Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bagmakerAvatar border
TS
bagmaker
Jangan Bangga bayar Pajak Mobil kalo masih pake Premium
beberapa hari belakangan lagi marak thread-thread di kaskus yang ngomongin tentang mobil vs motor di Jakarta emoticon-Malu (S)

kebanyakan dari driver yang comment selalu menjelekkan para biker dan bahkan temen ane ada yang sampe ngomong yang kira2 bunyinya kayak gini, "gw bayar pajak mobil gw lebih mahal dr pajak motor jadi wajar kalo jalan itu kebanyakan mobil". emoticon-Shutup

sumpah ane gedek banget gan ngedenger orang yang ngomong kayak gitu. mau ngomong ke doi kagak enak, akhirnya ngomongnya ke kaskus aja deh emoticon-Big Grin

Karena omongan temen ane itu, ane jadi penasaran dengan pajak kendaraan bermotor roda empat. kalo ane liat pajak mobil x*enia bokap berkisar di angka 2 jutaan ya.

trus ane kepikiran kalo pajak itu kan salah satu fungsinya untuk membayar subsidi BBM yang ditanggung pemerintah ya.

mengutip dari thread agan jemmyrusdy Jero wacik mengatakan bahwa BBM Subsidi itu hanya untuk golongan yang tidak mampu, nah apakah masyarakat Indonesia yang mampu membeli mobil masih dianggap sebagai golongan yang tidak mampu tersebut? (Yang ini terserah agan semua aja nanggepinnya).

Terlepas dari berada digolongan mampu atau tidak mampu, kebanyakan pengemudi mobil masih menggunakan Premium untuk mengisi BBM Kendaraannya. karena itu, saya mau mencoba melakukan penghitungan berapa sih subsidi yang diperlukan mobil untuk satu bulannya?

Ane ke kantor naik motor jadi ga tau berapa sih bensin yang dihabisin sm driver yang tiap hari pergi ke kantor naik mobil. kalo sabtu minggu ane biasanya habis 15 liter kalo lg bawa mobil so dirata2in lah sehari bisa sampe 8 liter (ini cuman asumsi TS ya, jadi kalo ada yang beda ya harap maklum emoticon-Malu (S) )

menurut sumber harga keekonomian BBM subsidi per Juni 2013 adalah sebesar Rp. 10.000. jadi setiap satu liter yang digunakan pengendara, pemerintah mensubsidi sebesar Rp. 3.500. kalo posisi per Februari 2014 ane ga tau gan kalo ane bukan orang yang ngerti bidang gituan, so ane bikin asumsi kalo sekarang harganya turun jadi Rp. 9.500 (walaupun sekarang pertamax uda di kisaran Rp. 11.000). dengan harga segitu, berarti pemerintah kasih subsidi sebesar Rp. 3.000 perliternya

dengan asumsi penggunaan 8 liter per hari dengan subsidi sebesar 3rb maka total setiap bulannya dapat subsidi sebesar:


8 x 3000 x 30 = Rp. 720.000

setahun menjadi:

Rp. 720.000 x 12 = Rp. 8.640.000

kalo kita liat penghitungan ini, maka pajak kendaraan roda empat yang berada di angka 2 jutaan tentu tidak sebanding dengan subsidi untuk bensinnya emoticon-Cape d... (S)


sedangkan kalo untuk kendaraan roda dua ane bolak balik cibubur-senayan sehari cuman abis 1.5 liter (kita bulatin jd 2 liter), so subsidinya jadi:


2 liter x Rp. 3000 x 30 = Rp. 180.000

setahun jadi:

Rp. 180.000 x 12 = Rp. 2.160.000

Pajak motor ane berkisar di angka 300ribuan.

untungnya ane pake Pertamax di motor ane, so Pajak ane bukan untuk ane nikmatin sendiri (baca: subsidi) emoticon-Big Grin

karena itu ane mau ngasih pesen buat
para driver yang gayanya kayak temen ane tapi tiap hari pergi masih pake Premium, jangan belagu bilangnya pajak mobil lo mahal! Pajak lo sm subsidi lo masih gedean subsidi lo!


ane tidak ada melarang agan semua untuk mau pake premium atau pertamax yang penting mah kagak belagu aja (contoh yang belagu dipost 3)

Ane juga tidak memihak biker ato driver, tapi ane memihak orang-orang yang meyadari mereka itu berada di "golongan yang mampu" atau "golongan tidak mampu". salut untuk mereka yang sadar emoticon-I Love Indonesia (S)




Note: Sekali lagi, semua perhitungan yang saya pakai cuman pake asumsi sendiri yang berasal dari pengalaman pribadi TS. kalo ada yang salah mohon dimaafkan dan kalopun repost ato salah kamar mohon Momod bisa membetulkan. ane tulis ini karena ane cinta Indonesia dan ga mau Indonesia makin terpuruk emoticon-I Love Indonesia (S)

sorry kalo tulisannya jelek,soalnya bikinnya sambil makan siang emoticon-Peace
Diubah oleh bagmaker 13-02-2014 09:56
0
2.9K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.