnis namun tetap fokus di bidang yang saya cintai, yaitu Food and Beverages Business.
Tanpa saya sadari, saya telah jauh sekali berubah. Saya telah berubah dari "si anak sial" mulai menjadi "businessman muda yang beruntung dan penuh semangat". Ya, akhirnya saya mulai menemukan jawaban dari pertanyaan saya sepuluh tahun yang lalu "mengapa yang kaya makin kaya, dan yang miskin makin miskin", dan itu yang akan saya bagikan dalam "The Secret of The Giants" di Big Gathering kali ini.
See u at THE TOP !!!
Quote:
Ade Indra ~ Founder of Virtuspack
Full Name :Ade Indra
Age : 27
Company : Luminary Group, Virtus Group
Website : www.virtuspack.com
Education : D-3 Manajemen Tata Boga STP Bandung
[YOUTUBE]XiGF_mucigA&feature=player_embedded#t=86[/YOUTUBE]
Ade Indra ~ The Big Story
I have been doing business for the past 7 years. At first i just start doing just because im just too lazy to work for other people, then i found enjoyment in the progress and choose to just stick with it. But its only recently that i have found the true purpose of doing all of it.
I found that my purpose of life, or my business is to make a change, change to things that i see as a total boredom and as a big sin, considering the number of transaction value that floats on it and how people just see it and take it as granted.
Through my companies, i'm provisioned to try to make that changes. my first objective is to reform the old nasi bungkus / nasi kotak / lunch box. I believe that eating lunch box is supposed to be a cheerful moment, a long awaited cherishment after your long meeting or tiring vacation.
But what Indonesia has to offer by that time was just nasi ayam inside a dull carton box that immediately drops everyone's appetite. And that is my goal, to make lunch box that is able to bring smiles to everyone.
To make that change, my companies work in a collaboration, our distribution company imported one of the best packaging available in this world, our catering crafted attractive lunch box menu, and just recently we set up an advertising company to blast the message
What i want to say or share is that after i receive and walk through that global vision, things has been really wonderful. Business growth, new ideas, great supporting friends, everything come just so naturally that it leaves me amazed.
I believe all those big companies started small, but the secret for them to grow bigger and lives as a giant is when they set their big vision despite how small their hands are by that time, and put all their best to realize that vision.
Big Words dari Ade Indra topic leader di Acara UKM Traps !!
Quote:
Original Posted By indrabaka►
Hi guys, gw mewakili salah satu panitia dari JEC akan coba tulis preview / spoiler singkat tentang apa sih yang akan dibahas di UKM Trap ini?
menurut gw pribadi topik UKM Trap ini topik yang sangat menantang dan tentunya sangat bermanfaat, baik bagi yang dengerin maupun bagi yang ngebawain, gw yakin ini akan jauh lebih hebat lagi dari gath-gath sebelumnya, so dont miss it and see you soon!
UKM Trap #1 : Tidak Berguna!
Banyak dari kita memulai bisnis melalui hasil pengamatan "wah asik ya tu orang jualan baju online duitnya banyak, gue juga mau", akhirnya kita memulai.. buka blogspot, buka bbm group, atau seperti gimana yang lainnya saja
Dan setelah bertahun2 kita mengelola online shop, jawab2in bbm yang masuk, ngepack2 pesenan orang, ngantri ke TIKI, and that’s it.. Mungkin kita akhirnya bisa mencapai titik sejajar dengan "contekan" kita, pendapatan udah diatas teman2 employee lain, tapi ya sudah, that’s it! that’s as far as we go.
Bukan berarti online shop toko baju adalah hal yang buruk, tetapi kalau hanya segitu-segitu saja, apakah itu hal yang baik? (kalian sendiri yang jawab ya)
Amati dan Tiru tidaklah cukup, harus ada modifikasi, harus ada nilai tambah yang kita ciptakan yang membedakan kita dengan yang lain… A-T-M … ahhh itu sih sudah sering dengar ya?
Tapi disini kuncinya.. Modifikasi itu ada banyak. Ganti warna header website dari kuning jadi hijau juga sudah modifikasi, tapi kenapa ada yang dengan modifikasi kemudian menjadi besar, tapi ada yang kayaknya sudah kita modif segimana juga tetap segitu-segitu aja?
Kuncinya simple, apakah modifikasi itu berguna? Lets say semua online shop memiliki layout yang kurang lebih sama, kita lihat apakah kita sebagai user/pembeli kita merasa nyaman dengan layout itu? Apakah ada fitur yang kurang? Apakah terlalu rumit? Apakah fotonya sudah mewakili? Apakah proses bayarnya nyaman? Apakah search enginenya akurat? Apakah jangkauan marketnya luas? Dan yang terpenting.. Apakah online shop ini akan berguna dan bermanfaat pengunjungnya?
ingat, bila kita posisikan diri kita sebagai pengunjung, kita tidak akan mereferensikan sebuah website kepada teman kita bila website itu biasa-biasa saja dan tidak bermanfaat
Kalau modifikasi kita hanya pada level permukaan, tidak ada kedalamannya, tidak ada perombakan valuenya, kenapa anda bisa berharap bisnis anda naik level?
prinsipnya simple, kalau anda tidak menghasilkan yang lebih besar, kenapa market harus membawa anda ke level yang lebih besar?
Contoh lainnya misalnya..
J.co melakukan perombakan value pada produk donut dengan menyediakan produk berkualitas baik dengan konsep yang baik dan menjawab kebutuhan market untuk nongkrong yang affordable dan rasanya kurang pas tanpa cemilan (compared to starbucks misalnya), pengikut2nya tidak melakukan perombakan value melainkan hanya mengekor dengan produk yang tidak lebih tinggi kualitasnya, dan tidak menjawab kebutuhan market (karena sudah dijawab jco) yang manakah yang lebih sukses?
Well itu contoh saja, jangan diambil content (ISI)nya, tapi lihat context (kerangka berpikir)nya. contentnya disesuaikan saja dengan bidang masing-masing, contextnya pretty much semua bisnis sama, makanya kalau kita lihat perusahaan sudah besar, bisa berbagai macam bidang dilahap sekaligus dan relatif sukses semua.
Well itu satu dari beberapa ukm trap yang kalau kita belum melewatinya, jangan heran kalau bisnis kita ya segini-segini aja..
Cheers!
Hi guys, gw mewakili salah satu panitia dari JEC akan coba tulis preview / spoiler singkat tentang apa sih yang akan dibahas di UKM Trap ini?
menurut gw pribadi topik UKM Trap ini topik yang sangat menantang dan tentunya sangat bermanfaat, baik bagi yang dengerin maupun bagi yang ngebawain, gw yakin ini akan jauh lebih hebat lagi dari gath-gath sebelumnya, so dont miss it and see you soon!
UKM Trap #1 : Tidak Berguna!
Banyak dari kita memulai bisnis melalui hasil pengamatan "wah asik ya tu orang jualan baju online duitnya banyak, gue juga mau", akhirnya kita memulai.. buka blogspot, buka bbm group, atau seperti gimana yang lainnya saja
Dan setelah bertahun2 kita mengelola online shop, jawab2in bbm yang masuk, ngepack2 pesenan orang, ngantri ke TIKI, and that’s it.. Mungkin kita akhirnya bisa mencapai titik sejajar dengan "contekan" kita, pendapatan udah diatas teman2 employee lain, tapi ya sudah, that’s it! that’s as far as we go.
Bukan berarti online shop toko baju adalah hal yang buruk, tetapi kalau hanya segitu-segitu saja, apakah itu hal yang baik? (kalian sendiri yang jawab ya)
Amati dan Tiru tidaklah cukup, harus ada modifikasi, harus ada nilai tambah yang kita ciptakan yang membedakan kita dengan yang lain… A-T-M … ahhh itu sih sudah sering dengar ya?
Tapi disini kuncinya.. Modifikasi itu ada banyak. Ganti warna header website dari kuning jadi hijau juga sudah modifikasi, tapi kenapa ada yang dengan modifikasi kemudian menjadi besar, tapi ada yang kayaknya sudah kita modif segimana juga tetap segitu-segitu aja?
Kuncinya simple, apakah modifikasi itu berguna? Lets say semua online shop memiliki layout yang kurang lebih sama, kita lihat apakah kita sebagai user/pembeli kita merasa nyaman dengan layout itu? Apakah ada fitur yang kurang? Apakah terlalu rumit? Apakah fotonya sudah mewakili? Apakah proses bayarnya nyaman? Apakah search enginenya akurat? Apakah jangkauan marketnya luas? Dan yang terpenting.. Apakah online shop ini akan berguna dan bermanfaat pengunjungnya?
ingat, bila kita posisikan diri kita sebagai pengunjung, kita tidak akan mereferensikan sebuah website kepada teman kita bila website itu biasa-biasa saja dan tidak bermanfaat
Kalau modifikasi kita hanya pada level permukaan, tidak ada kedalamannya, tidak ada perombakan valuenya, kenapa anda bisa berharap bisnis anda naik level?
prinsipnya simple, kalau anda tidak menghasilkan yang lebih besar, kenapa market harus membawa anda ke level yang lebih besar?
Contoh lainnya misalnya..
J.co melakukan perombakan value pada produk donut dengan menyediakan produk berkualitas baik dengan konsep yang baik dan menjawab kebutuhan market untuk nongkrong yang affordable dan rasanya kurang pas tanpa cemilan (compared to starbucks misalnya), pengikut2nya tidak melakukan perombakan value melainkan hanya mengekor dengan produk yang tidak lebih tinggi kualitasnya, dan tidak menjawab kebutuhan market (karena sudah dijawab jco) yang manakah yang lebih sukses?
Well itu contoh saja, jangan diambil content (ISI)nya, tapi lihat context (kerangka berpikir)nya. contentnya disesuaikan saja dengan bidang masing-masing, contextnya pretty much semua bisnis sama, makanya kalau kita lihat perusahaan sudah besar, bisa berbagai macam bidang dilahap sekaligus dan relatif sukses semua.
Well itu satu dari beberapa ukm trap yang kalau kita belum melewatinya, jangan heran kalau bisnis kita ya segini-segini aja..
Cheers!
Quote:
Rendy Fudoh ~ The Adept Magus & Founder of Trust Us Management
Rendy Fudoh ~ The Big Story
Rendy Fudoh adalah seorang tarot reader dan mentalist, dimana dia belajar kedua ilmu pengetahuan itu secara bersamaan. Pendekatan yang dia gunakan adalah pendekatan psikologi agar bisa dicerna oleh masyarakat umum dan bisa melakukan brain-storming dalam mencari solusi. Info seputar Rendy Fudoh dapat dilihat di websitenya: RENDYFUDOH.COM
Kontribusinya dalam dunia tarot juga dia lakukan dalam bentuk menerbitkan sendiri buku seputar tarot berjudul Tarot Next Lesson yang sudah mencapai 3 volume, dan juga menjadi pemimpin redaksi dari majalah digital gratis dwi-bulanan : Tarot Journey Indonesia yang bisa di download di [URL="TJINDONESIA.COM ."]TJINDONESIA.COM .[/URL]
Passionnya di tarot dan mentalism membawa dia menjadi pemimpin dari suatu talent management yang menggawangi tarot reader, magician, stand-up comedy, usher, dan lain sebagainya dengan nama Trust Us Management.
Di gathering besar ke-4 ini, Rendy Fudoh akan memberikan sharing seputar rangkuman akan apa yang klien - klien -yang berprofesi sebagai karyawan- , pikirkan dan harapkan ketika mereka mencoba ingin memulai suatu usaha dan yang ternyata berujung menjadi kekurangan mereka dalam menjalani usaha.
Manfaat dari sharing Rendy ini, adalah lebih untuk melihat kembali motivasi ASLI anda apabila anda baru berminat memulai usaha dan mengoreksinya apabila memang diperlukan.
Quote:
Julius Komang ~ Founder of Suteki Sushi
Full Name : Julius Komang
Age : 25 tahun
Education : Lulusan SMA sby
Company : Putra Boga Sakti, Sinar Japindo, Putra Pangan Perkasa, Putra Graha Bumi Sakti
Website: www.sutekisushi.com, www.penyetancok.com
Julius Komang ~ The Big Story
Saat ini sy memiliki beberapa perusahaan yg bergerak di bidang FnB dengan 2 brand yg kami bangun yaitu : Suteki Sushi Take Away yg saat ini memiliki 13 outlet ( Jakarta, Surabaya, Malang, Balikpapan ) dan Penyetan Cok saat ini masi memiliki 2 outlet di Jakarta dan Balikpapan. Dan sy jg bergerak di bidang produksi japanese frozen food product yg masi skala home industry, kita memproduksi 3 bahan makanan utama untuk kebutuhan resto jepang di indo. Sy jg dgn partner lagi belajar di bidang property invesment yg sedang menggarap proyek di bali.
Saya sangat bersyukur pada tuhan karena ga terasa 6 tahun sudah terlewati dengan hebat dan dahsyat.
Saya berasal dari keluarga yg dulu nya berada dan ekonomi kluarga kami hancur pada taun 2004, yg menyebabkan sy nge kost pada saat sma dan sy jg ga bisa meneruskan jenjang pendidikan yg lebih tinggi krna alasan biaya. Karena rmh kami pun tdk ada.
Saya lulus sma pada saat tahun 2007, pada saat itu sy mau ke amerika dgn visa student tp dgn tujuan bekerja mengadu nasib disana krna sy denger2 gaji tukang cuci piring aja bs 15-20jt/bulan, jd sy pengen bgt untuk bs ke sana tp nyatanya 2x sy apply visa dan smuanya di tolak. Duit melayang buat apply visa dan sy pun merasa gagal sampe menangis merenungi kesialan sy.
Sejak saat itu sy bertekad bekerja super mati2an, apapun itu dan berapa pun hasilnya sy bekerja keras dengan hati dan iman.
Karir pekerjaan sy pertama ada salesman traffic cone dan marketing insurance dan hasilnya lumayan buat di tabung2 dikit. Sy pun ga menyangka sy bs berjualan dgn baik krna sy dulu kalo bicara gagap. Sy yakin tuhan udah pulihkan kegagapan sy.
Awal perubahan saya saat itu sy sangat suka sushi dan kbetulan dpn rumah kontrakan sy dulu adalah gudangnya kebab turki baba rafi, dari situ sy punya ide untuk bikin sushi take away pada bulan desember 2009. Sy punya ide tp sy ga pnya modal dan keahlian dari situ lah membuat sy berpikir dan berharap pada tuhan. Dan tdk terasa wkt bergerak cepat dan sy pun bergerak cepat meski bnyak kegagalan di dpn sy....
Demikian cerita singkat my profile, pada gathering ini sy ingin membawakan tema "Berlari dengan kaca mata kuda".
Saya berharap pada kesempatan gathering kali ini akan ada banyak hal yg kita bagi bersama dan menciptakan entrepenuer2 muda baru buat Indonesia.
Regards,
Julius Komang
0
36.9K
Kutip
389
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
22KThread•4.7KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok