bigboy_mdnAvatar border
TS
bigboy_mdn
Sharing Pengalaman Ketipu Beli Handphone Secara Online
Halo semua, apa kabar? Ane nulis trit ini sehari setelah valentine sekaligus bencana meletusnya gunung kelud tanggal 14 februari. Suasana di Surabaya juga hujan sendu-sendu. Yah, perasaan sedih, kecewa, menyesal, sekaligus bersyukur atas pengalaman hari ini jadi satu.

Langsung saja, ane mau sharing pengalaman ane ketipu pas mau beli handphone secara online hari ini (15 februari 2014).

Sebenernya runtutan kejadian (kalo bisa dibilang gitu sih) dimulai sejak januari kemarin, ketika niatan ganti handphone muncul. Handphone lama (sams*ng galaxy encus) resmi ane kasih/jual murah ke pacar ane awal februari. Sejak itu ane hanya pakai hape n*kia jadul dan ipod touch untuk berkomunikasi sehari-hari.

Ga langsung beli sih abis itu, karena ane udah nungguin kemunculan motorola moto g atau asus zenfone sejak desember tahun lalu. Nah, ini dia awal mula keapesan ane. Udah beberapa minggu ga megang smartphone android, lama-lama gatel juga ni tangan pengin ngoprek, mana moto g php mulu rilisnya (yang ikutan nongkrong di lounge moto g pasti ngerasain hal yang sama). Ane iseng-iseng lah di malam valentine yang syahdu dan berabu buka-buka toko bag*s, sapa tau nemu trit jualan yang oke. Dan langsung ketemu. Nemu trit jualan yang sangat amat menggiurkan tapi sekaligus masuk akal. Hampir ga keliatan kalo itu trit tipu-tipu. Yang ane temukan adalah trit jualan handphone LG Optim*s G Pro 2nd dengan kondisi dan kelengkapan yang mulus. Itu barang ditulis di tritnya dibeli november 2013 dan dijual dengan harga tiga juta lima ratus ribu rupiah saja (Rp.3.500.000), sementara lokasi penjual ada di kota Tuban. Tanpa banyak pikir panjang, ane sms aja tu seller, tapi belum ada balasan sampai paginya.

Keesokan hari, yaitu hari ini (15 februari 2014). Pagi buta, si seller sms, menyatakan bahwa barang dagangannya itu belum laku. Ane telpon lah doi. Dari gaya bicara sih sama sekali ga kedengeran seperti orang yang pengin nipu (udah terlatih sedemikian rupa kali ya). Singkat cerita, dia setuju bahwa harga yang tertera di trit sudah termasuk ongkos kirim packing kayu JNE YES ke Surabaya, wow. Ane ga langsung percaya sih, rada curiga, ane minta foto-foto tu hape selain yang ada di trit, dan dia setuju, dia bilang kirim lewat fesbuk aja. Ane add lah akun fesbuk dia dengan nama Pradita Widiyoko. Ane cek profil dia, mencurigakan sih, foto profil cuma 1, temen isinya cewe-cewe semua, tapi masih berusaha berpikir positif lah. Ane chatting sama tu seller, ane minta kirimin foto-foto hape yang berbeda dengan di trit, foto nota, dan capture screen 'about phone'. Yang bikin percaya ini nih, dia kasih foto yang berbeda dengan yang dipajang di trit, foto nota (kemungkinan palsu atau nyomot dari google) dengan tulisan pembeli: Bp. Pradita, tapi yang ga dia kasih adalah capture screen 'about phone'. Overall, semuanya sangat rapi dan sulit untuk tidak percaya.

Akhirnya, berbekal informasi abal-abal itu, segeralah ane ke atm terdekat. Dia udah kasih nomor rekening ATM Bank Danamon 003570418958 atas nama Pradita Widiyoko. Ane udah transfer 3,5 juta dan kasih alamat lengkap segalam macem. Beberapa saat kemudain kurang lebih jam 12 siang, dia sms menyatakan bahwa barang sudah dikirm dengan packing kayu JNE YES dengan nomor resi 4000001540677.

Ane tau sih, nomor resi ga akan muncul otomatis setelah barang dikirm, so ane tunggu jam 1 siang untuk ngecek di web JNE, hasilnya, data tidak ada. Oke lah, jam 2 ane cek lagi, tidak ada juga, jam 3 cek lagi, nihil juga. Akhirnya ane putuskan untuk search di google no resi terebut, dan hasilnya adalah muncul banyak curhatan penipuan dengan modus yang kurang lebih sama, yaitu jual barang murah dengan penjual asal Tuban memakai nomor resi yang sama.


Well, langsung lemes lah ane, karena tau akhirnya dapet kesempatan juga kena tipu. Padahal udah sangat sering ane transaksi jual beli online, dan selalu berhati-hati, tapi kali ini emang apes.

Sempat down beberapa saat, tapi kemudian ane sadar, ga boleh terpuruk terlalu lama. Mungkin ini emang cara Tuhan mengingatkan ane untuk lebih bayak beramal. Mungkin ini memang cara buat ane punya pelajaran dan pengalaman yang akhirnya dibagi, supaya orang lain belajar hal yang sama. Saat itu juga ane berdoa, bersyukur untuk pengalaman berharga ini, juga berdoa buat si penipu supaya segera berubah, jangan lagi menipu. Mungkin uang 3,5 juta itu akan lebih berguna buat si penipu itu ngasih makan anak istrinya, walopun ga halal. Buat ane, pengalaman dan pelajaran berharga ini jauh lebih penting, karena uang bisa dicari.


Akhirnya, dengan pengalaman ini, ane berharap kaskuser semua bisa menarik pelajaran, supaya tidak terkena jebakan yang sama, amin.


Berikut ane rangkum modus dan hal-hal yang perlu diperhatikan dari penipuan yang ane alami:
  • Seller pasang trit jualan menggiurkan di situs toko bag*s, yaitu handphone LG Optimus G Pro 2nd, fullset ori bergaransi (garansi toko dan garansi personal). Nama yang digunakan di trit adalah Nugraha Syarif berlokasi di Tuban, Jawa Timur.
  • Ketika ditelpon, cara berbicara sangat meyakinkan, seperti tidak ada indikasi orang ingin menipu.
  • Seller bersedia berteman di facebook dan diajak chatting. Nama di facebook adalah Pradita Widiyoko.
  • Seller mengirimkan foto-foto meyakinkan berupa, foto hape berikut kelengkapannya, foto IMEI di kotak, dan foto nota (kemungkinan palsu atau nyomot dari google).
  • Setelah deal, seller memberikan informasi nomor rekening Bank Danamon 003570418958 atas nama Pradita Widiyoko.
  • Setelah uang ditransfer, seller memberikan informasi nomor resi 4000001530677. Nomor resi tersebut tidak valid, dan ketika dicari di google, ternyata banyak yang kena tipu dengan nomor resi yang sama.
  • Ketika akan dihubungi lagi, nomor hape seller sudah tidak aktif dan akun facebook juga sudah de-activated. Untuk nomor hape sudah ane hapus, dan ane ga apal,


Terima kasih buat yang berkunjung di trit ini, semoga agan semua jangan sampai kena tipu ya. Kita doain juga buat si penipu segera berubah ke arah lebih baik jalan hidupnya, amin... emoticon-Kiss
0
16.5K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.