ajgmj.asliAvatar border
TS
ajgmj.asli
Hot News : " Gunung Kelud MELETUS !!! "
Gunung Kelud Meletus, Semburan Asap Setinggi 3000 Meter


 Setelah status ditetapkan menjadi Awas, Gunung Kelud di Jawa Timur akhirnya meletus. Semburan asap dan material vulkanik mencapai ketinggian 3000 meter.

"Jam 22.50 Wib, meletus. Asap tebal setinggi 3000 meter. Tidak ada suara," jelas Kabid Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api PVMBG Bandung, Gede Swastika, yang berada di lokasi kepada detikcom, Kamis (13/02/2014).

Gunung Kelud yang berada di perbatasan Kediri, Blitar dan Kabupaten Malang ini statusnya ditetapkan menjadi Awas atau level IV pada Pukul 22.15 Wib.

Tingginya aktivitas kegempaan, membuat status Gunung Kelud di Jawa Timur, ditingkatkan dari Siaga (level III) menjadi Awas atau Level IV.

http://m.detik.com/news/read/2014/02...ggi-3000-meter


Gunung Kelud Berstatus Awas, 200 Ribu Jiwa Dievakuasi
Ada 36 desa pada radius 10 km dari kawah gunung. Harus dikosongkan.

Anggi Kusumadewi, R. Jihad Akbar | Kamis, 13 Februari 2014, 23:07 WIB
VIVAnews – Gunung Kelud di Jawa Timur naik ke level tertinggi, awas, Kamis malam 13 Februari 2014. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan pengosongan wilayah dengan radius 10 kilometer dari kawah Kelud.

Saat ini tim gabungan yang terdiri dari petugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, PVMBG, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan Pemerintah Kabupaten Blitar, Kediri, serta Malang sedang melakukan proses evakuasi terhadap warga.

Ada 36 desa yang berada pada jarak 10 kilometer dari kawah gunung, dengan penduduk berjumlah 200 ribu jiwa. “Saya sedang di lokasi untuk proses evakuasi,” kata Kepala PVMBG Hendrasto ketika dihubungi VIVAnews.

Hendrasto mengatakan, saat ini intensitas gempa tremor di Kelud terus meningkat sehingga perlu tindakan cepat untuk menjamin keselamatan masyarakat setempat. “Kami terus memantau. Setiap perkembangan akan dikoordinasikan dengan instansi terkait,” kata dia.

Gunung Kelud memiliki siklus letusan 12-15 tahun sekali. Arsip menyebutkan, Kelud mulai meletus pada tahun 1901, 1919, 1951, 1966, 1990. Terakhir, erupsi Gunung Kelud terjadi pada 16 Oktober 2007.sumur



Kilatan Cahaya di Atas Gunung Kelud Terlihat Jelas dari Radius 20 Km


Kediri - Letusan Gunung Kelud membuat warga di Kediri dan sekitarnya panik. Dari radius 20 Kilometer, terlihat jelas kilatan cahaya dan semacam kembang api di atas Kelud.

Selain itu, bau menyengat seperti belerang juga tercium hingga lokasi pengungsian yang berjarak 20 Kilometer dari kawah itu.sumur


Suara Gemuruh Terdengar Cukup Jauh, Hujan Abu dan Listrik Padam

Kediri - Sejumlah daerah terdampak menyusul meletusnya Gunung Kelud di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar. Suara gemuruh pun terdengar hinga radius lebih 37 Kilometer dari Kelud. Hujan abu pun mengguyur.

Informasi yang diterima detikcom, hujan abu dan kerikil dirasakan warga di sekitar Blitar hingga Ngantang, Malang.linK



Dentuman Gunung Kelud Terdengar Hingga Jateng

Jakarta - Gunung Kelud meletus sekitar pukul 22.50 WIB. Dentuman letusan terdengar hingga ke wilayah Jawa Tengah.

Warga Solo, Agung mengatakan mendengar dentuman. "Terdengar 3 kali," kata Agung, Kamis (13/2/2014).

Dia dan warga lainnya awalnya menduga suara berasal dari petir. "Tapi langit terang tidak mendung," kata dia.

Sedangkan Didit warga Wonogiri juga mengaku mendengar dentuman erupsi Kelud. "Terdengar keras," ujarnya. link


Letusan Gunung Kelud Bikin Kaca Rumah di Pati Jateng Bergetar

Pati, - Suara letusan Gunung Kelud di Jawa Timur terdengar hingga wilayah Jawa Tengah. Bahkan kaca di pemukiman warga di Pati, Jateng bergetar saat Kelud pertama kali meletus sekitar pukul 22.50 WIB.

"Kaca bergetar," kata warga, Kamis (13/2/2014).
Dentuman berturut-turut terdengar warga. "Tapi tidak begitu keras suaranya," sebutnya.linK


Getaran Dentuman Gunung Kelud Bikin Rumah di Kediri Ambruk


Jakarta - Getaran dan semburan pasir dan kelirik Gunung Kelud dirasakan oleh ribuan warga di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Akibat getaran letusan Gunung Kelud, sebuah rumah pun ambruk di Kediri, Jatim.

Berdasarkan informasi pembaca detikcom, Jumat (14/2/2014), rumah yang ambruk itu berada di wilayah Gumul, yang berdekatan Simpang Lima.

"Ambruk akibat getaran letusan gunung Kelud," ujar Matius Suwandi.

Dalam foto itu, terlihat genteng yang terbuat dari seng sudah rata dengan tanah dan menimpa barang-barang yang berada di bawahnya. Kayu-kayu penyanggah juga terlihat miring dan jatuh.linK


Penampakan Kilatan Cahaya di Atas Gunung Kelud Saat Meletus


Kilatan cahaya terlihat jelas di atas Gunung Kelud sejak meletus pada Pukul 22.50 Wib, Kamis (13/2/2014).
Seorang warga berhasil merekam kilatan yang bisa disaksikan hingga radius 37 Kilometer itu.linK


Terdengar sampai Yogyakarta, Letusan Gunung Kelud Masuk Kategori Letusan Dalam

Jumat, 14 Februari 2014 | 01:54 WIB
"Suara yang terdengar oleh masyarakat Yogyakarta merupakan dentum letusan Gunung Kelud," terang Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta (BPPTKG) Subandriyo, Jumat (14/02/2014) dini hari. link

Kerikil Gunung Kelud di Kediri Sebesar Kelereng
link

Waspadai Malang-Kediri Lewat Ngantang, Licin dan Jarak Pandang Terbatas
link

Kota Batu Berselimut Abu Gunung Kelud
link

Hujan Pasir Kian Deras, Warga Blitar Bergerak ke Tulungagung
linK


Penduduk di 3 Desa Kaki Gunung Kelud di Malang Belum Bisa Dievakuasi

Malang - Penduduk di tiga desa di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, yang masih belum bisa dievakuasi. Hujan abu, kerikil dan jarak pandang di jalan hanya 1 meter menjadi kendala.

"Ada 3 desa yang cukup parah akibat dampak erupsi Gunung Kelud. Warganya sekitar 15 ribu jiwa ," kata Bupati Malang Rendra Kresna kepada detikcom di kantor Kecamatan Pujon, Malang, Jumat (14/2/2014).

Desa yang terdampak cukup parah akibat muntahan material Gunung Kelud itu yakni Sambirejo, Ngantru dan Desa Pagersari. Ketiga desa itu berada di zona 1 terdampak karena hanya berjarak 7 Kilometer dari Gunung Kelud.linK


Letusan Gunung Kelud Sekarang Lebih Besar daripada Letusan pada 1990
Jumat, 14 Februari 2014 | 03:09 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com — Letusan Gunung Kelud di perbatasan Kabupaten Kediri, Malang, dan Blitar, semuanya di Jawa Timur, pada Kamis (13/2/2014), dinyatakan lebih besar daripada letusan yang pernah terjadi pada 1990.

Informasi tersebut disampaikan lewat siaran pers Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Gunung Api Kementerian Energi, Sumber Daya Alam, dan Mineral, yang diterima Jumat (14/2/2014) dini hari.

"(Indikatornya) tinggi lontaran vulkanik dari letusan ini mencapai 17 kilometer," sebut siaran pers itu. Sementara pada 1990, ketinggian lontaran material vulkanik dari letusan Gunung Kelud tercatat mencapai sekitar 8 kilometer. Ketinggian lontaran material vulkanik letusan pada Kamis malam merupakan laporan dari otoritas vulkanologi di Darwin, Australia.

Selain tinggi lontaran material vulkanik, letusan pada Kamis malam lebih hebat daripada letusan pada 1990 juga diukur berdasarkan area terdampak letusan. Dalam pantuan PVMBG, abu letusan Gunung Kelud pada Kamis malam terlontar sampai ke kota-kota yang relatif jauh dari lokasi gunung.

"Abu terpantau antara lain sampai ke Ponorogo, Mojokerto, dan Surabaya," sebut siaran pers PVMBG.linK


Arah Angin ke Malang, Warga Batu Mulai Mengungsi

Umi Kalsum | Jum'at, 14 Februari 2014, 02:48 WIB
VIVAnews - Warga Malang dan Batu di Jawa Timur mulai mengungsi dari rumahnya menyusul erupsi Gunung Kelud yang terjadi sejak pukul 22.50 WIB, Kamis 13 Februari 2014. Arah angin kini menuju utara, Malang dan sekitarnya, sehingga hujan debu dan kerikil mulai mengkhawatirkan.link



trim's kontribusi agan2, take care gan ....
emoticon-Request
Quote:

Quote:

Quote:


Quote:

Quote:

Quote:


Quote:

Quote:

Quote:


Quote:

Quote:

Quote:






emoticon-Angel semoga baik2 semua di sana

Quote:
Diubah oleh gegep 13-02-2014 21:57
0
221.8K
2.3K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.