Saat agan sedang bepergian menggunakan pesawat terbang, pramugari pasti akan memeragakan peralatan keselamatan penerbangan atau
safety demo.
Sebelum memulai memperagakan prosedur tersebut, para awak kabin di dalam pesawat dituntut harus mengerti dan paham masalah safety.
Sebelum pintu pesawat ditutup, mereka (awak kabin) mengkroscek jumlah penumpang gan di dalam pesawat, ada berapa bayi nya, anak-anak serta penumpang dewasa, memastikan stock catering makanan sudah masuk di dalam pesawat, baik untuk kelas economy maupun bussiness class.
Selain itu, mereka harus memastikan seluruh telepon genggam telah nonaktif setelah penumpang memasuki pesawat terbang (agan udah tau kan akibatnya kalo ga matuhin ini
), membriefing penumpang yang duduk di dekat jendela darurat agar pada saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misal pendaratan darurat di darat atau nama kerennya
terrain atau pendaratan darurat di air atau
ditching, penumpang yang duduk dekat jendela bersiap-siap.
Para awak juga memastikan kembali bahwa alat-alat keselamatan masih layak untuk dipakai atau tidak. Penumpang yang duduk di dekat jendela darurat harus mengerti dan paham bagaimana cara membuka jendela darurat di saat terjadi proses evakuasi. Setelah semua dianggap telah lengkap/boarding completed kemudian pintu ditutup dan kepala awak kabin atau biasa yang disebut purser memulai perkenalan crew yang disebut dalam dunia penerbangan
“Welcome Announcement’’.
Di sini pramugari menyebutkan siapa yang bertugas pada penerbangan ini mulai dari awak kokpit , ketinggian jelajah yang akan ditempuh serta waktu yang akan ditempuh. Di sela-sela Welcome Announcement, awak kabin lainnya dibagi tugas seperti memberikan pelampung bayi kepada penumpang yang membawa bayi, membagikan kudapan seperti permen dan memeriksa penempatan bagasi penumpang diluggace bin atau ditempat penyimpanan bagasi lainnya.
Bukan Hanya Tontonan !
Setelah Welcome Announcement selesai, sesuai dengan peraturan keselamatan penerbangan sipil
(Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan), semua awak pesawat diwajibkan untuk memperagakan bagaimana cara menggunakan peralatan-peralatan keselamatan penerbangan, seperti sabuk pengaman, baju pelampung, masker oksigen dan kartu petunjuk keselamatan serta letak pintu dan jendela darurat di dalam pesawat serta prosedur lainnya. Biasanya di dalam pesawat, satu awak kabin berbicara menjelaskan dengan suara dan dua awak kabin lainnya memperagakan prosedur penggunakan alat keselamatan. Mereka berdiri di lorong satu di kabin bagian depan dan satu di kabin bagian tengah atau pada bagian exit row.
Di sini awak kabin menjelaskan dalam dua bahasa. Setelah menjelaskan menggunakan bahasa Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan bahasa Inggris. Awak kabin harus menjelaskan dengan suara yang pas dan sudah diatur agar bisa di dengar oleh semua penumpang di dalam pesawat. Karena tidak semua penumpang paham akan bahasa-bahasa penerbangan yang sedang dijelaskan, awak kabin dituntut agar tidak buru-buru memperagakan prosedur keselamatan penerbangan. Berdasarkan komentar dari beberapa penumpang, saat ini awak kabin banyak yang menjelaskan secara cepat dan
terkesan terburu-buru , sehingga penumpang merasa kurang paham dengan penjelasan tersebut
. Di beberapa maskapai yang sudah menggunakan perangkat canggih, biasanya peragaan keselamatan penerbangan dilakukan melalui video yang bisa dilihat oleh semua penumpang di depan kursi mereka. Intinya memperhatikan peragaan keselamatan penerbangan yang sedang diperagakan oleh awak kabin itu sangat penting, mengingat semua itu diperlukan ketika sedang terjadi keadaan darurat yang datang secara tiba-tiba dan tanpa kita sadari,
always be safety ...
Apa Komentar Para Pramugari ?
Pramugari berkomentar pentingnya memperhatikan safety demo di dalam pesawat :
“Safety demonstration itu penting untuk diperhatikan, karena jika semua pax (penumpang) memperhatikan dan memahami safety demo tersebut, jika benar-benar terjadi kecelakaan itu akan sangat meminimalkan jumlah korban dan dapat mempercepat waktu evakuasi (90 detik).”
- Arnesya Yunis Karinda, pramugari maskapai swasta nasional.
“Safety demo adalah mandatory (wajib) untuk diperhatikan, sky is safe but no space for error” tetapi kemungkinan adanya suatu accident bisa terjadi di mana dan kapan pun, bahkan dengan waktu yang sangat singkat. Jika kita tidak serius memperhatikan peragaan keselamatan, maka kita tidak akan tahu apa yang harus dilakukan jika terjadi emergency dan evakuasi.
- Nur Luvie Gladisarie, pramugari Sky Aviation.
[CENTER]Sumber[/CENTER]Perubahan sedikit dengan bahasa ane
Video Safety Demo:
Tambahan dari agan bitchout
Safety demo nya lucu gan !! Bikin org jadi perhatiin
Gaa nyeseell wafer
[CENTER]COURTESY YOUTUBE[/CENTER]
Stewardess adalah bahasa Inggris yg artinya pramugari (pengurus wanita bagi para penumpang di pesawat terbang) sedangkan steward artinya pramugara (pengurus pria bagi para penumpang di pesawat terbang). Flight steward artinya pramugara penerbangan, sedangkan flight stewardess artinya pramugari penerbangan. Keduanya berhubungan tentang pekerjaannya sebagai pengurus/pelayan penerbangan...atau secara global/umum stewardship. Stewarship juga bisa diartikan pangkat/tugas/masa jabatan pramugara-pramugari.
Sekarang kita lihat flight attendant. flight artinya terbang/penerbangan sedangkan attendant artinya pelayan/yang hadir. Jadi flight attendant artinya pelayan penerbangan.
Nah, jika anda bertanya "siapa saja flight attendant di pesawat ini?"...maka pramugari dan pramugara akan mengangkat tangannya. Namun jika anda bertanya "siapa flight steward di pesawat ini?...anda boleh tertawa sepuasnya jika pramugari mengangkat tangannya, hehehehe.
Jadi flight attendant adalah pelayan penerbangan dimana terdapat pramugari dan pramugara didalamnya. Sedangkan stewardess adalah hanya pramugari saja.
Mengapa pramugari tidak bisa menjelaskan? anda itu bertanya dimana? jika anda bertanya ketika berada di pesawat terbang...bukan kapasitas dia (pramugari/pramugara) untuk menjelaskan secara detail dari pertanyaan anda. Mengapa?...tugas mereka melayani para penumpang yg bukan hanya anda seorang saja bukan? Jadi sebetulnya bukan mereka ga pernah bisa jawab, adalah waktu yg terbatas untuk menjelaskannya kpd anda.
Nah, lain hal jika anda bertanya dalam kondisi duduk santai sambil ngopi2...saya yakin mereka akan menjelaskannya seperti saya menjelaskan disini, bahkan mungkin lebih.
Sudah bisa difahami?
Semoga berkenan, mohon maaf jika ada kesalahan...
Sumber