Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dewaswaraAvatar border
TS
dewaswara
Mobil juga bisa ber-kolesterol!
Gan, yang pada sayang dengan mobil dan motornya harus tau ini..
tapi untuk resminya harus ane sampaikan dulu kalau..

Spoiler for Ritual Kaskuser Ketika Baca Thread:


Gini gan, tau kan kalau tiap kendaraan yang berbahan bakar bensin maupun solar mendapat energi penggeraknya dari hasil pembakaran bbm yang menggerakkan piston di ruang mesin. Piston yang muter inilah yang menggerakkan kendaraan agan.

Spoiler for Proses kerja mesin bermotor:


Nah karena reaksi pembakaran inilah dapat dipastikan pada ruang bakar mesinnya terdapat timbunan kerak karbon sisa pembakaran. Kerak tersebut lebih dikenal dengan sebutan carbon deposit, yang menumpuk perlahan seiring pemakaian kendaraan.

Timbunan kerak karbon yang sudah lama mengendap secara berlebihan didalam ruang bakar ini dapat mengakibatkan gangguan performa pada mesin..



Spoiler for Gambar Kerak Karbon:


Oleh karena penumpukan atau endapan carbon deposit yang berlebihan dapat mengurangi performa mesin mobil, maka dalam jangka waktu tertentu carbon deposit ini memang harus disingkirkan dari dalam mesin. Tune-up yang dilakukan rutin dapat membantu mengurangi timbunan kerak karbon ini, walaupun tidak menyeluruh.

Karena efek kerak karbon ini sifatnya akumulatif, biasanya agan-agan semua baru akan bingung kalo kerak karbon udah bener-bener parah dan akhirnya terpaksa bongkar/turun mesin untuk melakukan overhaul. Mesin dibongkar, diturunkan, dibuka, lalu dibersihkan manual.

Untuk overhaul dibutuhkan biaya yang lumayan bikin dompet kurus mendadak emoticon-Hammer (S), juga waktu yang relatif lama karena mobil/motor anda biasanya perlu nginap di bengkelemoticon-Cape d... (S).

Spoiler for overhaul:


Supaya tidak sampai parah, kendaraan harus rutin tune-up. Tapi seperti yang ane tulis diatas, tune-up kurang tuntas membersihkan kerak karbon. Nah..saat ini ada metode baru untuk memberantas seluruh carbon deposit yang mengendap didalam ruang bakar dengan cepat dan mudah, namanya prosesnya adalah Carbon Cleaning.

Apa itu Carbon Cleaning emoticon-Bingung (S)?
Sesuai namanya, proses ini bertujuan spesifik membersihkan kerak karbon. Beda dengan overhaul, proses Carbon Cleaning tidak perlu membongkar mesin keseluruhan tapi langsung to the point. Cukup dengan membuka dan melepas busi, lalu semacam formula cair khusus diinjeksi ke dalam ruang bakar mesin. Formula khusus ini langsung bereaksi merontokkan karbon yang menempel di logam mesin kendaraan. Setelah itu larutan karbon dan cairan formula itu disedot dan dibuang. Busi dipasang kembali, dan selesai sudah. Waktu yang dibutuhkan relatif singkat sekitar 1 jam saja. Paling-paling abis beberapa batang rokok, sedikit obrolan ringan dan segelas cendol emoticon-Cendol (S).

Spoiler for Proses Carbon Cleaning:


Amankah?emoticon-Takut (S)
Umumnya orang yang awam khawatir cairan ini akan tercampur dengan oli, atau cairan ini dapat menyebabkan korosi pada logam. Kalau fisik mesin kendaraan tidak rusak (korosi, bocor, dll) maka cairan yang diinjeksi ke ruang mesin juga tidak akan bercampur dengan oli karena beda ruangan dan terpisah oleh piston. Untuk kekhawatiran logam mesin yang terkorosi sebaiknya agan memilih formula Carbon Cleaner yang berbahan dasar air dan tidak mengandung asam.

Hasilnya..emoticon-army
Pada umumnya setelah proses Carbon Cleaning selesai, kendaraan agan akan kembali garang seperti baru, karena kerak karbon penghalang kerja mesin sudah disingkirkan.

Meskipun demikian perlu diingat metode pembersihan karbon ini berfungsi sebatas pada perawatan mesin saja, bukan untuk memperbaiki komponen mesin yang rusak. Kalo emang gangguan kerja mesin disebabkan komponen yang rusak maka solusinya ya harus ganti komponen mesin. Untuk mendapatkan kinerja mesin yang optimal perlu dilakukan Carbon Cleaning setidaknya sekali tiap 3-4 kali ganti oli.

Menurut beberapa mekanik dari bengkel yang pernah mencoba, Carbon Cleaning ini dapat mengangkat kerak sisa pembakaran dengan efektif dan dapat mengembalikan kemampuan mesin seperti baru, meningkatkan kinerja mesin, dan membuat mesin menjadi semakin awet. Untuk urusan emisi gas buangnya juga menjadi lebih ramah lingkungan. Dengan cara ini, sisa-sisa pembakaran yang mengendap dapat dibersihkan tanpa harus turun mesin.

Pasti Mahal nih?emoticon-Mad
Relatif juga sih.. kalo dibandingkan overhaul ya jelas lebih murah Carbon Cleaning, meskipun dilakukan beberapa kali. Dari survei beberapa produk Carbon Cleaning biasanya harga ditentukan berdasarkan jumlah silinder mesin yang dibersihkan. Kalau untuk mobil standar 3-4 silinder sekali servis hanya butuh ketebalan dompet sekitar 2 sampai 4 lembar duit seratus ribuan.. ga tebel-tebel amat kan emoticon-Peace

Kalau mau info produk-produk Carbon Cleaning lebih lengkap bisa tanya mbah Google atau dicoba main-main ke FJB gan..
carbon cleaning service

Semoga info ini bermanfaat emoticon-Big Grin

emoticon-2 Jempolemoticon-I Love Indonesiaemoticon-Shakehand2emoticon-Toast
Diubah oleh dewaswara 17-02-2014 06:08
0
2.7K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.