Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cincaigocapAvatar border
TS
cincaigocap
Bagaimana Guru di Indonesia ?
Thread ini dibuat untuk diskusi , curhat tentang apa yang dialami , dan tanggapan menurut sesepuh yang membangun .

Bagaimana Guru di Indonesia ?

Sekilas mengenai TS emoticon-Ngakak
Jujur , saya sangat awam dalam hal sistem Pendidikan . Namun , ada beberapa hal yang menurut saya sangat jelek didalam sistem pendidikan kita , makanya saya memutuskan menuliskan ini thread ..

Saya sekarang kuliah semester 2 , barusan tamat beberapa waktu lalu dari bangku SMA .. Memori sistem ajar mengajar disekolah , masih sangat kuat ditambah lagi adek saya yang masih kelas 4 SD ..

Bagaimana sih sistem pendidikan kita ?

Setelah saya browsing-browsing + Pengalaman Pribadi, Mungkin yang paling dominan disini adalah peran Guru yang mengajar .

Bukannya saya menjelekkan profesi guru , tapi jujur saja . Guru sekarang dari segi kepintaran mungkin baik , tapi dari segi mengajar murid ?

Kalau memang guru itu adalah orang kedua murid , kenapa ada tawuran ? bahkan yang ironisnya tawuran tersebut terjadi didekat sekolah tersebut .

Dimana peran guru tersebut ?

Guru sekarang kebanyakan ngajar , dan terus pulang . Sulit rasanya menemukan guru yang benar-benar memperhatikan muridnya , memotivasi muridnya untuk maju dan menyayangi muridnya dengan sungguh-sungguh .

Ane disekolah bukan orang yang bodoh juga , ane ranking 10 besar kok . Tapi sampai kapan sistem ini berjalan ?

Sebagian guru merasa dirinya pintar mengajar , dengan sebutan " guru killer " , lantas apa yang dibanggakan dari guru tersebut ? Menakut-nakutin murid untuk belajar ? Apa itu guru yang baik ? Saya hanya dapat ketawa , jika itu dikatakan guru baik . Percaya kepada saya , bidang study apapun itu , jika sistem belajarnya seperti itu , tidak sampai 1 tahun , pelajaran tersebut sudah dilupakan .

Bagaimana Guru di Indonesia ?

Setelah saya lulus , Ilmu dari SMA hanya 30% yang dapat saya aplikasikan dalam hidup saya . Sisanya terbuang percuma . Menghadapi Arogan guru , kesombongan guru , bahkan kebencian guru terhadap diri kami .

Kapan guru-guru kita bisa mengajar selayak apa yang diharapkan oleh kalimat " guru tanpa tanda jasa" ?

Apakah guru sekarang tergantung bayaran ? semakin mahal bayaran , semakin tinggi service diberikan.

Itulah dasarnya mungkin , kenapa penerus bangsa kurang baik .
Guru tidak memperhatikan murid , setelah ngajar pulang . Murid ketahuan merokok , cuma dihukum lari lapangan , terus panggil orang tua , sisanya orang tua urus .

Dan jika boleh saya kritik , " Kami menyesal karena tidak dapat tenaga pendidik yang benar . "

Ironis bukan ?

Saya teringat oleh satu sosok dan kutipan pembicaraannya :

Bagaimana Guru di Indonesia ?

Prof Yohanes Surya
"Apa rahasianya menjadi guru yang baik? Guru yang baik adalah guru yang bisa menginspirasi para muridnya, guru yang baik adalah guru yang bisa mengajarkan muridnya dengan mudah, ceria dan senang. Metode yang diyakininya ini ternyata telah berhasil dengan luar biasa. Selain menjadi Juara Dunia di bidang Fisika dan Matematika, sudah banyak anak didiknya menjadi ilmuwan dan PhD terkemuka didunia. Satu lagi kita sudah menjadi lawan yang tangguh di bidang matematika dan fisika. Seumpama ini adalah pertandingan bola, maka kita adalah Brazil atau Jerman. Lawan yang sudah ditakuti lawan sedunia."

Thread ini saya tujukan pada guru tercinta .
Saya juga buat ini dari pengalaman saya , dan saya tidak lari jika ada guru saya yang membaca . Ini semua untuk kemajuan negara kita , untuk kemajuan pendidikan kita dan untuk kita semua emoticon-Big Grin


sumber : Asli dari apa yang dirasakan TS

Ane ga minta cendol , ane cuma minta komentar yang mencerdaskan . Apalagi kalau ada kaskuser yang berprofesi guru , sehingga bisa diskusi disini
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
2.1K
21
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.