Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xoarAvatar border
TS
xoar
[WTF!] Harga elpiji 12 Kg akan naik TIAP Januari dan Juli!
PT Pertamina (Persero) mengumumkan, formulasi penaikan harga elpiji ukuran 12 Kilogram yang akan naik dua kali setahun. Besarannya berbeda-beda, dengan momen penaikan paling dekat Juli mendatang.

Informasi itu disampaikan Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya, di Pulau Sambu, Kota Batam, Rabu (12/2). Ide Badan Usaha Milik Negara bidang energi itu sudah disetujui pemerintah. Surat pemberitahuan rencana penaikan dikirim ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral 15 Januari lalu.

"Nanti kalau tidak ada halangan, 1 juli 2014 naik Rp 1.000 per kilogram," ujarnya.

Pada 1 Januari dan 1 Juli tahun depan, penaikan harga meningkat, menjadi Rp 1.500 per kilogram. Harga itu dipertahankan pada dua kali penaikan pada 2016. "Diharapkan 2016 penjualan elpiji 12 Kilogram tercapai harga keekonomian," kata Hanung.

Rencana tersebut diumumkan jauh-jauh hari buat menghindari polemik seperti proses penaikan harga awal tahun ini. Pertamina berkukuh bahwa sesuai aturan, tak ada masalah ketika harga elpiji 12 Kilogram yang non-subsidi dinaikkan kapanpun.

Kehebohan di awal 2014 akhirnya membuat Pertamina cuma menaikkan harga jual tabung non-subsidi Rp 1.000 per kilo. Kondisi itu menurut Hanung, masih merugikan pihaknya Rp 4.556 per kilogram.

"Kerugian itu memang berkurang. Tapi kan masih rugi. Makanya perlu dinaikkan karena ini barang dagangan, non-subsidi, sesuai permen ESDM kita laporkan rencana," tandasnya.

Dalam hitungan Pertamina, seandainya harga naik Rp 1.000 per kilo secara bertahap, maka beban kerugian mereka dalam bisnis elpiji bisa berkurang Rp 1 triliun per tahun. Itu dengan asumsi konsumsi tabung 12 Kilogram di Indonesia mencapai 1 juta metrik ton.

http://laudeard.com/news/1214/Harga-...-dan-Juli.html

--------------------

ngajak Inflasi trus nih pertamina. tahu kaga lo efek harga elpiji naik? jualan nasgor jd naik, angkot naik, sembakonaik dll, trus buat nyeimbangin demo minta UMP naik, emang BUMI minta 'harga' dinaikkan apa pas disedot dr bawah ???? emoticon-Embarrassment
0
1.6K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.