Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

funriseAvatar border
TS
funrise
( Proyek Balas Budi ) Ahok Isyaratkan Pembatalan Kerjasama Monorel
( Proyek Balas Budi ) Ahok Isyaratkan Pembatalan Kerjasama Monorel

Jakarta - Saat groundbreaking proyek monorel, Jokowi menjamin proyek ini akan berjalan dan menyelesaikan persoalan macet di Jakarta. Ternyata, sampai saat ini belum ada progres yang berarti. Wagub DKI, Basuki T Purnama bahkan mengisyaratkan bisa saja proyek ini dihentikan pembangunannya.

"Aku udah bilang masih ngasih kesempatan. Bu Yani (Bappeda) udah buat surat, kalau dia nggak mampu. Untuk lanjutin lagi, kita akan cabut. Bisa dibatalin," kata Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama di Bandara Han Nadin, Tanjung Pandan, Belitung, Minggu (17/2/2014) malam.

Ia mengatakan proyek monorel belakang dinilai tak bisa dibangun di Jakarta. PT Jak Monorel dinilainya tak memiliki pendanaan yang cukup untuk melanjutkan pembangunannya.

"Masalahnya nggak bisa tutup. Mereka nggak dapat pinjaman. Saya kira nggak dapat uang untuk bisa bayar Adhi Karya segala macam. Tapi kita nggak tau alasannya," ujar politisi Gerindra ini.

Menurut Ahok, pihak Jak Monorel menahan proyek tersebut sehingga tak dapat diambil alih oleh perusahaan lain. Mau tidak mau, ia dan Jokowi akhirnya menyerahkan pembangunan tersebut kembali pada mereka.

"Kita minta dia lepas, dia nggak mau kasih lepas. Dia mau gugat. Maksud saya, kalau kamu nggak bisa, nyari PT lain dong. Tapi dia nggak mau.

Hingga saat ini pihak pemprov masih menunggu keputusan dari PT Jak Monorel apakah akan melanjutkan pembangunan tersebut atau tidak.

"Kita bisnis kan gampang saja. Kalau nggak lanjutin berarti emang nggak layak. Kalau kita bilang stop dia kan juga bisa gugat kita kemarin. Tapi kalau dia nyerah sendiri, ya dicabut. Haknya dia. Jangan terus menggantungkan kita terus," pungkasnya.

Sebelumnya proyek monorel ini mangkrak selama 5 tahun . Pada tanggal, Gubernur DKI, Joko Widodo meresmikan kembali pembangunan proyek ini pada 16 Oktober 2013.

Proyek Monorel Jakarta sendiri memiliki 2 rute yakni green line (jalur hijau) dan blue line (jalur biru). Blue line membentang sepanjang 14,2 km dari Tebet-Suharjo-Menteng Dalam-Casablanca-Ambasador-Sudirman WTC-Menara Batavia-Dukuh Atas-Kebon Kacang-Tanah Abang-Cideng-Tomang-Taman Anggrek.

Sementara Green line yang membentang sepanjang 14,8 km dari Casablanca-Taman Rasuna-Kuningan Sentral-Setia Budi Utara-Karet-Pajempongan-Palmerah-Stasiun Madya-Plaza Senayan-GBK-SCBD-Komdak-Satria Mandala-Gran Melia-Casablanca.

Pada saat ground breaking di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Gubernur DKI Joko Widodo menargetkan pembangunan proyek ini akan selesai pada tahun 2017.


Sumber


Beginilah kalau proyek balas budi jadi bermasalah juga... emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh funrise 17-02-2014 03:23
0
6.6K
80
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.